HomeEkbis

Tips Mendapatkan Pinjaman Modal untuk Memulai Usaha Kecil

Oleh:Jessica Gabriela Soehandoko
13 Oktober 2021 - 22:17 WIB

Ilustrasi sentra usaha kecil dan menengah bidang kerajinan - JIBI/Bisnis.com

Harianjogja.com, JAKARTA – Jika Anda baru memulai bisnis atau masih dalam tahap berkembang, mendapatkan pinjaman usaha kecil dapat menjadi pilihan Anda.

Anda dapat menggunakan dana untuk segala hal mulai dari modal kerja dan akuisisi peralatan hingga pembelian yang lebih besar seperti tempat usaha.

Untuk memulai, Anda perlu mendapatkan pinjaman. Dalam aplikasi pinjaman bisnis dan proses penjaminan sendiri, akan bervariasi menurut pemberi pinjaman. Namun, sebagian besar bank dan pemberi pinjaman mengikuti pedoman umum yang sama.

Beberapa langkah umum yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan pinjaman usaha kecil yakni sebagai berikut, yang dilansir dari Forbes (12/10/21).

1. Tentukan jenis pinjaman yang Anda butuhkan

Beberapa pemberi pinjaman membatasi industri yang akan mereka danai atau bagaimana dana pinjaman dapat digunakan. Jadi, tentukan bagaimana Anda akan menggunakan uang tunai sebelum mengajukan pinjaman. Pastikan Anda menevaluasi berapa banyak yang perlu Anda pinjam, karena dapat memengaruhi jenis pinjaman yang Anda ajukan dan pemberi pinjaman terbaik untuk mendekati dana.

2. Jagalah profil kredit Anda

Pemberi pinjaman biasanya melihat skor kredit pribadi pemilik bisnis saat mengevaluasi aplikasi pinjaman. Anda minimal harus memenuhi syarat skor minimal, agar dapat memenuhi syarat pinjaman.

3. Lakukan riset

Saat berbelanja untuk pinjaman usaha kecil, tentukan apakah bank Anda saat ini menawarkan pinjaman yang memenuhi kebutuhan Anda. Selanjutnya, teliti bank lain, serikat kredit, dan pemberi pinjaman online untuk membandingkan jumlah pinjaman yang tersedia, persyaratan pembayaran, dan tarif.

4. Kumpulkan dokumentasi yang diperlukan

Dokumentasi yang diperlukan bervariasi menurut pemberi pinjaman. Namun, biasanya data yang dibutuhkan adalah laporan 12 bulan dalam bank pribadi dan bisnis, pengembalian pajak setidaknya selama dua tahun dan perincian tentang pinjaman bisnis saat ini dan sebelumnya.

5. Ajukan aplikasi pinjaman resmi

Setelah Anda meneliti pinjaman usaha kecil terbaik dan mempersiapkan bisnis Anda untuk uji tuntas, Anda dapat mengajukan aplikasi pinjaman formal. Prosesnya bervariasi menurut pemberi pinjaman.

Dalam memilih pinjaman usaha kecil, pastikan Anda memperhatikan berbagai faktor. Hal ini meliputi reputasi pemberi pinjaman, persyaratan kualifikasi, jumlah pinjaman yang tersedia, kecepatan penjaminan dan pendanaan, tingkat persentase tahunan dan biaya tambahan.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Bisnis Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Sedang Kembangkan Bisnis Digital? 4 Platform Ini Bisa Membantu Anda 1 year ago
OPINI: Memulai Bisnis Skala Kecil Menjanjikan di 2020 1 year ago
OPINI: Internet, Hanyut Psikologis dan ZMOT dalam Pendidikan 1 year ago
OPINI: Dewi Sri Membutuhkan Pemasaran Sosial 1 year ago
OPINI: Menggapai Peringkat 50 Kemudahan Berbisnis 1 year ago

Berita Pilihan

Gawat! Kemelut UU Cipta Kerja Berpotensi Bebani Sentimen Investor Modena Call Center, Siap Berikan Layanan Terlengkap Untuk Konsumen Indonesia Transformasi Human Capital Indonesia dengan Koridor AKHLAK JELAJAH MAGELANG: Lapak Pilar PKK Milenial, Wadah Pemasaran UMKM Kecamatan Tempuran Belum Banyak Eksportir di DIY Manfaatkan SKA-DAB
Berita Terbaru
Parag Agrawal Bos Ditunjuk Jadi CEO Twitter di Usia 37 Tahun 11 hours ago
Catat! Hari ini Terakhir, Segera Tukar Kartu Debit BCA atau Diblokir 11 hours ago
Kinerja APBN di DIY Capai 79,97 Persen hingga Oktober 2021 12 hours ago
PLN UP3 Yogyakarta Terus Jaga Kualitas Pelayanan 22 hours ago
Peserta Honda CBR Track Day Yogyakarta Serbu Mandala Krida 1 day ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Sasar Pelajar dan Mahasiswa, AXIS Dukung Vaksinasi Covid-19 di Sumbar 1 day ago
Ada Isu Penggugur Momentum, Kenaikan Kinerja Saham Tak Terjadi di Desember? 2 days ago
Simpanan Nasabah Tumbuh Rp7.301 Triliun per Oktober 2 days ago
AirAsia Buka Lagi 9 Rute & Tambah Rp10.000 Gratis Bagasi 3 days ago
Horison Hotels Yogyakarta Salurkan Bantuan Melalui Horison Peduli 3 days ago