HomeEkbis

JNE Bersama Smesco Indonesia dan YukBisnis Hadirkan Logistik Murah bagi UKM

Oleh:Media Digital
06 Oktober 2021 - 11:37 WIB

M. Feriadi Soeprapto Presiden Direktur JNE - Ist/JNE

Harianjogja.com, JAKARTA-Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ekosistem untuk Transformasi UKM Masa Depan, JNE berkolaborasi dengan Smesco Indonesia dan YukBisnis menghadirkan Smesco Fulfillment Center (Logistik UKM).

Kerjasama strategis ini merupakan layanan logistik Smesco untuk para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan tarif terjangkau. JNE akan berperan sebagai perusahaan logistik dalam mengirimkan barang UKM dan YukBisnis menjadi operator Smesco Fullflllment Center yang berlokasi di Gedung SME Tower, Smesco Indonesia, Jl. Gatot Subroto No.Kav. 94, Pancoran, Jakarta Selatan.

Fasilitas SmescoFulfillment Center yang berlokasi di Lt. 11 Gedung Smesco Indonesia ini memiliki luas 1250m². Pada ruangan ini telah tersedia 400 unit lemari dan 2000 level rak yang mampu menyimpan 136.800 item barang milik UKM serta didukung system warehouse manajemen, ruangan berpendingin, operator bersertifikasi, dan call centre yang terintegrasi.

Dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat menciptakan peluang dan memberikan kemudahan kepada para UKM dalam melakukan proses jual – beli secara online, sehingga para pelaku usaha dapat fokus kepada proses produksi dan pengembangan atau inovasi produk, serta penjualannya. Hal itu karena pengelolaan warehousing ditangani oleh SmescoFulfillment Center yang dilakukan secara profesional dan terintegrasi langsung dengan layanan pengiriman, sehingga update data jumlah stok barang, serta status pengiriman tiap paket tersedia secara berkala.

M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, mengatakan bahwa para pelaku industri kreatif kerap disibukkan dengan proses warehousing, pengaturan stock barang, packaging, sampai dengan pengiriman paket ke tiap buyer. Hal itu berpotensi menurunkan konsentrasi terhadap upaya peningkatan penjualan, pengembangan atau inovasi produk dari segi kuantitas mau pun kualitas, dan yang lainnya.

Baca juga: Pemkot Membuka Pekan HUT Kota Jogja ke-265, Ini Sederet Agendanya...

“Agar dapat mengatasi tiap tantangan dan meraih tiap peluang di era digital, maka sinergi dan kolaborasi bersama dengan mitra strategis harus terus dilakukan. Kehadiran SmescoFulfillment Center diharapkan dapat mendorong kemajuan bisnis pelaku usaha sehingga tidak perlu lagi menangani aktivitas logistik yang memerlukan effort besar di dalam proses bisnis," kata Feriadi dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (6/10/2021).

Founder YukBisnis, Jaya Setiabudi, menyampaikan bahwa YukBisnis melihat potensi dan kebutuhan distribusi usaha digital UKM di Indonesia sangat tinggi. Para pelaku industri kreatif harus konsentrasi terhadap pengembangan inovasi dan penjualan. Oleh karena itu YukBisnis hadir dengan menyediakan layanan one stop solutions untuk mengoptimalisasi proses UKM agar berkembang dalam menciptakan suatu brand.

“Kami percaya bahwa brand Indonesia dapat menjadi punggawa di negeri sendiri, dan dengan adanya SmescoFulfillment Center yang difasilitasi JNE dan Smesco Indonesia, kami bisa menggabungkan brand – brand lokal terbaik di seluruh Indonesia menjadi satu kesatuan serta turut memajukan UKM di Indonesia," kata dia.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Smesco, Leonard Theosabrata, mengatakan bahwaSmesco terus berupaya memberdayakan UKM dengan sejumlah layanan. Salah satunya adalah Smesco Fullfilment Center, layanan pengirimah barang atau logistik bagi UKM dengan tarif terjangkau. Layanan pengiriman barang ini bisa menjangkau seluruh wilayah Jawa dan beroperasi penuh awal 2022. Layanan yang dihadirkan ini sangat penting, sehingga menjadi pelengkap bagi Smesco sebagai pusat layanan UKM.

Feriadi menambahkan, dengan kerjasama strategis ini berbagai fasilitas dalam SmescoFulfillment Center, seperti, warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM lokal. JNE akan terus mewujudkan semangat “Connecting Happiness” yaitu mengantarkan kebahagiaan dan memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok negeri. “Harapan kami kolaborasi ini dapat menjadi langkah nyata dalam memberikan kontribusi dan bergotong-royong bersama pemerintah untuk memajukan perekonomian nasional”, pungkasnya. (ADV)

Tag: Bisnis Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Sedang Kembangkan Bisnis Digital? 4 Platform Ini Bisa Membantu Anda 1 year ago
OPINI: Memulai Bisnis Skala Kecil Menjanjikan di 2020 1 year ago
OPINI: Internet, Hanyut Psikologis dan ZMOT dalam Pendidikan 1 year ago
OPINI: Dewi Sri Membutuhkan Pemasaran Sosial 1 year ago
OPINI: Menggapai Peringkat 50 Kemudahan Berbisnis 1 year ago

Berita Pilihan

Gawat! Kemelut UU Cipta Kerja Berpotensi Bebani Sentimen Investor Modena Call Center, Siap Berikan Layanan Terlengkap Untuk Konsumen Indonesia Transformasi Human Capital Indonesia dengan Koridor AKHLAK JELAJAH MAGELANG: Lapak Pilar PKK Milenial, Wadah Pemasaran UMKM Kecamatan Tempuran Belum Banyak Eksportir di DIY Manfaatkan SKA-DAB
Berita Terbaru
Parag Agrawal Bos Ditunjuk Jadi CEO Twitter di Usia 37 Tahun 11 hours ago
Catat! Hari ini Terakhir, Segera Tukar Kartu Debit BCA atau Diblokir 11 hours ago
Kinerja APBN di DIY Capai 79,97 Persen hingga Oktober 2021 12 hours ago
PLN UP3 Yogyakarta Terus Jaga Kualitas Pelayanan 22 hours ago
Peserta Honda CBR Track Day Yogyakarta Serbu Mandala Krida 1 day ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Sasar Pelajar dan Mahasiswa, AXIS Dukung Vaksinasi Covid-19 di Sumbar 1 day ago
Ada Isu Penggugur Momentum, Kenaikan Kinerja Saham Tak Terjadi di Desember? 2 days ago
Simpanan Nasabah Tumbuh Rp7.301 Triliun per Oktober 2 days ago
AirAsia Buka Lagi 9 Rute & Tambah Rp10.000 Gratis Bagasi 3 days ago
Horison Hotels Yogyakarta Salurkan Bantuan Melalui Horison Peduli 3 days ago