Advertisement

Masih Ada UKM di DIY yang Belum Bangkit Setelah Pandemi Usai

Anisatul Umah
Kamis, 18 April 2024 - 14:37 WIB
Maya Herawati
Masih Ada UKM di DIY yang Belum Bangkit Setelah Pandemi Usai UMKM - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY menyebut masih ada sebagian kecil UKM yang belum bangkit pasca pandemi Covid-19. Wakil Ketua Bidang Keuangan, Perbankan, Keuangan Syariah, dan Pasar Modal Kadin DIY, Wawan Hermawan mengatakan usahanya yang belum bangkit sepenuhnya menyebabkan masih ada kendala dengan perbankan.

Ia berharap kebijakan penghentian restrukturisasi kredit Covid-19 bisa lebih di detailkan lagi. Tidak pukul rata ke semua UKM, karena masih ada yang keberatan.

Advertisement

"UKM di Jogja sebagian besar sudah kembali normal, tapi memang sebagian kecil belum tuntas," ucapnya beberapa hari lalu.

Menurutnya perlu ada kebijakan khusus untuk bidang tertentu, seperti bagi eksportir. Jangka waktu pembayaran dari pembeli yang bisa sampai dua bulan setelah pengiriman menyebabkan UKM butuh dana talangan untuk modal kerja.

BACA JUGA: KPK Menetapkan Mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta Jadi Tersangka Pencucian Uang

Saat ini, kata Wawan, hanya sisa sekitar 10 persen dari pengusaha yang belum bangkit sepenuhnya. "Kebutuhan kemudahan modal kerja masih sangat dibutuhkan," katanya.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi menghentikan program restrukturisasi kredit Covid per 31 Maret 2024. Debitur pun mulai mengajukan restrukturisasi ulang pasca program ini dihentikan.

Kepala OJK Perwakilan DIY, Parjiman mengatakan OJK DIY terus melakukan pengawasan terhadap debitur yang direstrukturisasi akibat Covid. Bahkan jauh hari sebelum penghentian kebijakan restrukturisasi Covid.

Menurutnya OJK DIY telah meminta kepada Lembaga Jasa Keuangan (LJK) untuk melakukan stress test saat kebijakan ini dihentikan. Serta memetakan debitur yang bisa bertahan atau tidak. "Kami secara intens terus melakukan pengawasan terhadap debitur-debitur," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute Bus Trans Jogja ke Sejumlah Kampus dan Lokasi Wisata, Jangan Salah Pilih

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement