HomeEkbis

Hipkimindo DIY Siapkan Hipkimindo Mart dan Online, Apa Manfaatnya?

Oleh:Kusnul Isti Qomah
19 Desember 2019 - 06:27 WIB

Ketua Hipmikindo DIY BRAy Nuraida Joyokusumo (kedua kanan) bersama Presiden Direktur PT Aplikasi Karya Utama Denny Aries (ketiga kanan) seusai penandatanganan kerja sama pendirian Hipkimindo Online di De' Gadri Mansion, Kasihan, Bantul, Rabu (18/12)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Harianjogja.com, BANTUL—Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikindo) DIY menggandeng PT Aplikasi Karya Utama untuk menyediakan toko online. Kolaborasi tersebut bertujuan memperluas pemasaran produk UMKM di wilayah DIY.

Ketua DPD Hipkimindo DIY BRAy Nuraida Joyokusumo mengatakan Hipkimindo DIY melakukan terobosan baru dengan mendirikan Koperasi Pemasaran Hipkimindo Industri dan Perdagangan DIY. Seluruh anggota Hipkimindo akan menjadi anggota koperasi Hipkimindo Mart dan Hipkimindo Online. Hipkimindo Mart merupakan toko offline yang disediakan untuk mengakomodasi seluruh produk anggota Hipkimindo. Mulai produk UMKM, kuliner, pertanian, nelayan dan lainnya.

"Seluruh kabupaten dan kota akan memiliki Hipkimindo Mart secara bertahap. Ini salah satu bentuk ekspansi kami dengan bekerja sama dengan unit pengelolaan kegiatan di masing-masing kabupaten dan kota," katanya, Rabu (18/12).

Selain toko offline, Hipkimindo DIY juga menyediakan Hipkimindo Online untuk pemasaran secara online. Saat ini, pihaknya sudah menyiapkan 220 pelaku UMKM untuk mengisi online shop di Hipkimindo Online. "Kami juga menyediakan unit delivery kayak ojek online untuk mengantar barang yang dipesan," katanya.

Baik Hipkimindo Mart maupun Hipkimindo Online, katanya, akan dirilis pada Januari 2020. Dia mengatakan jika harga yang dijual di kedua toko tersebut akan bersaing dengan harga pasar. Bahkan beberapa komoditas diklaim lebih mudah dibandingkan harga pasar. "Misalnya untuk beras mentik wangi, kalau di pasaran dijual sekitar Rp14.000 per kilogram (kg), maka kami bisa jual Rp11.000 perkg. Ini karena anggota kami juga dari sektor pertanian," katanya.

Presiden Direktur PT Aplikasi Karya Utama Denny Aries mengatakan kerja sama dengan Hipkimindo DIY dilakukan terkait menyediakan marketplace secara gratis melalui aplikasi AkuMpos. "Ibarat pasar offline, saya membangunkan pasarnya, anggota Hipkimindo tinggal berjualan. Tidak perlu membayar tokonya, tidak ada bagi keuntungan," katanya.

Member dari marketplace tersebut tidak dibuka untuk umum. Pemilik toko wajib menjadi anggota Hipkimindo DIY. Artinya, pemilik toko tersebut nantinya akan diseleksi ketat. "Hipkimindo DIY merupakan pioneer terkait dengan marketplace ini. Saat ini yang terdaftar sudah 230 UMKM yang siap membuka toko. Kami masih ada waktu pada Januari untuk menambah UMKM lainnya yang bergabung," katanya.

Tag: umkm Editor: Mediani Dyah Natalia

Artikel Terkait
Prospek Besar di 2020, Pasar Domestik Mebel Perlu Serius Digarap 1 year ago
OPINI: 2020, Tahun Akselerasi Bagi UMKM 1 year ago
AP I Salurkan Pinjaman Kemitraan Rp605 Juta, Bagaimana Cara Mengakses? 1 year ago
Kemajuan UMKM Butuh Peran Semua Stakeholder 1 year ago
Kerek Perekonomian DIY, Sinergi PHRI & UMKM Ditingkatkan 1 year ago

Berita Pilihan

Yayasan AHM dan IKALUIN Salurkan Bantuan untuk Nakes Ada Pembatasan, Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi DIY 2021 di Bawah 4,9% 5 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik dan Berkualitas yang Bisa Anda Pilih! Faisal Basri Sebut Ekonomi Indonesia Masih Jauh untuk Pulih, Butuh Waktu hingga 5 Tahun Jangan Panik! Lakukan ini jika Anda Terjerat Pinjol
Berita Terbaru
Ambarrukmo Group Serahkan Paket Bantuan bagi Warga yang Isoman 5 hours ago
Yayasan AHM dan IKALUIN Salurkan Bantuan untuk Nakes 9 hours ago
Ada Pembatasan, Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi DIY 2021 di Bawah 4,9% 14 hours ago
5 Rekomendasi Sampo Bayi Terbaik dan Berkualitas yang Bisa Anda Pilih! 1 day ago
Startup Unikorn Indonesia Disebut Semakin Matang 2 days ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
PLN Siapkan Transisi Menuju Energi Bersih Demi Generasi Mendatang 2 days ago
Ingin Rayakan Iduladha di Rumah, Ini Menu Enak yang Disiapkan Artotel Yogyakarta 2 days ago
Ekspor Jamu dan Suplemen Herbal ke Nigeria Diprediksi Meroket 2 days ago
PPKM Darurat, Astra Motor Yogyakarta Sukses Jual Ratusan Motor melalui Honda Virtual Exhibition 2 days ago
Seperti Ini Hunian Ideal di Era New Normal 2 days ago