HomeEkbis

PLN Tingkatkan Layanan Untuk Perbaiki Ekonomi di Tengah Pandemi

Oleh:Media Digital
23 September 2021 - 15:27 WIB

Ist.

Harianjogja.com, SEMARANG - PLN berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan kelistrikan terbaik kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Hal itu dilakukan sebagai upaya peningkatan kembali perekonomian.

Komitmen tersebut disampaikan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng & D.I. Yogyakarta, M. Irwansyah Putra pada acara Sosialisasi Pelayanan PLN Pada Masa Pandemi Covid-19 yang digelar oleh Lembaga Peduli Pelayanan Publik (LPPP), Rabu, (22/9). Kegiatan yang diselenggarakan secara daring tersebut diikuti sebanyak 132 orang dari berbagai kalangan seperti masyarakat umum, tokoh masyarakat, akademisi, LSM, dan pers.

"Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun tidak hanya memberikan pengaruh secara ekonomi, tetapi juga mengubah kebiasaan hidup masyarakat ke arah digital, ini pun membuka babak baru pelayanan PLN kepada masyarakat yang dituntut tetap berjalan secara optimal," ujar Irwansyah dalam sambutannya.

Baca juga: PLN Gandeng BPN dan KPK Amankan Sertifikat Tanah di Jateng dan DIY

PLN telah mengembangkan berbagai inovasi untuk mendekatkan jarak dengan pelanggan, salah satunya dengan aplikasi PLN Mobile. Dengan aplikasi ini segala hal yang berkaitan dengan kelistrikan bisa diselesaikan dengan usapan jari di layar telepon pintar, baik itu layanan pengaduan gangguan, pasang baru, perubahan daya, maupun layanan lainnya.

"Selain itu, PLN juga telah melakukan vaksinasi terhadap pegawai dan Tenaga Alih Daya sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat tetap berjalan optimal sesuai protokol kesehatan yang diinstruksikan pemerintah," tambahnya.

Acara sosialisasi ini turut dihadiri oleh Kepala Biro Organisasi Setda Jawa Tengah, Ihwan Sudrajat mewakili Wakil Gubernur Jawa Tengah, Anggota Ombudsman RI, Hery Susanto, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida, Kepala Prodi Magister Hukum Universitas Semarang, Moh. Junaidi, dan Koordinator LPPP, Husnul Mudhom.

Kepala Biro Organisasi Setda Jawa Tengah menambahkan, pandemi juga turut melatarbelakangi hadirnya berbagai stimulus yang digulirkan pemerintah untuk masyarakat melalui BUMN termasuk PLN.

Baca juga: WHO Sebut 7 Juta Orang Meninggal per Tahun Akibat Polusi Udara

"Dalam rangka menjaga daya beli khususnya masyarakat lapisan bawah, pemerintah telah menyiapkan beberapa program perlindungan sosial, salah satunya adalah pembebasan rekening listrik 50% untuk pelanggan 450 VA, diskon listrik sebesar 25 untuk pelanggan 900 VA, serta pembebasan biaya abonemen dan ketentuan rekening minimum," ujar Ihwan.

Stimulus ini merupakan bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk mengurangi dampak ekonomi yang diakibatkan Covid-19.

Peranan listrik di tengah kehidupan masyarakat kurang mampu ini juga sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan, seperti yang dikatakan oleh Kepala Dinas Provinsi Jateng.

"Dengan hadirnya listrik di kehidupan masyarakat, tentunya dapat membantu peningkatan perekonomian warga. Contohnya dengan hadirnya listrik di rumah masyarakat kurang mampu, mereka bisa mandiri melakukan usaha di rumah seperti menjahit, berjualan. Listrik saat ini juga telah masuk ke sektor pertanian yang bisa menekan biaya produksi yang dikeluarkan," ungkap Sujarwanto.

Sementara itu Husnul Mudhom selaku Koordinator LPPP mengapresiasi layanan yang diberikan PLN.

"Kami sangat mengapresiasi kepada para narasumber, karena pelayanan publik ini merupakan kepastian hukum jadi harus benar-benar kita perhatikan. PLN sudah banyak kemajuan dari sisi pelayanan terbukti dengan inovasi seperti PLN Mobile, LPPP siap bersinergi dalam menghadirkan pelayanan terbaik kepada masyarakat," imbuhnya.

Melalui pertemuan ini diharapkan menjadi masukan bagi PLN untuk dapat mengoptimalkan layanan sehingga dapat meningkatkan kepuasaan pelanggan. (ADV)

Tag: pln Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Konversi dari Listrik ke Gas, Berapa Potensi Penghematan PLN? 1 year ago
Proyek GI 150kV Arjawinangun Baru Dituntaskan 1 year ago
PLN Kembali Perkuat Keandalan Sistem Kelistrikan 1 year ago
36 Warga Sedayu Terima Pasang Listrik Gratis dari PLN 1 year ago
Bukan Rudiantara, Ini Alasan Erick Thohir Pilih Zulkifli Zaini Jadi Direktur Utama PLN 1 year ago

Berita Pilihan

Suparno Djasmin Terpilih Sebagai President IMA Periode 2021-2023 Persiapkan SDM Perhotelan dalam Masa PPKM Level 3, IHGMA DPD Yogyakarta Hadirkan GM Talks Pemerintah Pusat Dukung Akselerasi Belanja Daerah untuk Pemulihan Ekonomi JNE Bersama Smesco Indonesia dan YukBisnis Hadirkan Logistik Murah bagi UKM Agrowisata Krisan Kulonprogo Terima Bantuan PLN Peduli
Berita Terbaru
Malioboro Mall Adakan FashionFoodstival 20 hours ago
Hidangan Seafood Mewah Ala Pesisir di The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta 20 hours ago
Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Jika Ingin Jadi Pengusaha Kos-kosan 20 hours ago
Pengin Jalankan Bisnis Franchise? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya 21 hours ago
Tax Amnesty Jilid 2, Kadin: Pengusaha Harus Manfaatkan 1 day ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Suparno Djasmin Terpilih Sebagai President IMA Periode 2021-2023 1 day ago
Kementerian Keuangan Klaim UU HPP Bisa Pajaki Google Cs, Yakin Berani? 4 days ago
Shopee & Lazada Tutup Akses Impor, Ini Tanggapan Menteri 4 days ago
Tetap Tumbuh di Masa Pandemi, BTPN Syariah Gencarkan Aksi Sosial Berkelanjutan 4 days ago
Rayakan Pesta Pernikahan Lebih Privat dan Aman di Artotel 4 days ago