HomeEkbis

Grab Jalin Kerja Sama dengan Emtek Group

Oleh:Herlambang Jati Kusumo
26 Juli 2021 - 19:57 WIB

Konferensi Pers Virtual: Peresmian Kerja Sama Strategis Grab dan Emtek Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital, Senin (26/7/2021)-Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Harianjogja.com, JOGJA—Grab berkolaborasi dengan Emtek Group mendorong percepatan transformasi digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai upaya memperluas inklusi digital dan keuangan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan pihaknya bersama dengan Emtek berkeinginan menghadirkan solusi digital, untuk mempercepat pemulihan ekonomi. “Tujuannya untuk memperluas inklusi digital dan finansial yang menjangkau semua,” ujar Neneng, dalam Konferensi Pers Virtual: Peresmian Kerja Sama Strategis Grab dan Emtek Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital, Senin (26/7/2021).

Diharapkan dengan kolaborasi ini dapat menjangkau semua UMKM tanpa terkecuali. Pasalnya saat ini potensi UMKM di Indonesia sangat besar. 60% PDB Indonesia berasal dari UMKM, 97% penyerapan tenaga kerja di Indonesia berasal dari UMKM. Sementara hingga saat ini baru 21% UMKM yang terdigitalisasi.

“Tahap awal kami akan menghadirkan Festival Kota Mapan, Kolaborasi nyata untuk masa depan. Semangat berkolaborasi transformasi jutaan UMKM tingkat Kabupaten, Kota. Pertama akan dilakukan di Solo pada September nanti,” ujarnya.

Managing Director, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek Group), Sutanto Hartono mengharapkan juga dengan kolaborasi ini, bisa menjangkau lapisan masyarakat lebih luas lagi. “Hantaman Covid-19 ini, pembatasan. UMKM harus mampu beradaptasi dengan platform digital,” ucap Sutanto.

Dia mengatakan kolaborasi ini menjalankan komitmen, pemberdayaan, pelatihan dan pemberian akses digital. Menurutnya banyak UMKM yang berkualitas, namun saat ini terbatas akses digitalnya. Diharapkan dengan kolaborasi ini mampu, mengurangi masalah itu. “Harapan kami ekonomi bangkit, mandiri, UMKM motor penggerak utama perekonomian,” ujarnya.

BACA JUGA: Menkes Sebut BOR Rumah Sakit di DKI dan Jabar Turun, DIY dan Bali Naik

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki menyambut baik kolaborasi Grab dan Emtek Group. Diharapkan hadirnya kolaborasi ini mampu memberi dampak bagi Indonesia khususnya UMKM.

“Akselerasi transformasi digital, diharapkan mendukung tercapainya 30 juta pelaku UMKM masuk ekosistem digital pada 2024. Aspek digital tidak sebatas menghadirkan pelaku usaha dalam platform digital, termasuk peningkatan kualitas. Poin tersebut juga telah menjadi perhatian. Diharapkan melahirkan ide maupun inovasi digital,” ujar Teten.

Senada, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyambut baik kolaborasi ini. “Selamat kemitraan strategis, kami memberi dukungan. Terlebih di masa pandemi pola perilaku masyarakat beralih ke online. Harapan mendukung pemulihan dan pemerataan ekonomi di tanah air,” ucapnya.

Tag: Bisnis Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Sedang Kembangkan Bisnis Digital? 4 Platform Ini Bisa Membantu Anda 1 year ago
OPINI: Memulai Bisnis Skala Kecil Menjanjikan di 2020 1 year ago
OPINI: Internet, Hanyut Psikologis dan ZMOT dalam Pendidikan 1 year ago
OPINI: Dewi Sri Membutuhkan Pemasaran Sosial 1 year ago
OPINI: Menggapai Peringkat 50 Kemudahan Berbisnis 1 year ago

Berita Pilihan

PLN Tingkatkan Layanan Untuk Perbaiki Ekonomi di Tengah Pandemi Penarikan Undian Tingkatkan Minat Nasabah Menabung ke Bank PLN Berikan Keringanan Pembayaran Rekening Listrik melalui Program Stimulus Ini Alasan Kemenkeu Perpanjang PPnBM DTP Kendaraan Bermotor 14 Tahun Nanamia Pizzeria Sajikan Kuliner Otentik Italia di Jogja
Berita Terbaru
PLN Tingkatkan Layanan Untuk Perbaiki Ekonomi di Tengah Pandemi 5 hours ago
Ekonom Nilai Hukuman Pidana Perpajakan Harus Sentuh Dalang dan Korporasi 11 hours ago
Di Qhomemart Ada Promo Belanja Hemat Hanya 6 Hari 15 hours ago
Lewat Aplikasi, Bizhare Perkokoh Layanan Bisnis Berskema Urun Dana 1 day ago
Tingkatkan Akses Pendidikan di Wilayah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar 1 day ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
OJK Umumkan 107 Pinjaman Online Legal Terdaftar & Berizin, Ini Daftarnya... 1 day ago
OJK Ungkap Daerah yang Belum Ada Pengaduan Korban Pinjol Ilegal 1 day ago
Pemerintah Sorot Pelanggaran Kekayaan Intelektual di Platform Digital 1 day ago
Mahfud MD Beberkan Alasan Terus Kejar Debitur BLBI 1 day ago
Smartfren Hadirkan Lagi Rejeki WOW Treasure Hunt, Ini Dia Hadiahnya 1 day ago