HomeEkbis

Sarihusada Raih Sertifikat Industri Hijau dari Kemenperin

Oleh:Mediani Dyah Natalia
21 Desember 2019 - 07:22 WIB

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono (kiri) menyerahkan Sertifikat Industri Hijau kepada Manufacturing Director Danone Specialized Nutrition Delta Deritawan (kanan) di Jakarta, Senin (16/12)./ Ist. - Danone/Sarihusada

Harianjogja.com, JOGJA—Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Pabrik Sarihusada yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah menerima Sertifikat Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Sertifikat tersebut diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mewakili Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto kepada Manufacturing Director Danone Specialized Nutrition Delta Deritawan pada Penganugerahan Penghargaan Industri Hijau di Jakarta, Senin (16/12). Sertifikat ini diberikan untuk industri yang secara aktif dan bijak menggunakan sumber daya dan teknologi yang ramah lingkungan dan mampu beroperasi secara efektif dan efisien.

Achmad dalam sambutannya menyampaikan saat ini industri hijau telah menjadi tuntutan pasar seiring dengan semakin tingginya kepedulian pasar terhadap kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. “Mendukung hal tersebut Kemenperin mempunyai beberapa strategi yaitu melalui kegiatan Penghargaan Industri Hijau; Sertifikasi Industri Hijau; Rintisan Teknologi Industri; Litbang Unggulan dan Sarana Penelitian Industri Terapan," kata dia seperti dikutip dalam rilis yang Harian Jogja terima pada Jumat (20/12).

Dalam apresiasi ini Sarihusada menjadi satu-satunya pabrik penghasil makanan sehat yang mendapatkan Sertifikat Industri Hijau 2019 pada 2019.  Sertifikat ini adalah apresiasi tertinggi yang diberikan oleh Kemenperin kepada industri. Pemeringkatan di bawah sertifikasi adalah dalam bentuk penghargaan yang terbagi dalam lima level pencapaian.

Kemenperin mendorong industri baik kategori skala kecil, menengah maupun besar untuk menerapkan prinsip-prinsip industri hijau dalam operasional proses produksinya. Perusahaan yang mendapatkan Sertifikat Industri Hijau 2019 ini adalah pelaku industri yang telah menerapkan basis inovasi yang tangguh dan berdaya saing tinggi serta tetap memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian lingkungan. Hal ini membuat dunia industri dalam negeri sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi nasional terus berkembang menuju kinerja yang lebih baik.

 

Operasional Berkelanjutan

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto merasa berbangga Sarihusada dapat terpilih menjadi salah satu pabrik dengan inisiatif operasional berkelanjutan terbaik dari Kemenperin. “Kategori Sertifikasi Industri Hijau adalah apresiasi tertinggi dan menjadi bukti komitmen kami yang kuat dalam mendorong sistem tata kelola yang efisien dan ramah lingkungan,” ujarnya

Sarihusada sebagai bagian dari Danone Specialized Nutrition adalah perusahaan yang menghasilkan berbagai produk nutrisi berkualitas bagi ibu dan anak di tahap awal kehidupan hingga usia sekolah. Untuk mendukung penyediaan gizi berkualitas yang didukung oleh ilmu pengetahuan. Baru-baru ini Danone membuka pusat penelitian kelas dunia di Jogja dengan nama Danone Nutricia Research – Sarihusada Research & Innovation (R&I) Center.

Danone memiliki visi One Planet One Health yang meyakini kesehatan manusia dan bumi saling terkait, baik setiap kali makan dan minum. “Kita ikut menentukan dunia yang ingin kita tinggali. Visi kami menentukan cara produk Danone diproduksi dan pendekatan kami untuk melindungi lingkungan. Sertifikasi Industri Hijau yang kami terima ini akan menjadi pelecut semangat kami sebagai pionir di industri makanan sehat selama lebih dari 60 tahun untuk terus menghasilkan produk terdepan yang sehat dan berkualitas serta mendorong berbagai inisiatif berkelanjutan,” kata dia.

Tag: bantuan sosial Editor: Mediani Dyah Natalia

Artikel Terkait
BLT UMKM 2022 untuk PKL hingga Nelayan Segera Cair, Ini Syarat Terbaru 20 hours ago
Ini Daftar 5 Bansos Pemerintah yang Akan Diberikan pada 2022 1 week ago
Puluhan Ribu Pelaku Usaha Gunungkidul Dapat Suntikan Dana 2 weeks ago
Catat! Ini Daftar Bansos yang Berlanjut Tahun Depan 2 weeks ago
YEC.CO.ID Sasar Warga Modinan dalam CSR Akhir Tahun 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Cara Menjaga Kesehatan Finansial di 2022 Hujan Emas Roti Ropi Selamat Tinggal, Ini Deretan Ritel Modern yang Tutup pada 2021 Dukung Energi Terbarukan, 2 Perusahaan Besar DIY Teken Kontrak Pembelian REC PLN Pusmanpro Tuntas Supervisi 79 Proyek PLN, Sistem Kelistrikan RI Kian Kuat
Berita Terbaru
Astra Motor Yogyakarta Tingkatkan Layanan untuk Perusahaan 1 hour ago
BAZNAS Award 2022, Airlangga Tokoh Zakat Nasional yang Konsisten Lanjutkan Keuangan Inklusif  2 hours ago
Prioritaskan Kepuasan Pelanggan, MODENA Customer Care Siap Sedia 365 Hari 9 hours ago
Gong Xi Fa Cai! Rayakan kemeriahan Tahun Baru Imlek di Alila Solo 10 hours ago
KAI Commuter & Kementerian Perhubungan Terus Upayakan Peningkatan Layanan 23 hours ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Beri Penghargaan KUR, Airlangga Sampaikan Arah Pengembangan UMKM 1 day ago
Pemerintah Pertimbangkan Kenaikan Tarif Listrik 1 day ago
Lewat Macrame, Perempuan asal Pundong Ini Sukses Mendulang Untung 1 day ago
Mobilitas Bangkit dari Pandemi, Gojek Siap Jawab Kebutuhan Transportasi Masa Depan di 2022 1 day ago
Ulang Tahun ke 6 Favehotel Malioboro Usung Tema Kembali ke 80-an 1 day ago