HomeEkbis

Bagaimana Prospek Bisnis Kelolaan Nasabah Kaya aka Wealth Management?

Oleh:Maria Elena
03 Desember 2019 - 02:27 WIB

Ilustrasi emas dan dolar. - JIBI

Harianjogja.com, JAKARTA—Ragam jasa di era digital kian beragam. Bisnis kelolaan nasabah kaya atau wealth management dinilai sebagai bisnis yang mulai menjanjikan yang akan mendorong pendapatan berbasis komisi (fee based income/FBI) bank.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan semakin besar tantangan ekonomi, maka akan semakin banyak orang kaya yang membutuhkan bank sebagai manager atas aset-asetnya. "Jadi orang kaya di Jabodetabek maupun daerah lain akan butuh advisory untuk memitigasi risiko terkait dengan ketidakpastian ekonomi. Selain itu wealth management juga dijadikan sebagai fasilitas tempat meeting bagi nasabah elit bank, misalnya kantor cabang bank. Jadi, bisnis wealth management juga bisa jadi driver fee buat bank," katanya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Senin (2/12).

Bhima menilai peran wealth management juga akan semakin kompleks ke depan, sehingga layanan yang diberikan kepada nasabah kaya juga akan semakin beragam. Potensi bisnis wealth management saat ini banyak dilirik oleh perbankan, khususnya bank dengan kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) III dan IV. Bahkan menurut Bhima, ceruk pasar untuk bisnis tersebut pun masih terbuka lebar.

Bhima menyampaikan seiring dengan outlook perlambatan kredit, ke depan bank akan semakin mengandalkan pendapatan berbasis komisi. Pasalnya FBI memang terus diharapkan menjadi subtitusi dari pendapatan bunga.

Penerapan digitalisasi di industri perbankan pun menurut Bhima memegang peranan penting. Dia menjelaskan tantangan bank akan berkutat pada kreativitas dan inovasi produk serta layanan.

"Semakin bank cepat adaptasi ke digital, banyak nasabah baru yg bisa dijadikan target pasar. Jadi investasi di bidang ekosistem digital bank jadi syarat mutlak bersaing di FBI," tutur Bhima.

Sumber: Bisnis Indonesia Tag: Pengelolaan keuangan Editor: Mediani Dyah Natalia

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Ini Cara Menjaga Kesehatan Finansial di 2022 Hujan Emas Roti Ropi Selamat Tinggal, Ini Deretan Ritel Modern yang Tutup pada 2021 Dukung Energi Terbarukan, 2 Perusahaan Besar DIY Teken Kontrak Pembelian REC PLN Pusmanpro Tuntas Supervisi 79 Proyek PLN, Sistem Kelistrikan RI Kian Kuat
Berita Terbaru
Astra Motor Yogyakarta Tingkatkan Layanan untuk Perusahaan 2 hours ago
BAZNAS Award 2022, Airlangga Tokoh Zakat Nasional yang Konsisten Lanjutkan Keuangan Inklusif  3 hours ago
Prioritaskan Kepuasan Pelanggan, MODENA Customer Care Siap Sedia 365 Hari 10 hours ago
Gong Xi Fa Cai! Rayakan kemeriahan Tahun Baru Imlek di Alila Solo 11 hours ago
KAI Commuter & Kementerian Perhubungan Terus Upayakan Peningkatan Layanan 1 day ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Beri Penghargaan KUR, Airlangga Sampaikan Arah Pengembangan UMKM 1 day ago
Pemerintah Pertimbangkan Kenaikan Tarif Listrik 1 day ago
Lewat Macrame, Perempuan asal Pundong Ini Sukses Mendulang Untung 1 day ago
Mobilitas Bangkit dari Pandemi, Gojek Siap Jawab Kebutuhan Transportasi Masa Depan di 2022 1 day ago
Ulang Tahun ke 6 Favehotel Malioboro Usung Tema Kembali ke 80-an 1 day ago