Ekbis

Agrowisata Krisan Kulonprogo Terima Bantuan PLN Peduli

Penulis: Media Digital
Tanggal: 05 Oktober 2021 - 11:47 WIB
PLN Peduli kembali memberikan bantuan pengembangan kepada Agrowisata Krisan di Kulonprogo - Ist/PLN

Harianjogja.com, JOGJA-PLN Peduli kembali memberikan bantuan pengembangan kepada Agrowisata Krisan. Bantuan yang diberikan berupa instalasi listrik untuk penyiraman, penerangan, pompa air serta peralatan produksi pertanian lainnya.

Simbolis penyerahan bantuan dilakukan pada, Senin, (27/9/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh Fakultas Biologi UGM Pengabdian Masyarakat, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian, Kepala Dinas Pertanian diwakili oleh Kabid Horti, Lurah Gerbosari Asosiasi Krisan, BumDes Gerbosari, dan perangkat Desa Gerbosari lainnya.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian diwakili oleh Kabid Horti, Yuliwati menyampaikan apresiasi kepada PLN yang sejak 2018 telah memberikan bantuan kepada Agrowisata Krisan.

“Program ini bukan hanya charity melainkan pemberdayaan secara berkesinambungan yang sangat bermanfaat bagi petani krisan,” ujarnya.

Senada dengan Yuliwati, Dwi Umi Utami dari Fakultas Biologi UGM berharap bantuan tersebut dapat memberi dampak besar bagi budidaya krisan.

Baca juga: PPKM Level 1-3 Diperpanjang Tapi Sudah Boleh Makan & Minum di Bioskop

“Kami mendampingi Krisan sejak tahun 2016, dengan penelitian yang telah dilakukan dalam pemupukan dan pemenuhan standar panen pada pasar bunga, diharapkan dapat diaplikasikan secara tepat oleh petani dan dapat memberikan dampak besar pada budidaya krisan, ditambah dengan bantuan electrifying agriculture dari PLN, tentu pemanfaatan energi listrik dapat semakin meningkatkan produktivitas pertanian,” kata Dwi.

Ahmad Mustaqir selaku Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta menjelaskan Program Electrifying Agriculture dapat membantu petani untuk meningkatkan produktivitasnya.

"Melalui program Electrifying Agriculture PLN menghadirkan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan layanan listrik dengan mudah. Selain pertanian, Electrifying Agriculture juga membantu petani dalam perikanan, peternakan dan perkebunan,” tambah Ahmad.

Agrowisata Krisan merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, DIY. Wisata ini menawarkan keindahan bunga krisan sebagai ikon Desa Gerbosari. Pada tahun 2019 Agrowisata Krisan menyabet peringkat ke 2 CSR Award yang diikuti seluruh unit PLN se-Indonesia.

Menjadi bagian dari binaan PLN Peduli semenjak tahun 2016, bantuan yang telah diterima Agrowisata Krisan berupa pembangunan fasilitas toilet, mushola, kedai, lampu taman, dan penerangan jalan.

Pada acara tersebut disampaikan juga sosialisasi PLN Mobile dan para undangan menginstall aplikasinya untuk kemudahan layanan listrik dalam genggaman. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini
Catatkan Kenaikan Transaksi SPKLU, PLN Suguhkan Kenyamanan Bagi Pemudik EV Pada Arus Mudik Lebaran 2024
Jadwal Pemadaman Listrik Rabu 24 April 2024, Cek Lokasinya!
PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar, Kolaborasi Dukungan Untuk Pengembangan Voli di Tanah Air

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Dilantik Oktober Nanti, Prabowo Tak akan Mundur dari Jabatan Menteri Pertahanan
  2. Peluang Garuda Muda Raih Tiket Olimpiade Paris Kian Terbuka
  3. Nekat Curi Motor Warga Tengaran, Pemuda Boyolali Diringkus Polisi
  4. Waspadai Bahaya Bahan Kimia yang Ada di Makanan Laut

Berita Terbaru Lainnya

Meraup Berkah dari Rumput Laut dan Tulang Ikan
Marvera Gunungkidul, Korban Penipuan Jadi Sumber Penghidupan
IHSG Ditutup Melemah, Ini Tanggapan BEI DIY
BI Rate Naik, Ekonom Berharap Bunga KUR Tak Ikut Naik
Kenaikan BI Rate 25 Basis Poin, Respon Kadin DIY: Keputusan Moderat
Harga Bawang Merah Naik 100 Persen, Ini Penyebabnya
Transaksi Rupiah di Lintas Negara Naik 100 Persen
InJourney Dukung Japanese Domestic Market di Sirkuit Mandalika
Tren Perlintasan Penumpang di Bandara Soetta Naik 10 Persen di Lebaran 2024
Pasca-Lebaran, Bisnis Properti di DIY Reborn