Advertisement

Tips Hindari Modus Penipuan Soceng

Rika Anggraeni
Sabtu, 02 Maret 2024 - 15:57 WIB
Sunartono
Tips Hindari Modus Penipuan Soceng Ilustrasi Hacker - Sputniknews

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Modus penipuan social engineering (soceng) marak terjadi akhir-akhir ini. Masyarakat perlu memahami cara menghindari modus penipuan jenis ini.

EVP Contact Center & Digital Services BCA Wani Sabu mengatakan ketika terkena modus soceng masyarakat harus tetap tenang. Karena kepanikan menjadi salah satu celah bagi oknum untuk memanfaatkan situasi dan kondisi korban.

Advertisement

“Soceng itu memanfaatkan kepanikan nasabah, kalau sudah terkena langsung hubungi Halo BCA atau telepon 1500888 dan sarana lainnya, bisa juga datang ke cabang,” kata Wani dalam Mini Studio Halo BCA di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD), Sabtu (2/3/2024).

BACA JUGA : Jogja Disebut Jadi Pusat Hacker, Masyarakat Diminta Waspada

Ia mengimbau agar nasabah tidak sembarang mengklik tautan yang tidak diketahui sumbernya. “Jangan klik link yang nggak kita tau. Kalau sudah klik link, jangan dilanjutkan lagi. Jangan panik dan segera hubungi Halo BCA,” ungkapnya.

Halo BCA kini hadir bebas pulsa untuk memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan nasabah. Dia menjelaskan bahwa nasabah yang menggunakan superapps Halo BCA sudah mencapai lebih dari 50%. “Ini masih soft launching tapi sudah lebih 50% menggunakan superapps Halo BCA,” ujarnya.

Mengutip dari Instagram resmi @ojkindonesia, Sabtu (2/3/2024), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan terdapat empat modus soceng, salah satunya info perubahan tarif transfer bank. Pada modus ini, penipu berpura-pura sebagai pegawai bank dan menyampaikan informasi perubahan tarif transfer bank kepada korban.

Adapun modus lain tawaran menjadi nasabah prioritas. OJK menjelaskan penipu menawarkan iklan upgrade menjadi nasabah prioritas melalui promosi. “Penipu akan meminta korban memebrikan data pribadi, seperti nomor kartu ATM, PIN, nomor CVV/CVC, dan password".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gerindra Jaring Calon Wali Kota Jogja Lewat Komunikasi Intensif

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement