HomeEkbis

Pemain Lokal Ramaikan Payment Gateway

Oleh:Herlambang Jati Kusumo
14 Januari 2020 - 09:22 WIB

Penumpang Trans Jogja turun di halte Jalan MT Haryono, Yogyakarta. - Harian Jogja/ Desi Suryanto

Harianjogja.com, JOGJA—PT Aino Indonesia (Aino) yang merupakan perusahaan pemroses pembayaran dan sistem integrator untuk transportasi publik, layanan umum pemerintah, pendidikan, pariwisata dan ritel optimistis dapat semakin berkembang dengan adanya gerakan pemerintah untuk pembayaran nontunai.

Direktur Aino Syafri Yuzal mengatakan Aino merupakan anak perusahaan PT Gamatechno Indonesia [salah satu unit bisnis PT Gama Multi Usaha Mandiri]. Sejak 2018, Aino telah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia (BI) sebagai perusahaan yang melayani payment gateway.

“Pada 2020 bisnis kami ini driven by regulation. Jadi jika sekarang pemerintah mencanangkan gerakan nontunai, kami melayani transaksi untuk pembayaran jalan tol; bayar tiket transportasi hingga parkir secara nontunai,” kata Syafri Senin (13/1).

Selain itu juga, imbuh dia, Aino juga dapat dimanfaatkan untuk pembayaran retribusi dan pajak nontunai. “Pemerintah juga memiliki program pemberian bantuan langsung tunai. Sistem nontunai ini membutuhkan payment gateway yang dapat memproses multi-penerbit, karena kalau tidak punya reader QR akan mahal dan bisnis yang kami lakukan ini untuk memproses uang masyarakat,” ujarnya.

Peluang pasar untuk industri ini, kata dia, besar. Sebab Aino tidak hanya menyediakan kecepatan tinggi tetapi juga  melayani pembayaran mikro hingga transaksi harian yang jumlahnya tidak terlalu besar tetapi rutin. Saat ini, Aino tersedia di sejumlah tempat wisata dan bandara di DIY.

Syafri mengatakan selain untuk payment gateway, Aino juga dapat dipergunakan untuk mengakses sistem tiket elektronik transportasi publik seperti Trans Jogja, Trans Metro Bandung, Trans Jakarta, kemudian pembayaran parkir elektronik pinggir jalan atau on-street parking di kota Jakarta, Bandung, dan Tabanan Bali, sistem pembayaran parkir elektronik dalam kawasan off-street parking di 10 kota, dan sejumlah sistem pembayaran lainnya.

Tag: aplikasi digital Editor: Mediani Dyah Natalia

Artikel Terkait
Whatsapp Bakal Punya Fitur Stiker Animasi 1 year ago
Akuisisi Whattsap Oleh Facebook Dinilai Memicu Pengumpulan dan Eksploitasi Data 1 year ago
2020, Whatsapp Tak Lagi Gratis? 1 year ago
WeChat Pay Akhirnya Beroperasi di Indonesia 1 year ago
Gandeng Akademisi, Dispar Bantul Sajikan Aplikasi Explore Dlingo 1 year ago

Berita Pilihan

Gawat! Kemelut UU Cipta Kerja Berpotensi Bebani Sentimen Investor Modena Call Center, Siap Berikan Layanan Terlengkap Untuk Konsumen Indonesia Transformasi Human Capital Indonesia dengan Koridor AKHLAK JELAJAH MAGELANG: Lapak Pilar PKK Milenial, Wadah Pemasaran UMKM Kecamatan Tempuran Belum Banyak Eksportir di DIY Manfaatkan SKA-DAB
Berita Terbaru
Parag Agrawal Bos Ditunjuk Jadi CEO Twitter di Usia 37 Tahun 11 hours ago
Catat! Hari ini Terakhir, Segera Tukar Kartu Debit BCA atau Diblokir 11 hours ago
Kinerja APBN di DIY Capai 79,97 Persen hingga Oktober 2021 12 hours ago
PLN UP3 Yogyakarta Terus Jaga Kualitas Pelayanan 22 hours ago
Peserta Honda CBR Track Day Yogyakarta Serbu Mandala Krida 1 day ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Sasar Pelajar dan Mahasiswa, AXIS Dukung Vaksinasi Covid-19 di Sumbar 1 day ago
Ada Isu Penggugur Momentum, Kenaikan Kinerja Saham Tak Terjadi di Desember? 2 days ago
Simpanan Nasabah Tumbuh Rp7.301 Triliun per Oktober 2 days ago
AirAsia Buka Lagi 9 Rute & Tambah Rp10.000 Gratis Bagasi 3 days ago
Horison Hotels Yogyakarta Salurkan Bantuan Melalui Horison Peduli 3 days ago