HomeEkbis

JELAJAH MAGELANG: Lapak Pilar PKK Milenial, Wadah Pemasaran UMKM Kecamatan Tempuran

Oleh:Nina Atmasari
18 November 2021 - 14:07 WIB

Galeri offline Lapak Pilar PKK Milenial di lantai 2 Gedung Kecamatan Tempuran, Magelang. - Ist

Harianjogja.com, MAGELANG-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang berinovasi membuat wadah untuk pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah ini. Wadah yang dirintis sejak awal 2020 ini dinamakan Lapak Pilar PKK Milenial.

Koordinator Pokok Kerja (Pokja) II PKK Kecamatan Tempuran, Andrian Pramujito menjelaskan Lapak Pilar PKK Milenial menjadi ruang transaksi jual beli produk-produk UMKM di Kecamatan Tempuran. "Wadah ini didesain dalam bentuk offline dan online," jelasnya, Rabu (17/11/2021).

Sistem offline berupa galeri UMKM yang dibuka di lantai 2 Gedung Kecamatan Tempuran. Ada ruang khusus untuk galeri produk UMKM yang bisa dilihat tamu yang datang ke kantor Kecamatan Tempuran. Harapannya mereka melihat dan lebih lanjut berbelanja produk-produk tersebut.

Adapun sistem online berupa menghimpun para pelaku usaha UMKM tersebut dalam sebuah wadah grup media sosial. Mereka bisa mempromosikan dan saling bekerjasama dengan pelaku usaha lain yang terkait.

Baca juga: Syukurlah...Sempat Didera 2 Klaster, Covid-19 di Sleman Berhasil Ditekan

"Kami juga membuatkan sistem transaksi online melalui media sosial seperti instagram dan facebook. Ada pula layanan pengantaran pesanan. Arah ke depan, kami ingin membuat sebuah aplikasi digital untuk jual beli online khusus UMKM dari Tempuran," jelas Andrian.

Di Kecamatan Tempuran, Andrian menyebutkan ada hampir seribu produk UMKM yang sudah terhimpun. Dari jumlah itu baru sekitar 300 yang masuk ke Lapak Pilar PKK Milenial. Di wadah ini, pelaku usaha tidak hanya dibantu penjualan, tetapi juga bisa berkonsultasi dan didampingi untuk peningkatan kualitas produk, desain label, kemasan, konsultasi gratis hingga promosi bahkan dengan membuat video.

Sejumlah produk dari UMKM di Tempuran ini berupa kerajinan bambu, fashion, kaus khas Tempuran, makanan kering, pamflet dan lainnya. Adapun untuk makanan basah, di galeri disediakan foto dan katalog sehingga konsumen yang menginginkan bisa memesan langsung ke pelaku usahanya.

"Setiap pelaku usaha yang melakukan transaksi diminta untuk mengisi form digital yang bertujuan untuk memantau perkembangan usaha UMKM tersebut," tambah Andrian.

Inovasi Lapak Pilar Milenial PKK Milenial ini berhasil memenangkan Lomba Kreasi dan Inovasi (Krenova) Kabupaten Magelang 2021 sebagai juara ketiga. (ADV)

Tag: jelajah magelang Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Ini Cara Menjaga Kesehatan Finansial di 2022 Hujan Emas Roti Ropi Selamat Tinggal, Ini Deretan Ritel Modern yang Tutup pada 2021 Dukung Energi Terbarukan, 2 Perusahaan Besar DIY Teken Kontrak Pembelian REC PLN Pusmanpro Tuntas Supervisi 79 Proyek PLN, Sistem Kelistrikan RI Kian Kuat
Berita Terbaru
Bank BPD DIY Apresiasi kepada Kawasan Wisata Breksi 1 day ago
Gelegar Cuan PLN Mobile: Nikmati Manfaatnya, Dapatkan Hadiahnya 1 day ago
1.400 Karyawan Bank Bukopin Mengundurkan Diri, Ini Alasannya 1 day ago
Transaksi Digital Banking Nyaris Tembus Rp50 Kuadriliun Tahun Ini 2 days ago
Kembangkan Potensi Esports, Smartfren Jadi Sponsor Utama Tim Genesis Dogma 3 days ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Satu Lagi Pelanggan PLN UP3 Semarang Gunakan 100% EBT 3 days ago
Sinergi Atasi Tantangan Pembiayaan Ultra Mikro 4 days ago
Chinese Buffet Dinner: Journey of Flavor, Cita Rasa Kuliner Terbaik di Yogyakarta Kitchen 4 days ago
Begini Perhitungan Pajak UMKM Sesuai Aturan Terbaru 4 days ago
Ini Dia Kunci agar UMKM Bertahan saat Pandemi 4 days ago