Advertisement

Wajib Daftar di Aplikasi PINTAR, Penukaran Uang Baru untuk Lebaran Dibatasi Rp4 Juta per Orang

Feni Freycinetia Fitriani
Kamis, 28 Maret 2024 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Wajib Daftar di Aplikasi PINTAR, Penukaran Uang Baru untuk Lebaran Dibatasi Rp4 Juta per Orang Penjual jasa penukaran uang baru ketika menawarkan uang baru berbagai macam pecahan kepada para pengendara yang melintas di jalan Panembahan Senopati, Jogja. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bank Indonesia (BI) memberikan batas penukaran uang baru untuk Lebaran 2024 melalui layanan kas keliling adalah maksimal Rp4 juta per orang. 

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim mengatakan tujuan program penukaran uang baru bertajuk Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) untuk memberikan kebahagaiaan kepada masyarakat yang akan merayakan Idulfitri. 

Advertisement

Dia mengatakan masyarakat yang sudah mendaftarkan diri di aplikasi PINTAR bisa menukar uang maksimal Rp4 juta per orang dengan pecahan Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 dan Rp 100.000.

"Kenapa kami kasih paket [Rp4 juta per orang]? Jangan sampai menumpuk pada satu-dua orang, tetapi kepada sebagian besar masyarakat karena banyak sekali ingin melakukan penukaran uang jelang Lebaran," ujarnya, Kamis (28/3/2024). 

Dia mengatakan masyarakat dapat mendaftarkan diri dan mengisi identitas melalui situs PINTAR BI sebelum menukarkan uang di kas keliling. Pasalnya, petugas di lapangan akan mengecek atau melalukan verifikasi data sesuai dengan KTP yang dilampirkan di PINTAR BI. "Harus sesuai dengan KTP-nya, kalau enggak sesuai mohon maaf kami tidak layani karena ini kami menyangkut keadilan karena masih banyak masyarakat yang menginginkan uang baru," kata dia. 

Marlison mengatakan pihaknya membuka kuota 5.000 pendaftaran per melalui PINTAR BI untuk penukarang uang melalui kas keliling BI.

Meski demikian, dia mengakui bahwa kuota pendaftaran tersebut langsung ludes dalam waktu singkat.  Untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang ingin menukarkan uang baru, dia pun membuka opsi bagi warga yang tidak bisa mengisi PINTAR BI tapi ingin datang langsung ke Istora Senayan. 

"Sekiranya insyaalah masih ada stok yang tersedia tentunya masyarakat yang Go Show, akan kami upayakan dan layani, tetapi kami prioritaskan yang di Pintar BI dulu karena sudah cukup banyak," imbuhnya.

Marlison juga meminta masyarakat agar tetap tertib dan teratur selama proses penukaran uang. BI juga sudah menggandeng aparat keamanan yang akan menjaga, melihat, mengawasi, ada proses verifikasi di dua loket di Istora Senayan. BI juga menyediakan layanan paramedis dan hiburan dari pengamen ibu kota secara bergantian selama periode penukaran uang berlangsung. 

"Sekali lagi kepada masyarakat tertib, teratur, disiplin dan insyallah kami akan memberikan kenyaman kepada bapak-ibu sekalian, di bulan puasa ini enggak boleh ada yang emosi, sabar pasti dapat semua, gak boleh emosi nanti puasanya batal hanya masalah antrean menunggu saja gitu, kami akan berikan senyaman-nyamannya," ucapnya.

BACA JUGA: Lokasi dan Waktu Penukaran Uang Baru di Jogja dan Sekitarnya, Berikut Caranya

Sebagai informasi, layanan penukaran uang baru lewat kas keliling BI tersebut digelar selama empat hari ke depan, dimulai dari 28-31 Maret 2024.

Masyarakat diharapkan datang sejak pagi hari untuk mengambil nomor antrean dan mengikuti proses verifikasi data sebelum akhirnya menukarkan uang baru di loket perbankan dan mobil kas keliling. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement