HomeEkbis

Link Aja Bersinergi Pemda DIY Berdayakan UMKM, Berikut Agendanya

Oleh:Kusnul Isti Qomah
17 Desember 2019 - 09:22 WIB

Komisaris Independen Link Aja Arief Budi Santoso (tengah); Komisaris Link Aja Sri Indira (kiri) dan Chief Operating Officer LinkAja Haryati Lawidjaja (kanan) seusai bertemu Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Gedhong Wilis, kompleks Kepatihan, Jogja, Senin (16/12)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY akan menjalin sinergi dan kerja sama dengan Link Aja untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di DIY. UMKM merupakan penggerak perekonomian di DIY sehingga keberadannya perlu terus didukung dan ditingkatkan kapasitasnya.

Komisaris Independen Link Aja Arief Budi Santoso mengungkapkan sinergi ini dilakukan terutama dalam meningkatkan transaksi keuangan elektronik dan memajukan UMKM di DIY. "Link Aja sesuai dengan visinya siap membantu Pemda DIY dalam meningkatkan dan mengakselerasi inklusi keuangan terutama bagi segmen UMKM dan masyarakat," kata dia kepada wartawan usai menggelar pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Gedhong Wilis, kompleks Kepatihan, Jogja, Senin (16/12).

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia (DIY) ini mengakui sistem pembayaran Link Aja akan mempermudah masyarakat untuk masuk lingkungan keuangan formal. Menurutnya, dengan transaksi yang tercatat ini maka semua data akan dapat dimanfaatkan untuk memajukan UMKM baik oleh Pemda sendiri maupun perbankan ataupun pihak-pihak yang berkepentingan. "Salah satu yang ingin kami coba supaya Link Aja disambungkan dengan aplikasi Jogja Istimewa sehingga bisa menjadi sarana marketing alias promosi bagi UMKM. Kami mencoba untuk membangun, menumbuhkan, dan menaikkelaskan UMKM melalui aplikasi ini dan lebih memberikan manfaat," kata Arief.

 

Inklusi Keuangan

Chief Operating Officer Link Aja Haryati Lawidjaja mengatakan bentuk kerja sama antara Link Aja dan Pemda DIY akan dirumuskan. Namun, kerja sama ini dimulai untuk membantu ekonomi mikro di Jogja seperti di Pasar Beringharjo. "Di samping itu, Link Aja juga sudah bergerak dalam sektor edukasi bersama UGM bersama dengan BNI serta penyaluran bantuan sosial Pemerintah mengunakan geometric face di Sleman beberapa waktu lalu," jelas dia.

Ia mengungkapkan Link Aja ingin meningkatkan kerja sama lebih erat lagi dengan Pemda DIY. Kerja sama ini bertujuan untuk bersama-sama meningkatkan inklusi keuangan dan ekonomi melalui pemberdayaan segmen usaha mikro maupun pemberdayaan masyarakat setempat.

Haryati mengaku penetrasi di DIY sudah dilakukan di beberapa pasar di Jogja. Selain untuk beberapa pasar, Link Aja juga dimanfaatkan untuk pembayaran tiket masuk tempat wisata di Candi Prambanan termasuk UMKM di sekitarnya, pembayaran transportasi serta kuliner. Link Aja di DIY sudah mempunyai lebih dari 5.000 titik untuk bertransaksi termasuk di modern retail serta pusat perbelanjaan lokal.

Komisaris LinkAja yang juga merupakan General Manager Divisi E-Banking BNI Sri Indira menjelaskan bentuk kerja sama yang akan dijalin dengan Pemda DIY akan sangat luas. Bentuk kerja sama itu seperti alat pembayaran, pengelolaan uang, dan pemberdayaan UMKM. "Selain itu, kerja sama juga bisa dilakukan di sektor edukasi, di mana Gubernur DIY sangat mendukung program Link Aja sebagai salah satu alat pembayaran milik negara. Kami akan bertukar data yang bisa untuk mengembangkan DIY ke depannya," tutur dia.

Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana menuturkan LinkAja ini merupakan upaya sinergi antara BUMN agar transaksi keuangan elektronik (cashless) di masyarakat semakin meningkat. Sinergi tersebut diharapkan bisa membantu utamanya menumbuhkan UMKM ikut bertransaksi di dalamnya. "Pemda DIY akan melakukan kerja sama lebih rinci dengan Link Aja dalam waktu dekat ini seperti transaksi UMKM, pembayaran listrik, pembayaran pajak, dan sebagainya," kata dia.

Tag: literasi keuangan Editor: Mediani Dyah Natalia

Artikel Terkait
Lunasi Utang! Salah Satu Tips Menuju Keuangan Sehat 2022 3 weeks ago
Pos Keuangan Rumah Tangga yang Harus Diutamakan 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Cara Menjaga Kesehatan Finansial di 2022 Hujan Emas Roti Ropi Selamat Tinggal, Ini Deretan Ritel Modern yang Tutup pada 2021 Dukung Energi Terbarukan, 2 Perusahaan Besar DIY Teken Kontrak Pembelian REC PLN Pusmanpro Tuntas Supervisi 79 Proyek PLN, Sistem Kelistrikan RI Kian Kuat
Berita Terbaru
Bank BPD DIY Apresiasi kepada Kawasan Wisata Breksi 14 hours ago
Gelegar Cuan PLN Mobile: Nikmati Manfaatnya, Dapatkan Hadiahnya 15 hours ago
1.400 Karyawan Bank Bukopin Mengundurkan Diri, Ini Alasannya 1 day ago
Transaksi Digital Banking Nyaris Tembus Rp50 Kuadriliun Tahun Ini 1 day ago
Kembangkan Potensi Esports, Smartfren Jadi Sponsor Utama Tim Genesis Dogma 2 days ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Satu Lagi Pelanggan PLN UP3 Semarang Gunakan 100% EBT 2 days ago
Sinergi Atasi Tantangan Pembiayaan Ultra Mikro 3 days ago
Chinese Buffet Dinner: Journey of Flavor, Cita Rasa Kuliner Terbaik di Yogyakarta Kitchen 4 days ago
Begini Perhitungan Pajak UMKM Sesuai Aturan Terbaru 4 days ago
Ini Dia Kunci agar UMKM Bertahan saat Pandemi 4 days ago