HomeEkbis

Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Jika Ingin Jadi Pengusaha Kos-kosan

Oleh:Jessica Gabriela Soehandoko
18 Oktober 2021 - 15:07 WIB

Rumah indekos - Istimewa

Harianjogja.com, JAKARTA – Rumah indekos atau kos-kosan sangat dibutuhkan terutama di daerah perkotaan ataupun di daerah dekat kampus. 

Dengan menerapkan beberapa tips dan strategi yang baik, bisnis kos-kosan dapat menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda. Bisnis ini termasuk dalam bisnis properti dan terbukti dapat memberikan hasil.

Selain itu, hal ini mengingat dengan penerapan tatap muka dalam bekerja atau kuliah, walaupun tidak sepenuhnya. Anda dapat mempersiapkan bisnis ini, sambal menunggu kasus Covid-19 di Indonesia sudah sangat menurun.

Untuk tipsnya, berikut 8 tips yang dapat Anda terapkan dalam mempersiapkan bisnis kos-kosan, yang dilansir dari berbagai sumber dan telah dirangkum oleh Bisnis.

1. Lakukan riset

Dalam tahapan ini, pilihlah lokasi yang strategis. Anda perlu melakukan survey pada beberapa lokasi dan pastikan apakah lokasi tersebut dekat dengan perkantoran, lingkungan kampus, atau dekat dengan pusat pemberlanjaan. Dengan lokasi yang strategis, maka penyewa akan menjadi lebih banyak dan memiliki harga sewa yang lebih bersaing.

2. Perhatikan harga dan fasilitas

Pastikan fasilitas yang Anda tawarkan sesuai dengan harga yang juga Anda tawarkan. Sebagai contoh, Anda dapat memberikan harga sewa yang cukup tinggi dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Contohnya seperti telah menggunakan AC, kamar mandi dalam, memiliki water heater, keamanan yang tinggi, parkiran yang luas, dan lain-lainnya. Pastikan Anda memberikan fasilitas yang sesuai dengan target market Anda.

3. Pastikan harga kos sesuai dengan rata-rata

Selain dengan memperhatikan fasilitas, Anda juga perlu memperhatikan harga kos yang Anda tawarkan sesuai dengan harga pasar. Hindari harga yang terlalu murah atau terlalu mahal. Hal ini agar para calon kos tidak beralih dari kos-kosan Anda.

4. Perhatikan tampilan dan kebersihan kos Anda

Kedua hal ini menjadi hal yang dapat menarik perhatian para calon kos. Dengan tampilan yang indah pada kos Anda dan selalu memperhatikan kebersihan kos Anda akan menjadi poin penting dalam kenyamanan. Hal ini juga menjadi poin penting bagi para calon kos.

5. Memperhatikan keamanan

Keamanan juga menjadi salah satu aspek yang penting untuk Anda. Anda bahkan juga perlu memperhatikan hal ini saat melakukan survey lokasi. Selanjutnya Anda dapat menerapkan peraturan khusus seperti hanya untuk gender tertentu dan menerapkan penjaga kos yang memiliki sifat seperti security.

6. Berikan pelayanan khusus

Dengan memberikan pelayanan yang berbeda, maka kos-kosan Anda dapat menjadi pertimbangan bagi para calon kos. Hal ini meliputi memberikan fasilitas laundry, layanan untuk mengantar para mahasiswa ke tempat kos dan lain-lainnya.

7. Ramah dengan penghuni kos yang lain

Walaupun Anda berbisnis kos yang akan bersaing dengan kompetitor lainnya, maka Anda perlu bersikap ramah dengan lainnya. Hal ini agar Anda dapat saling merekomendasikan, terutama jika kos-kosan Anda penuh.

8. Iklankan kos-kosan Anda

Anda dapat mengiklankan kos-kosan Anda di internet dan di sosial media Anda. Hal ini dikarenakan majunya jaman teknologi dan banyaknya orang yang mencari kos-kosan melalui internet. Anda juga dapat mendaftarkan kos-kosan Anda di situs khusus untuk memasarkan kos.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Bisnis Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Sedang Kembangkan Bisnis Digital? 4 Platform Ini Bisa Membantu Anda 1 year ago
OPINI: Memulai Bisnis Skala Kecil Menjanjikan di 2020 1 year ago
OPINI: Internet, Hanyut Psikologis dan ZMOT dalam Pendidikan 1 year ago
OPINI: Dewi Sri Membutuhkan Pemasaran Sosial 1 year ago
OPINI: Menggapai Peringkat 50 Kemudahan Berbisnis 1 year ago

Berita Pilihan

Gawat! Kemelut UU Cipta Kerja Berpotensi Bebani Sentimen Investor Modena Call Center, Siap Berikan Layanan Terlengkap Untuk Konsumen Indonesia Transformasi Human Capital Indonesia dengan Koridor AKHLAK JELAJAH MAGELANG: Lapak Pilar PKK Milenial, Wadah Pemasaran UMKM Kecamatan Tempuran Belum Banyak Eksportir di DIY Manfaatkan SKA-DAB
Berita Terbaru
Parag Agrawal Bos Ditunjuk Jadi CEO Twitter di Usia 37 Tahun 10 hours ago
Catat! Hari ini Terakhir, Segera Tukar Kartu Debit BCA atau Diblokir 10 hours ago
Kinerja APBN di DIY Capai 79,97 Persen hingga Oktober 2021 12 hours ago
PLN UP3 Yogyakarta Terus Jaga Kualitas Pelayanan 22 hours ago
Peserta Honda CBR Track Day Yogyakarta Serbu Mandala Krida 1 day ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Sasar Pelajar dan Mahasiswa, AXIS Dukung Vaksinasi Covid-19 di Sumbar 1 day ago
Ada Isu Penggugur Momentum, Kenaikan Kinerja Saham Tak Terjadi di Desember? 2 days ago
Simpanan Nasabah Tumbuh Rp7.301 Triliun per Oktober 2 days ago
AirAsia Buka Lagi 9 Rute & Tambah Rp10.000 Gratis Bagasi 3 days ago
Horison Hotels Yogyakarta Salurkan Bantuan Melalui Horison Peduli 3 days ago