HomeEkbis

Kerek Perekonomian DIY, Sinergi PHRI & UMKM Ditingkatkan

Oleh:Kusnul Isti Qomah
18 Desember 2019 - 08:27 WIB

Ilustrasi UMKM - Bisnis Indonesia/Rachman

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY akan terus meningkatkan sinergi dengan usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sinergi tersebut merupakan wujud komitmen PHRI untuk ikut meningkatkan perekonomian di DIY.

Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono menyebutkan selama ini sudah ada beberapa hotel dan restoran anggota PHRI yang memakai produk UMKM. "Sinergi ini akan terus kami dorong. Kami harap semakin banyak teman-teman yang memakai produk-produk lokal DIY," kata dia, Selasa (17/12).

Ia mengungkapkan jumlah hotel dan restoran yang sudah ikut mengembangkan UMKM dan ikut serta dalam program Pemkot Jogja Gandeng Gendong sekitar 50 hotel dan restoran di Jogja. Jumlah hotel dan restoran yang menggandeng UMKM di DIY diharapkan terus bertambah.

"Hanya, kami masih berharap mutu atau kualitasnya produk UMKM itu sesuai standar. Untuk makanan diharapkan higienis. terdaftar di BBPOM, dan memenuhi standar lainnya. Untuk UMKM binaan, saat ini kita baru merintis," ungkap dia.

Ia menyebutkan beberapa hotel di DIY menyediakan konter khusus untuk UMKM di DIY. Ada yang memakai sistem bagi hasil dalam bentuk kerja samanya. "Hotel menyediakan konternya saja dan UMKM bisa memanfaatkan dengan tanpa sewa sebagai corporate social responsibility hotel. Untuk restoran, biasanya jika produk yang digunakan adalah makanan maka akan dibeli dahulu," kata dia.

Ia mengungkapkan kebersamaan dan sinergitas antarhotel, restoran dengan umkm yang saling menguntungkan menjadi tujuan utama."Ini sebagai upaya agar sama-sama bisa maju UMKM maupun hotel dan restoran karena satu sama lain enggak bisa lepas dari branding dan promosi kedua belah pihak," kata dia.

Tag: umkm Editor: Mediani Dyah Natalia

Artikel Terkait
Prospek Besar di 2020, Pasar Domestik Mebel Perlu Serius Digarap 1 year ago
OPINI: 2020, Tahun Akselerasi Bagi UMKM 1 year ago
AP I Salurkan Pinjaman Kemitraan Rp605 Juta, Bagaimana Cara Mengakses? 1 year ago
Kemajuan UMKM Butuh Peran Semua Stakeholder 1 year ago
Hipkimindo DIY Siapkan Hipkimindo Mart dan Online, Apa Manfaatnya? 1 year ago

Berita Pilihan

PLN Tingkatkan Layanan Untuk Perbaiki Ekonomi di Tengah Pandemi Penarikan Undian Tingkatkan Minat Nasabah Menabung ke Bank PLN Berikan Keringanan Pembayaran Rekening Listrik melalui Program Stimulus Ini Alasan Kemenkeu Perpanjang PPnBM DTP Kendaraan Bermotor 14 Tahun Nanamia Pizzeria Sajikan Kuliner Otentik Italia di Jogja
Berita Terbaru
PLN Tingkatkan Layanan Untuk Perbaiki Ekonomi di Tengah Pandemi 7 hours ago
Ekonom Nilai Hukuman Pidana Perpajakan Harus Sentuh Dalang dan Korporasi 12 hours ago
Di Qhomemart Ada Promo Belanja Hemat Hanya 6 Hari 16 hours ago
Lewat Aplikasi, Bizhare Perkokoh Layanan Bisnis Berskema Urun Dana 1 day ago
Tingkatkan Akses Pendidikan di Wilayah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar 1 day ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
OJK Umumkan 107 Pinjaman Online Legal Terdaftar & Berizin, Ini Daftarnya... 1 day ago
OJK Ungkap Daerah yang Belum Ada Pengaduan Korban Pinjol Ilegal 1 day ago
Pemerintah Sorot Pelanggaran Kekayaan Intelektual di Platform Digital 1 day ago
Mahfud MD Beberkan Alasan Terus Kejar Debitur BLBI 1 day ago
Smartfren Hadirkan Lagi Rejeki WOW Treasure Hunt, Ini Dia Hadiahnya 1 day ago