HomeEkbis

Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik

Oleh:
12 Juni 2013 - 11:02 WIB

Ilustrasi PLN (JIBI/Solopos - Antara)

[caption id="attachment_414995" align="alignleft" width="314"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/12/indonesia-malaysia-segera-perdagangkan-energi-listrik-414994/pln-ilustrasi-antara-4" rel="attachment wp-att-414995">http://images.harianjogja.com/2013/06/PLN-Ilustrasi-ANTARA1.jpg" alt="" width="314" height="185" /> Foto Ilustrasi
JIBI/Harian Jogja/Antara[/caption]

JAKARTA—Indonesia dan Malaysia segera merealisasikan rencana ekspor-impor tenaga listrik sebesar 1.000 MW.

Proyek transmisi kelistrikan dalam koridor Asean Power Grid dari Kalimantan Barat ke Sarawak, Malaysia ditargetkan beroperasi mulai 2015.

Direktur Perencanaan dan Pembinaan Afiliasi PLN, PT PLN Murtaqi Syamsuddin mengatakan proyekinterkoneksi yang merupakan kerja sama antara PT PLN dengan Sarawak Electricity Supply Corporation (Sesco) terbagi dalam empat paket pengerjaan yang ditenderkan.

“Proyek jaringan transmisi ini terdiri dari empat paket dan sudah mulai direalisasikan,” jelasnya seperti dilaporkan harian Bisnis Indonesia, Rabu (12/6/2013).

Murtaqi menjelaskan paket pertama merupakan jaringan transmisi 275 kV ruas Bengkayang-Jagoi babang. Paket kedua Gardu Induk (GI) Bengkayang dengan tegangan dari 275kV/150kV.

Adapun paket ketiga adalah jaringan transmisi 150 kV dari Bengka yang ke Ngabang dan ke Tayang dan keempat adalah GI Ngabang dengan tegangan 150 kV/20kV dan GI Tayan 150kV/20kV.

Dari empat paket tersebut, lanjutnya, tiga paket sudah dikontrakkan kepada tiga investor pada April 2013. Untuk paket pertama dikerjakan oleh PT Bukaka Teknik Utama, paket kedua oleh CG Consortium dan paket ketiga oleh konsorsium KEC dan Mitsubishi Corporation. Sementara itu, paket keempat masih dalam tahap negoisasi kontrak.

 

Tag: Editor: Maya Herawati

Artikel Terkait

Berita Pilihan

PLN Tingkatkan Layanan Untuk Perbaiki Ekonomi di Tengah Pandemi Penarikan Undian Tingkatkan Minat Nasabah Menabung ke Bank PLN Berikan Keringanan Pembayaran Rekening Listrik melalui Program Stimulus Ini Alasan Kemenkeu Perpanjang PPnBM DTP Kendaraan Bermotor 14 Tahun Nanamia Pizzeria Sajikan Kuliner Otentik Italia di Jogja
Berita Terbaru
PLN Tingkatkan Layanan Untuk Perbaiki Ekonomi di Tengah Pandemi 7 hours ago
Ekonom Nilai Hukuman Pidana Perpajakan Harus Sentuh Dalang dan Korporasi 12 hours ago
Di Qhomemart Ada Promo Belanja Hemat Hanya 6 Hari 16 hours ago
Lewat Aplikasi, Bizhare Perkokoh Layanan Bisnis Berskema Urun Dana 1 day ago
Tingkatkan Akses Pendidikan di Wilayah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar 1 day ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
OJK Umumkan 107 Pinjaman Online Legal Terdaftar & Berizin, Ini Daftarnya... 1 day ago
OJK Ungkap Daerah yang Belum Ada Pengaduan Korban Pinjol Ilegal 1 day ago
Pemerintah Sorot Pelanggaran Kekayaan Intelektual di Platform Digital 1 day ago
Mahfud MD Beberkan Alasan Terus Kejar Debitur BLBI 1 day ago
Smartfren Hadirkan Lagi Rejeki WOW Treasure Hunt, Ini Dia Hadiahnya 1 day ago