Ekbis

BPD Buat Nasabah Semakin Nyaman

Penulis: Kusnul Isti Qomah
Tanggal: 23 Januari 2020 - 10:22 WIB
Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad/ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Harianjogja.com, JOGJA—BPD DIY membuka jaringan pelayanan di Malioboro yakni Kantor Kas Malioboro, Digital Lounge Malioboro, yang terletak di Jl. Malioboro No. 1 Gedongtengen, Jogja. Digital Lounge Malioboro ini untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sehingga mempermudah layanan.

Direktur Utama PT Bank BPD DIY Santoso Rohmad menyebutkan peluncuran Digital Lounge Malioboro merupakan wujud dari branding digital yang dikembangkan Bank BPD DIY. "Di situ ada pelayanan lebih ke pelayanan digital, termasuk ATM, pemasaran digital, produk digital untuk kawasan Malioboro dan sekitarnya. Ini sudah beroperasi, tetapi belum diresmikan," kata dia, Rabu (22/1).

Ia menjelaskan dalam Digital Lounge Malioboro ada layanan mandiri baik setor maupun penarikan. Ada pula layanan pembukaan dengan mobile banking dan produk e-money yang dimiliki BPD. "Termasuk dalam waktu dekat juga akan buka money changer. Petugas di Lounge ini seperti kasir biasa. Warga yang datang akan mendapatkan layanan digital, produk digital, ATM, dan e-banking. Sementara ini ada tiga mesin ATM yang merupakan ATM setor, tarik dan untuk layanan informasi lain. Ini semacam kantor kas, tetapi khusus sasar UMKM di Malioboro dan sekitarnya," kata dia.

 

Klasik & Futuristik

Bangunan seluas kurang lebih 250 meter persegi ini pun memiliki desain interior yang futuristik. Meskipun tampak luarnya bagaikan bangunan cagar budaya, tetapi desain di dalamnya lebih modern dan dibuat seperti lounge agar masyarakat yang datang merasa nyaman. Ia menyebutkan tujuan didirikannya Digital Lounge Malioboro untuk menangkap nasabah di sekitar Malioboro. Pasalnya, Malioboro merupakan wajah Jogja sehingga kehadiran BPD sebagai bank daerah sangat diperlukan.

"Kedua, kami tampilkan wajah BPD yang sudah electronic banking atau sudah digital. Untuk di kawasan Malioboro sebelumnya ada cabang pembantu di Kantor Kepatihan dan BPD mikro di Beringharjo. Kehadiran lounge ini intinya untuk semakin memudahkan nasabah," kata dia.

Ia mengungkapkan berbagai inovasi layanan berbasis digital juga dilakukan Bank BPD DIY untuk mempermudah pelaku UMKM dan nasabah pada umumnya dalam melakukan transaksi usaha maupun transaksi lainnya. Sebut saja BPD DIY Mobile, sebuah layanan mobile banking yang dapat digunakan untuk melakuan berbagai transaksi mulai dari cek saldo, transfer, pembayaran tagihan maupun pajak daerah dan retribusi.

“Bank BPD DIY terus berinovasi agar dapat memenuhi tuntutan nasabah seperti digitalisasi berbagai layanan diantaranya yaitu mobile banking dimana semua transaksi bisa dilakukan melalui smartphone sehingga sangat efektif dan masyarakat bisa lebih fokus dalam menjalankan usahanya” terang dia.

Bank BPD DIY juga berkomitmen memudahkan transaksi nasabah dan mitra dengan basis teknologi nontunai. Apalagi saat ini Bank BPD DIY sudah mumpuni untuk sistem pembayaran elektronik. "Mobile banking sudah digunakan. Pembayaran bisa lewat situ. Rekanan dan masyarakat juga bisa. Misal ada sumbangan untuk kekeringan bisa transfer. Bayar PBB bisa juga pakai aplikasi," jelas dia.

Selain itu, dengan mobile banking transaksi menjadi lebih praktis karena bisa digunakan di mana dan kapan saja. Bank BPD DIY dengan teknologi hadir dengan melayani transaksi yang berkaitan Pemda. Swasta pun bisa memanfaatkan fasilitas ini. "Kami juga akan coba untuk rumah sakit. BPD gencar mengampanyekan mobile banking. Tujuannya, agar masyarakat merasakan manfaat produk mobile banking BPD DIY," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BI Naikkan Suku Bunga Acuan 25 Basis Poin Jadi 6,25%
Kenaikan BI-Rate Bakal Berdampak Positif untuk Pasar Modal Lokal
10 Bank Bangkrut dalam 4 Bulan, LPS Jamin Dana Nasabah, Perhatikan Hal Berikut
Duh, Sebuah Bank Syariah Dinyatakan Bangkrut, Berikut Kronologinya

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Soal Parpol Luar Koalisi Merapat ke Pemerintah, Gibran: Kita Tunggu Saja
  2. Pilpres 2024 Selesai, Anies & Ganjar Ikut Pilkada Lagi?
  3. Achmad Sapari Solo Dukung Zulhas Terus Nakhodai PAN 5 Tahun ke Depan
  4. Kasus Dugaan Korupsi PD Percada Bergulir, Kejari Sukoharjo Periksa 15 Saksi

Berita Terbaru Lainnya

Per Maret 2024, APBN Surplus Rp8,1 Triliun
Hari Ini Harga Telur Ayam Terpantau Naik hingga Rp31 Ribu per Kilogram
Meraup Berkah dari Rumput Laut dan Tulang Ikan
Marvera Gunungkidul, Korban Penipuan Jadi Sumber Penghidupan
IHSG Ditutup Melemah, Ini Tanggapan BEI DIY
BI Rate Naik, Ekonom Berharap Bunga KUR Tak Ikut Naik
Kenaikan BI Rate 25 Basis Poin, Respon Kadin DIY: Keputusan Moderat
Harga Bawang Merah Naik 100 Persen, Ini Penyebabnya
Transaksi Rupiah di Lintas Negara Naik 100 Persen
InJourney Dukung Japanese Domestic Market di Sirkuit Mandalika