HomeEkbis

Sedang Kembangkan Bisnis Digital? 4 Platform Ini Bisa Membantu Anda

Oleh:Feni Freycinetia Fitriani
09 Januari 2020 - 07:57 WIB

Ecommerce - alleywatch.com

Harianjogja.com, JAKARTA — Memasuki 2020, dari  jumlah populasi penduduk Indonesia, sebanyak 60% nya merupakan pengguna internet aktif. Karenanya,  ekonomi digital Indonesia diprediksi akan tumbuh semakin pesat.

Mengacu pada data The Mobile Economic Asia Pacific 2018, penetrasi telepon pintar (smartphone) di Indonesia pada 2023 diyakini akan tumbuh hingga 61%-89%.

Kondisi ini tentunya menjadi sebuah peluang sekaligus tantangan tersendiri, khususnya bagi pelaku usaha yang masih bertumpu pada sistem kerja konvensional.

Di satu sisi, penetrasi internet dan telepon pintar yang tinggi membidani munculnya banyak inovasi digital yang mempermudah proses bisnis, seperti misalnya platform pengelolaan bisnis berbasis digital dan transaksi non-tunai.

Di sisi lain, pemilik usaha dituntut untuk mampu beradaptasi dengan pertumbuhan teknologi yang cepat apabila ingin bertahan dan mengembangkan bisnisnya.

Bagi Anda yang ingin mulai bertransformasi dan menjajal platform bisnis berbasis digital, berikut empat platform sesuai dengan kebutuhan dan bidang usaha.

1. Youtap Indonesia

Youtap Indonesia merupakan sebuah perusahaan teknologi yang memiliki pengetahuan dan pengalaman mendalam mengenai bisnis di era digital. Youtap Indonesia menyediakan solusi serba bisa untuk segala macam bisnis, baik dari korporasi besar hingga UMKM.

Platform bisnis #SerbaBisa milik Youtap ini menghadirkan kemudahan bagi pemilik usaha dalam mengelola bisnis di setiap tahapannya. Serta mendorong dan memfasilitasi pemilik usaha yang saat ini masih konvensional untuk memulai langkah digitalnya. Berbeda dengan kebanyakan startup yang ada, Youtap Indonesia fokus pada pengembangan (empowerment) merchant-merchant nya.

Lewat platform Youtap Indonesia, kegiatan bisnis sehari-hari seperti pencatatan pembukuan, reporting, insight penjualan, hingga fitur untuk menerima transaksi non-tunai dapat lebih mudah dilakukan.

Lebih dari itu, Youtap Indonesia menawarkan 3 jenis fitur layanan utama. Pertama, Youtap App menawarkan berbagai solusi digital untuk membantu bisnis usaha. Kedua, Youtap Device, sebuah device yang khusus dibuat untuk memaksimalkan Youtap App, dengan fitur tambahan untuk scan barcode dan contactless payment.

Ketiga, Youtap plus Device yaitu sebuah device yang khusus dibuat untuk memaksimalkan aplikasi Youtap, dengan fitur tambahan seperti pencatatan penjualan, stok barang, report hasil penjualan serta keuntungannya, hingga mencetak resi pembayaran untuk memudahkan pembukuan.

2. Tribelio

Tribelio merupakan All in One Community Management Platform untuk membantu orang-orang yang ingin membangun dan mengelola komunitas, dan memperoleh pendapatan dari keberadaan komunitas dalam bisnis mereka tersebut.

Seperti diketahui, para pelaku bisnis membuat grup komunitas bisnisnya di platform media sosial yang sudah ada di publik. Namun, platform-platform tersebut penggunaannya terbatas. Salah satunya ketika memasukkan konten, ataupun ketika ingin mengakses database masing-masing member komunitas sangat terbatas aksesnya.

Platform Tribelio dilihat dapat menjadi jawaban dan solusi atas kebutuhan para pebisnis dan pemilik usaha dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya melalui komunitas. Saat ini, Tribelio sudah menaungi lebih dari 20 ribu komunitas bisnis di seluruh Indonesia.

3. Bizhare

Bizhare merupakan platform equity crowdfunding (urun dana) khusus untuk usaha waralaba. Skema yang diterapkan oleh Bizhare memberikan peluang bagi peluang bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk dapat memperoleh dana dengan menjual sahamnya tanpa perlu melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebagian bisnis yang telah didanai melalui Bizhare merupakan waralaba (franchise) yang bergerak di bidang jasa dan retail seperti kuliner, barbershop, minimarket, dan sebagainya.

4. Santara

Santara merupakan sebuah platform saham atau urun dana yang fokus pada UMKM di Indonesia. Santara menyediakan layanan antar muka (interfacing) sebagai penghubung pihak yang memberikan pendanaan dan pihak yang membutuhkan pendanaan meliputi pendanaan dari individu, organisasi, maupun badan hukum kepada individu atau badan hukum tertentu. Santara baru-baru ini juga menjadi platform equity crowd funding yang pertama kali berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sumber: Bisnis.com Tag: Bisnis Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Prioritaskan Kepuasan Pelanggan, MODENA Customer Care Siap Sedia 365 Hari 5 days ago
Punya Modal Rp1 Juta Ingin Bisnis? Ini Caranya 1 week ago
Ingin Dagangan Dilirik Orang, Ini 6 Tips Promosi Bisnis lewat Facebook 2 weeks ago
Kalahkan Google dan Microsoft, Apple Jadi Perusahaan Pertama di Dunia Bernilai Rp43.000 Triliun 2 weeks ago
Ini 10 Saham Bank Paling Boncos sepanjang 2021 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Cara Menjaga Kesehatan Finansial di 2022 Hujan Emas Roti Ropi Selamat Tinggal, Ini Deretan Ritel Modern yang Tutup pada 2021 Dukung Energi Terbarukan, 2 Perusahaan Besar DIY Teken Kontrak Pembelian REC PLN Pusmanpro Tuntas Supervisi 79 Proyek PLN, Sistem Kelistrikan RI Kian Kuat
Berita Terbaru
Bank BPD DIY Apresiasi kepada Kawasan Wisata Breksi 18 hours ago
Gelegar Cuan PLN Mobile: Nikmati Manfaatnya, Dapatkan Hadiahnya 18 hours ago
1.400 Karyawan Bank Bukopin Mengundurkan Diri, Ini Alasannya 1 day ago
Transaksi Digital Banking Nyaris Tembus Rp50 Kuadriliun Tahun Ini 1 day ago
Kembangkan Potensi Esports, Smartfren Jadi Sponsor Utama Tim Genesis Dogma 2 days ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Satu Lagi Pelanggan PLN UP3 Semarang Gunakan 100% EBT 2 days ago
Sinergi Atasi Tantangan Pembiayaan Ultra Mikro 3 days ago
Chinese Buffet Dinner: Journey of Flavor, Cita Rasa Kuliner Terbaik di Yogyakarta Kitchen 4 days ago
Begini Perhitungan Pajak UMKM Sesuai Aturan Terbaru 4 days ago
Ini Dia Kunci agar UMKM Bertahan saat Pandemi 4 days ago