HomeEkbis

OJK Fasilitasi Sumber Pembiayaan Alternatif dengan 14 Upaya Ini

Oleh:Kusnul Isti Qomah
23 November 2019 - 08:07 WIB

Karyawan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beraktivitas di ruang layanan Konsumen, Kantor OJK, Jakarta, Senin (23/10). - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Harianjogja.com, JOGJA—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen meningkatkan kontribusinya bagi perekonomian nasional dan peran inklusi bagi kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan memfasilitasi penyediaan alternatif sumber pembiayaan yang dibutuhkan untuk proyek infrastruktur dan sektor piroritas Pemerintah.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan OJK harus dapat berkontribusi lebih untuk merespons cita-cita dan upaya besar pemerintah untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. "Dengan komitmen itu OJK harus mampu memfasilitasi penyediaan alternatif sumber pembiayaan yang dibutuhkan untuk proyek-proyek infrastruktur dan sektor-sektor prioritas pemerintah serta membuka akses keuangan bagi pemberdayaan UMKM," kata dia dalam rilisnya, Jumat (22/11).

Ia menjelaskan OJK juga harus terlibat aktif membantu pemerintah dalam menyikapi dampak negatif pelemahan ekonomi global. Upaya yang dilakukan misalnya dengan mendorong pengembangan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru, menggerakkan industri berorientasi ekspor dan substitusi impor, mengembangkan pariwisata hingga mendorong berkembangnya industri kreatif dan industri di bidang teknologi.  “Pemerintah telah mencanangkan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju pada 2045. OJK harus mengambil peranan dan menjadi solusi dalam upaya besar negeri ini,” katanya.

Salah satu langkah yang harus dilakukan OJK adalah menciptakan industri keuangan yang berdaya saing dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mengadopsi teknologi yang tepat guna, sehingga bisa mendorong transformasi inovasi keuangan digital di sektor keuangan, termasuk mendorong berkembangnya startup teknologi finansial. Selain itu, OJK harus berperan lebih aktif dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta memastikan terjaganya perlindungan konsumen dan masyarakat yang akan membuka lebar kesempatan masyarakat meningkatkan kesejahteraannya.

Guna mencapai hal itu, OJK menjadikan pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) OJK sebagai prioritas utama melalaui kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk otoritas pengawas keuangan atau bank sentral di negara lain serta lembaga internasional. Peningkatan kapasitas SDM OJK ini juga didukung dengan transformasi proses bisnis internal OJK berbasis teknologi, sehingga dapat menghasilkan hasil kerja yang lebih berkualitas, cepat, tepat, dan efisien. 

Upaya OJK

  1. Memfasilitasi pembiayaan alternatif proyek infrastruktur.
  2. Memfasilitasi pembiayaan alternatif sektor prioritas pemerintah.
  3. Membuka akses keuangan bagi pemberdayaan UMKM.
  4. Mendorong pengembangan sumber pertumbuhan ekonomi baru.
  5. Menggerakkan industri berorientasi ekspor dan substitusi impor.
  6. Mengembangkan pariwisata.
  7. Mendorong berkembangnya industri kreatif
  8. Mendorong industri di bidang teknologi.
  9. Menciptakan industri keuangan yang berdaya saing.
  10. Mendorong transformasi inovasi keuangan digital di sektor keuangan
  11. Mendorong berkembangnya startup teknologi finansial.
  12. Berperan lebih aktif dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.
  13. Memastikan terjaganya perlindungan konsumen dan masyarakat.
  14. Mengembangkan kapasitas sumber daya manusia OJK.

Sumber: OJK

Tag: otoritas jasa keuangan (OJK) Editor: Mediani Dyah Natalia

Artikel Terkait
Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: Pekerjaan Humas Sangat Menyenangkan 1 month ago
TPAKD Berperan Optimalkan Program untuk UMKM 1 month ago

Berita Pilihan

Ini Cara Menjaga Kesehatan Finansial di 2022 Hujan Emas Roti Ropi Selamat Tinggal, Ini Deretan Ritel Modern yang Tutup pada 2021 Dukung Energi Terbarukan, 2 Perusahaan Besar DIY Teken Kontrak Pembelian REC PLN Pusmanpro Tuntas Supervisi 79 Proyek PLN, Sistem Kelistrikan RI Kian Kuat
Berita Terbaru
Bank BPD DIY Apresiasi kepada Kawasan Wisata Breksi 14 hours ago
Gelegar Cuan PLN Mobile: Nikmati Manfaatnya, Dapatkan Hadiahnya 15 hours ago
1.400 Karyawan Bank Bukopin Mengundurkan Diri, Ini Alasannya 1 day ago
Transaksi Digital Banking Nyaris Tembus Rp50 Kuadriliun Tahun Ini 1 day ago
Kembangkan Potensi Esports, Smartfren Jadi Sponsor Utama Tim Genesis Dogma 2 days ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Satu Lagi Pelanggan PLN UP3 Semarang Gunakan 100% EBT 2 days ago
Sinergi Atasi Tantangan Pembiayaan Ultra Mikro 3 days ago
Chinese Buffet Dinner: Journey of Flavor, Cita Rasa Kuliner Terbaik di Yogyakarta Kitchen 4 days ago
Begini Perhitungan Pajak UMKM Sesuai Aturan Terbaru 4 days ago
Ini Dia Kunci agar UMKM Bertahan saat Pandemi 4 days ago