HomeEkbis

Ekspor Jamu dan Suplemen Herbal ke Nigeria Diprediksi Meroket

Oleh:Rahmad Fauzan
24 Juli 2021 - 05:47 WIB

Petugas menyortir rempah-rempah di Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) di Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (17/1/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) optimistis ekspor produk jamu dan suplemen herbal Indonesia ke Nigeria kian meroket dalam beberapa tahun mendatang setelah negara tersebut menjadi importir jamu terbesar di Afrika Barat dengan nilai mencapai US$1,3 juta pada 2020.

Kepala Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Kemendag Heriyono Hadi Prasetyo berharap tren tersebut bisa berlanjut tahun ini dan tahun yang akan datang di mana saat ini Indonesia menjadi salah satu dari 15 negara eksportir jamu terbesar ke negara tersebut.

“Menurut data Trademap, di Nigeria, Indonesia merupakan salah satu penyuplai produk jamu ke-15. Nigeria merupakan importir jamu terbesar di Kawasan Afrika Barat yang mencapai USD 1,3 juta di tahun 2020. Semoga tahun ini dan tahun yang akan datang, ekspor herbal ke Nigeria akan semakin meningkat,” ujar Heriyono melalui siaran pers, Jumat (23/7/2021).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Kemendag, untuk kategori jamu dan suplemen herbal, Indonesia merupakan pengekspor jamu ke-18 di dunia. Total nilai ekspor jamu Indonesia ke dunia pada 2021 mencapai US$41,5 juta atau meningkat 10,96 persen dibandingkan 2019.

Baca juga: Ini 4 Pertimbangan Pemerintah Melonggarkan PPKM Mulai 26 Juli

Adapun, tiga importir produk jamu dan suplemen herbal yang berasal dari kota-kota pusat bisnis Nigeria, antara lain Lagos, Kano, dan Enugu. Sementara sejumlah daerah yang berkontribusi terhadap ekspor jamu dan suplemen herbal Indonesia adalah Aceh, Bangka Belitung, Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan menambahkan Nigeria merupakan pasar yang menjanjikan bagi Indonesia dengan jumlah penduduk saat ini mencapai lebih dari 200 juta jiwa. Menurutnya, kesadaran mengonsumsi minuman/makanan herbal juga mulai terbentuk di tengah masyarakat Nigeria.

"Peluang ekspor ini perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku usaha Indonesia,” kata Hendro.

Sumber: bisnis.com Tag: ekspor Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
OPINI: Jalan Aman Menggenjot Ekspor Udang 1 year ago
Nilai Ekspor DIY Turun di November 1 year ago
Dikritik soal Ekspor Benih Lobster, Edhy Prabowo: Saya Tak Akan Mundur 1 year ago
Banyak WNI Umrah & Naik Haji, Indonesia Berencana Ekspor Beras ke Arab Saudi 1 year ago
Pelaku Usaha di Kulonprogo Diajari Tata Cara Ekspor 1 year ago

Berita Pilihan

PLN Tingkatkan Layanan Untuk Perbaiki Ekonomi di Tengah Pandemi Penarikan Undian Tingkatkan Minat Nasabah Menabung ke Bank PLN Berikan Keringanan Pembayaran Rekening Listrik melalui Program Stimulus Ini Alasan Kemenkeu Perpanjang PPnBM DTP Kendaraan Bermotor 14 Tahun Nanamia Pizzeria Sajikan Kuliner Otentik Italia di Jogja
Berita Terbaru
PLN Tingkatkan Layanan Untuk Perbaiki Ekonomi di Tengah Pandemi 7 hours ago
Ekonom Nilai Hukuman Pidana Perpajakan Harus Sentuh Dalang dan Korporasi 12 hours ago
Di Qhomemart Ada Promo Belanja Hemat Hanya 6 Hari 16 hours ago
Lewat Aplikasi, Bizhare Perkokoh Layanan Bisnis Berskema Urun Dana 1 day ago
Tingkatkan Akses Pendidikan di Wilayah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar 1 day ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
OJK Umumkan 107 Pinjaman Online Legal Terdaftar & Berizin, Ini Daftarnya... 1 day ago
OJK Ungkap Daerah yang Belum Ada Pengaduan Korban Pinjol Ilegal 1 day ago
Pemerintah Sorot Pelanggaran Kekayaan Intelektual di Platform Digital 1 day ago
Mahfud MD Beberkan Alasan Terus Kejar Debitur BLBI 1 day ago
Smartfren Hadirkan Lagi Rejeki WOW Treasure Hunt, Ini Dia Hadiahnya 1 day ago