HomeEkbis

Catat! Hari ini Terakhir, Segera Tukar Kartu Debit BCA atau Diblokir

Oleh:Rika Anggraeni
30 November 2021 - 10:47 WIB

Kartu Debit BCA - Dokumen BCA

Harianjogja.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menginformasikan kepada para nasabah untuk segera mengganti kartu debit atau kartu ATM lama tanpa chip paling lambat hari ini, Selasa (30/11/2021). 

Mengutip situs resmi perseroan, Selasa (30/11/2021), BCA mengumumkan bahwa efektif per 1 Desember 2021, kartu debit BCA non-chip, yang meliputi kartu ATM dan kartu debit tidak akan bisa digunakan lagi. Artinya, mulai Desember, kartu tersebut tidak bisa digunakan alias diblokir.

“Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan transaksi, lakukan penggantian kartu debit BCA non-chip ke kartu debit BCA sebelum 1 Desember 2021, jangan sampai kartu sudah tidak bisa digunakan. Selain tidak dikenakan biaya alias gratis, mengganti kartu debit BCA non chip ke kartu debit BCA chip pun mudah,” tulis laman resmi BCA, dikutip Selasa (30/11/2021).

BCA mengungkapkan bahwa penggantian kartu ATM ini untuk mendukung kebijakan Bank Indonesia yang mewajibkan penggunaan kartu debit berbasis chip untuk semua kartu yang diterbitkan di Indonesia.

“Kartu debit berteknologi chip lebih aman sehingga bisa mengurangi risiko pencurian data kartu,” jelasnya.

Selain itu, nasabah juga bisa melakukan transaksi debit online untuk berbelanja daring, berlangganan aplikasi musik dan film, serta membeli voucher game.

Penggantian kartu debit ke chip tidak dikenakan biaya alias gratis. Menariknya, mengganti kartu debit BCA non chip ke kartu debit BCA Chip pun mudah, yakni dapat melalui BCA mobile, Halo BCA, layanan customer service digital, maupun kantor cabang BCA.

Khusus untuk penggantian kartu melalui Halo BCA, terdapat biaya pengiriman kartu yang dibebankan senilai Rp20.000 atau US$1 atau SG$2 per kartu, sesuai dengan jenis mata uang dari rekening nasabah yang terhubung dengan kartu.

Sumber: JIBI/Bisnis Indonesia Tag: perbankan Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Bank Indonesia Ungkap Ada Upaya Pembobolan dari Peretas Ransomware 5 days ago
Kartu ATM Tertelan? Ini Cara Mudah Mengurusnya 1 week ago
Bank BPD DIY Sumbang 2.000 Bibit Kelengkeng untuk Penghijauan & Keberlangsungan Perekonomian Pariwisata Desa 1 week ago
Laba Usaha Bank Jateng Tumbuh 14,71 Persen, Rekor Tiga Tahun Terakhir 1 week ago
BRICafe, New Experience untuk Nasabah BRI 1 week ago

Berita Pilihan

Ini Cara Menjaga Kesehatan Finansial di 2022 Hujan Emas Roti Ropi Selamat Tinggal, Ini Deretan Ritel Modern yang Tutup pada 2021 Dukung Energi Terbarukan, 2 Perusahaan Besar DIY Teken Kontrak Pembelian REC PLN Pusmanpro Tuntas Supervisi 79 Proyek PLN, Sistem Kelistrikan RI Kian Kuat
Berita Terbaru
Bank BPD DIY Apresiasi kepada Kawasan Wisata Breksi 1 day ago
Gelegar Cuan PLN Mobile: Nikmati Manfaatnya, Dapatkan Hadiahnya 1 day ago
1.400 Karyawan Bank Bukopin Mengundurkan Diri, Ini Alasannya 1 day ago
Transaksi Digital Banking Nyaris Tembus Rp50 Kuadriliun Tahun Ini 2 days ago
Kembangkan Potensi Esports, Smartfren Jadi Sponsor Utama Tim Genesis Dogma 3 days ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Satu Lagi Pelanggan PLN UP3 Semarang Gunakan 100% EBT 3 days ago
Sinergi Atasi Tantangan Pembiayaan Ultra Mikro 4 days ago
Chinese Buffet Dinner: Journey of Flavor, Cita Rasa Kuliner Terbaik di Yogyakarta Kitchen 4 days ago
Begini Perhitungan Pajak UMKM Sesuai Aturan Terbaru 4 days ago
Ini Dia Kunci agar UMKM Bertahan saat Pandemi 4 days ago