HomeEkbis

Yuks, Kumpulkan Koin Rupiah

Oleh:Newswire
20 Januari 2020 - 06:47 WIB

Warga memilah uang logam rupiah sebelum ditukarkan dengan uang kertas rupiah saat Peduli Koin Rupiah di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/1)./ Antara - Didik Suhartono

Harianjogja.com, SURABAYA—Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Timur, Difi A Johansyah menyebut kebutuhan akan uang logam tinggi tetapi peredaran uang logam di wilayah setempat sangat minim dan seringkali terlupakan karena nilainya yang kecil. Padahal jika dikumpulkan akan memiliki nilai dan manfaat yang besar.

"Kecenderungannya masyarakat saat ini lebih suka menyimpan uang logam di rumah, sehingga tidak berputar di masyarakat ataupun kembali ke Bank Indonesia. Padahal, kebutuhan terhadap uang logam cukup besar," kata, Difi A Johansyah di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/1).

BI Jatim mencatat sepanjang 2017 hingga 2019, hanya 1,74% dari uang logam yang telah diedarkan kembali ke KPw BI Jatim. "Outflow uang logam yang keluar dari KPw BI Jatim tercatat sebesar Rp125,506 miliar, tetapi inflow-nya hanya Rp2,189 miliar," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim, Harmanta dalam acara kegiatan Peduli Koin Rupiah di halaman parkir KPw BI Jatim, Jl. Pahlawan 105 Surabaya.

Karena itu, kata dia, BI Jatim mengundang masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk hadir dan menukarkan uang logam sebanyak-banyaknya. Ia berharap kegiatan yang digelar dengan kerja sama 20 perbankan itu bisa kembali memutar uang logam yang telah beredar, khususnya di Jatim.

Dalam kegiatan itu disediakan total modal sebesar Rp1,75 miliar uang kertas, dan disertai berbagai kegiatan seperti lomba desain tote bag bagi siswa SD, lomba cerdas cermat, lomba ibu kreatif memasak, hingga bazaar bahan pokok, dan diramaikan oleh Pasha Ungu sebagai bintang tamu.

Sumber: Antara Tag: literasi keuangan Editor: Mediani Dyah Natalia

Artikel Terkait
Lunasi Utang! Salah Satu Tips Menuju Keuangan Sehat 2022 3 weeks ago
Pos Keuangan Rumah Tangga yang Harus Diutamakan 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Cara Menjaga Kesehatan Finansial di 2022 Hujan Emas Roti Ropi Selamat Tinggal, Ini Deretan Ritel Modern yang Tutup pada 2021 Dukung Energi Terbarukan, 2 Perusahaan Besar DIY Teken Kontrak Pembelian REC PLN Pusmanpro Tuntas Supervisi 79 Proyek PLN, Sistem Kelistrikan RI Kian Kuat
Berita Terbaru
Bank BPD DIY Apresiasi kepada Kawasan Wisata Breksi 15 hours ago
Gelegar Cuan PLN Mobile: Nikmati Manfaatnya, Dapatkan Hadiahnya 15 hours ago
1.400 Karyawan Bank Bukopin Mengundurkan Diri, Ini Alasannya 1 day ago
Transaksi Digital Banking Nyaris Tembus Rp50 Kuadriliun Tahun Ini 1 day ago
Kembangkan Potensi Esports, Smartfren Jadi Sponsor Utama Tim Genesis Dogma 2 days ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Satu Lagi Pelanggan PLN UP3 Semarang Gunakan 100% EBT 2 days ago
Sinergi Atasi Tantangan Pembiayaan Ultra Mikro 3 days ago
Chinese Buffet Dinner: Journey of Flavor, Cita Rasa Kuliner Terbaik di Yogyakarta Kitchen 4 days ago
Begini Perhitungan Pajak UMKM Sesuai Aturan Terbaru 4 days ago
Ini Dia Kunci agar UMKM Bertahan saat Pandemi 4 days ago