Advertisement

Tomoru Tawarkan Pemanfaatan AI untuk Tekan Biaya Operasional Hotel

Media Digital
Kamis, 14 Maret 2024 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Tomoru Tawarkan Pemanfaatan AI untuk Tekan Biaya Operasional Hotel South East Asia Tomoru Managing Director, Eric Siddhartha dalam acara Business Talkshow di Kimaya Sudirman Hotel Yogyakarta, Kamis (14/03/2024). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Tomoru, perusahaan internasional dari Rusia yang berpusat di Dubai menawarkan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk industri perhotelan. Salah satu tujuannya adalah untuk menekan operational cost hotel.

South East Asia Tomoru Managing Director, Eric Siddhartha mengatakan selain menekan biaya operasional, kelebihan dari AI adalah bisa standby 24 jam.

Advertisement

Saat ini, kata Eric, memang sudah eranya semua sektor bisnis memanfaatkan AI. "AI Tomoru ada di bagian communication AI jadi kami produk voice call AI dan chatbot AI. Kalau di hotel fungsinya resepsionis, nanti orang telepon hotel AI yang akan jawab," ucapnya dalam acara Business Talkshow bertajuk AI Innovations in Hospitality: Revolutionizing the Hotel Experience di Kimaya Sudirman Hotel Yogyakarta, Kamis (14/3/2024).

Dia menjelaskan saat ini di Indonesia belum ada hotel yang memanfaatkan AI, tetapi di Eropa sudah masif digunakan. Peran-peran yang sifatnya berulang bisa diambil alih oleh AI. "Di luar negeri tugas-tugas yang sifatnya repeating itu sekarang diganti AI, karena mereka harus save cost," ucap dia.

Secara spesifik, dia mengaku Tomoru saat ini akan masuk ke perhotelan. Pasalnya saat ini banyak masalah yang dihadapi hotel terkait dengan biaya operasional. “Sudah banyak hotel-hotel besar di Indonesia yang tertarik memanfaatkan AI,” kata dia.

Tomoru, kata Eric masuk ke Indonesia pada April 2023. Sejak itu sudah banyak klien cukup besar di Indonesia seperti Universitas Terbuka Indonesia, Ukrida, Transcosmos, MD Media , Quiros, Tribeindo, Dugi dan sejumlah perusahaan lainnya.

"Kami roadshow menyambut satu tahun Tomoru di Indonesia. Kami membuat talkshow sekaligus edukasi masyarakat. Kami kenalkan solusi para pebisnis caranya menekan cost. Nah ini kami disitu bisa sampai 60 persen turunnya jika manfaatkan AI," paparnya.

BACA JUGA: OPINI: Menyiasati Revolusi AI

Roadshow tersebut akan digelar di kota-kota besar di Indonesia. "Kemungkinan setelah ini Bali, kami memang mau masuk spesifik di perhotelan," lanjutnya.

Penutur Asli

Eric menjelaskan secara aktif, Tomoru mengadaptasi teknologinya dengan bahasa dan fitur lokal dengan merekam percakapan penutur asli untuk menghadirkan nuansa dan dialek dari berbagai wilayah di Asia Tenggara secara akurat.

Solusi Tomoru ini diklaim dapat membantu hampir semua lini bisnis, termasuk asuransi, keuangan, properti, pendidikan daring, dan lainnya. Solusi ini juga dapat dengan mudah digunakan untuk menjangkau tidak hanya pelanggan tetapi juga saa proses rekrutmen, yang secara signifikan akan memperluas jangkauan peluang untuk divisi SDM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harian Jogja Online, Kamis 2 Mei 2024, Persoalan Sampah di Jogja hingga Peringatan May Day 2024

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement