Advertisement

Ramadan dan Lebaran, Telkomsel Prediksikan Kenaikan Traffic 15%

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 27 Maret 2024 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Ramadan dan Lebaran, Telkomsel Prediksikan Kenaikan Traffic 15% Telkomsel mematangkan persiapan menghadapi periode Ramadan dan Idulfitri 2024. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Telkomsel mematangkan persiapan menghadapi periode Ramadan dan Idulfitri (Rafi) 2024. Dengan persiapan yang sudah dilakukan, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan traffic penggunaan jaringan sekitar 15,22% secara nasional. 

Hal tersebut disampaikan oleh Vice President Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu saat jumpa pers Telkomsel Siaga Rafi 2024 di gedung Kantor Telkomsel Branch DIY, Rabu (27/4/2024).

Advertisement

Menurutnya, pertumbuhan trafik pengguna layanan Telkomsel tersebut paling banyak didominasi oleh servis gim online. "Perkiraan trafiknya naik 15,22 persen. Pertama dari servis online gaming, kemudian dari komunikasi, video streaming, media sosial, dan e-commerce," katanya. 

Galumbang mengatakan area yang akan mengalami pertumbuhan traffic paling besar adalah area 3 yang mencakup wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Diikuti area 1 yakni Sumatra dan area 3 adalah Jabodetabek.  

Soal traffic di Jogja, dia mengatakan bahwa DIY khususnya Kota Jogja dan Sleman adalah kota yang unik. Pasalnya, saat puncak Lebaran, kedua daerah tersebut justru paling rendah pertumbuhan traffic-nya. "Bisa dibilang masyarakatnya enggak ada karena mahasiswanya pergi liburan Lebaran," katanya. 

Telkomsel, kata dia, juga telah menyiagakan lebih dari 244.000 BTS di seluruh Indonesia. Jaringan di semua jalur mudik dan tempat publik yang banyak dikunjungi seperti terminal, stasiun, dan pelabuhan, dipastikan aman. Begitu juga dengan jalan provinsi dan semua jalan tol. 

Telkomsel juga sudah mengimplementasikan jaringan 4G di PT Pelni. "Harapannya yang masih konsisten mudik pakai kapal laut, bisa mengakses Telkomsel dengan lancar," katanya.  

BACA JUGA: Telkomsel Transformasikan Operasional dan Penawaran Produk dengan Enterprise Gen AI dari Google Cloud, Ciptakan Nilai Tambah bagi Perusahaan dan Pelanggan

VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono menambahkan ada 14 kapal yang support jaringan Telkomsel. "Ada sekitar 1.100 rute," katanya.  

Dengan persiapan yang sudah dilakukan secara matang, diharapkan jaringan Telkomsel selama periode Ramadhan dan Idulfitri ini aman dan tidak mengalami delay. "Dalam merilis produk kami terbuka jika ada feedback atau masukan dari manapun termasuk media massa," imbuh SVP Consumer Business Operations Telkomsel, Gilang Prasetya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo di Mata Tetangga, Low Profile dan Aktif Jadi Pengurus RT

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement