Advertisement

Jogja Tech Recruiter Workshop, Mempersiapkan Generasi Baru Perekrut Teknologi

Media Digital
Jum'at, 15 Maret 2024 - 15:12 WIB
Maya Herawati
Jogja Tech Recruiter Workshop, Mempersiapkan Generasi Baru Perekrut Teknologi Workshop Jogja Tech Recruiter yang pertama kali digelar pada 9/10 Maret 2023, dirancang untuk membekali para profesional muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi perekrut teknologi yang sukses.

Advertisement

JOGJA—Workshop Jogja Tech Recruiter yang pertama kali digelar pada 9-10 Maret 2023, dirancang untuk membekali para profesional muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi perekrut teknologi yang sukses.

Diselenggarakan oleh Coding Collective Indonesia dan bekerjasama dengan Jogja Coding House, acara ini menghadirkan El Syafira Saragih, Senior Tech Recruiter dari Coding Collective.

Advertisement

Dengan industri teknologi berkembang dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, permintaan akan profesional terampil terus meningkat, menciptakan kebutuhan mendesak akan praktik rekrutmen inovatif. Workshop Jogja Tech Recruiter memberikan wadah bagi para peserta untuk menjelajahi strategi canggih, berbagi wawasan, dan menjalin jaringan dengan individu-individu sejenis yang bersemangat untuk mendorong ekosistem teknologi maju.

Acara ini menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti diskusi panel interaktif, presentasi, dan workshop yang mencakup beragam topik seperti:

Tren terbaru dalam perekrutan teknologi

Dalam tren terbaru rekrutmen teknologi, terjadi peningkatan penggunaan tes psikologi dan proses wawancara yang bertujuan untuk mendalami aspek psikologis serta kecocokan kandidat dengan perusahaan.

Cara mengidentifikasi dan menarik kandidat terbaik

Mengidentifikasi dan menarik kandidat terbaik melalui penulisan job deskripsi yang disesuaikan dengan sudut pandang (POV) kandidat, sehingga menciptakan daya tarik yang lebih kuat bagi calon pelamar.

Teknik wawancara dan penilaian

Dalam hal teknik wawancara dan penilaian, penting untuk membangun hubungan yang berkelanjutan dengan kandidat, yang mana dapat membantu dalam memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai kandidat dan menciptakan pengalaman positif bagi mereka.

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem Diperkirakan Mengintai Jawa Tengah hingga 17 Maret

Membangun employer branding yang kuat

Membangun employer branding yang kuat dapat dilakukan dengan membangun profil LinkedIn seorang Tech Recruiter yang menarik, sehingga dapat menarik perhatian kandidat potensial dan memperkuat citra perusahaan sebagai tempat yang menarik untuk bekerja.

Etika dan praktik terbaik dalam perekrutan

Etika dan praktik terbaik dalam rekrutmen merupakan bagian integral dari proses perekrutan yang lengkap, yang melibatkan pemahaman mendalam tentang seluruh tahapan dalam proses rekrutmen.

Workshop Jogja Tech Recruiter mendapatkan tanggapan yang antusias dari para peserta, dengan banyak yang menyatakan apresiasi mereka atas kesempatan untuk terhubung dengan para ahli industri dan mendapatkan pengetahuan serta strategi yang dapat diimplementasikan untuk melanjutkan karier mereka di bidang rekrutmen.

“Workshop yang sangat menarik, memberikan pengetahuan mengenai opportunity baru di dunia teknologi, tidak hanya itu kita memberikan tips dan trik sebagai seorang tech recruiter dan mendapatkan praktek bagaimana menginterview kandidat. Terima kasih Coding Collective dan Jogja Coding House,” kata Anita Sari, salah satu peserta acara. “Saya berharap acara seperti ini bisa terus diadakan.”

“Kami bangga dapat menyelenggarakan acara ini, walaupun diadakan melalui Zoom Meeting namun mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari peserta,” kata Tara Belinda, salah satu panitia acara. “Kami berharap bahwa Workshop Jogja Tech Recruiter ini tidak hanya menjadi sekedar acara, tetapi juga menjadi titik awal kolaborasi yang erat antara para pemangku kepentingan ekosistem teknologi lokal.”

Saat sektor teknologi terus berkembang, acara seperti Workshop Jogja Tech Recruiter memainkan peran penting dalam membekali calon perekrut dan profesional SDM dengan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk tetap unggul di lanskap yang kompetitif.

Melalui acara seperti ini, Coding Collective Indonesia dan Jogja Coding House berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan dan pengembangan komunitas teknologi di Jogja dan sekitarnya. Dengan menyediakan wadah untuk pertukaran pengetahuan dan kolaborasi antar profesional, kami percaya bahwa kita dapat bersama-sama menciptakan ekosistem yang lebih inklusif dan inovatif bagi semua orang. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement