HomeEkbis

Shopee Solo Creative & Innovation Hub Dibuka di Solo

Oleh:Bernadheta Dian Saraswati
06 Desember 2021 - 19:37 WIB

Persemian Shopee Solo Creative & Innovation Hub, di Solo Technopark, Senin (6/12/2021). - Istimewa

SOLO—Shopee meresmikan Shopee Solo Creative & Innovation Hub, Senin (6/12/2021). Hub yang berlokasi di Solo Technopark ini akan memfasilitasi generasi muda di Jawa Tengah untuk berjejaring dan bertukar pikiran demi menciptakan inovasi yang akan mendorong pemulihan ekonomi.

Di lokasi yang sama, hadir pula Garena Gaming & Community Hub, rumah bagi seluruh komunitas gaming Kota Solo untuk berkumpul, berkolaborasi, dan berkarya bersama dalam membuat acara gaming maupun menjalankan turnamen esports

Kehadiran Shopee Creative & Innovation Hub merupakan salah satu bagian dari dua fase pengembangan Solo Technopark yang akan dilakukan. Shopee dan Garena Hub hadir secara gratis dan terbuka untuk umum, serta akan menjadi bagian dalam cluster Technopreneurship dan akan menjadi katalis untuk memperkuat posisi Solo Technopark sebagai pusat inovasi dan vokasi, khususnya di Jawa Tengah.

Shopee Hub bersifat terbuka dan gratis bagi publik dan juga komunitas-komunitas sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas SDM. Di sisi lain, Garena juga menghadirkan gaming & community hub untuk meningkatkan potensi-potensi atlet esports lokal. Hadirnya komunitas e-sports juga dapat menjadi katalis tumbuhnya industri game di Jawa Tengah.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja turut hadir dalam peresmian meresmikan hub tersebut. 

"Saat ini disrupsi digital tengah terjadi sehingga kita harus melakukan akselerasi UMKM secara digital agar rakyat Indonesia bisa mengoptimalkan kekuatan ekonomi digital yang nilainya cukup besar yaitu Rp640 triliun. Bahkan di tahun 2025, diprediksi digital ekonomi Indonesia akan menjadi yang terbesar di ASEAN yaitu Rp1.700 triliun. Semoga Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark menjadi penting untuk perkembangan perekonomian Indonesia khususnya Solo," kata Teten melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Senin.

Sementara, Gibran Rakabuming berharap hub ini bisa membawa semangat baru bagi Solo Technopark. Solo Technopark didirikan 2014 lalu sebagai pusat ilmu pengetahuan untuk pemuda-pemudi Kota Solo. Perkembangan teknologi di era digital saat ini mengajarkan pentingnya integrasi yang diharapkan dapat menciptakan inovasi teknologi guna menstimulasi pemulihan ekonomi daerah.

"Kami sangat mengapresiasi Shopee dan Garena atas dukungannya dalam menghadirkan Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark yang membawa semangat baru untuk pusat inovasi ini. Harapan saya, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Solo untuk berkolaborasi dan menciptakan inovasi,” ujar dia.

Handhika Jahja mengaku bangga dapat menjadi bagian dari tempat berkumpulnya pelaku technopreneurship. “Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub ditujukan untuk memberikan wadah bagi generasi muda di Kota Solo dan sekitarnya untuk bisa bertukar pikiran demi menemukan solusi agar mampu beradaptasi dan bangkit serta berdaya. Di sisi lain, kami juga berharap keberadaan hub ini mampu berkontribusi untuk menghidupkan Solo Technopark yang inovatif dan berdaya saing internasional. Kolaborasi dan sinergi merupakan kunci pemulihan ekonomi, dan kami berharap hub baru di Solo ini bisa menjembatani kebutuhan ini,” jelasnya.

Direktur Garena Indonesia, Hans Saleh menyambut seluruh komunitas gaming termasuk para pemain gim dan penggiat esports di Kota Solo, melalui peresmian ini. “Sebagai bentuk nyata komitmen Garena untuk mengembangkan industri game dan esports Indonesia, kami menghadirkan Garena Gaming & Community Hub. Diharapkan fasilitas yang disediakan dapat mendukung tumbuh kreativitas para generasi muda yang ingin berkarya di dunia gaming,” jelasnya.

Di Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub ini terdapat fasilitas ruang kolaborasi, kedai kopi dan fasilitas lain yang dihadirkan seperti Area Inovasi, Area Eksplorasi, Area Mabar (main bareng), Area Nobar (nonton bareng).

Warga dan pelaku UMKM Kota Solo yang ingin datang dan berkolaborasi di Shopee Solo Creative & Innovation Hub ini dapat langsung datang ke hub ini dengan menyiapkan aplikasi Peduli Lindungi. (*)

 

Sumber: Siaran Pers Tag: Shopee Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Ini Cara Menjaga Kesehatan Finansial di 2022 Hujan Emas Roti Ropi Selamat Tinggal, Ini Deretan Ritel Modern yang Tutup pada 2021 Dukung Energi Terbarukan, 2 Perusahaan Besar DIY Teken Kontrak Pembelian REC PLN Pusmanpro Tuntas Supervisi 79 Proyek PLN, Sistem Kelistrikan RI Kian Kuat
Berita Terbaru
Bank BPD DIY Apresiasi kepada Kawasan Wisata Breksi 3 hours ago
Gelegar Cuan PLN Mobile: Nikmati Manfaatnya, Dapatkan Hadiahnya 3 hours ago
1.400 Karyawan Bank Bukopin Mengundurkan Diri, Ini Alasannya 19 hours ago
Transaksi Digital Banking Nyaris Tembus Rp50 Kuadriliun Tahun Ini 1 day ago
Kembangkan Potensi Esports, Smartfren Jadi Sponsor Utama Tim Genesis Dogma 2 days ago

Terpopuler

Anggota DPR Fraksi PDIP: Tax Amnesty Malah Ciptakan Paham untuk Tak Patuh Pajak BBM BARU : Dexlite Lebih Murah dan Berkualitas, Mau Coba? Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir Indonesia-Malaysia Segera Perdagangkan Energi Listrik Inflasi Jogja Diprediksi Mereda
Satu Lagi Pelanggan PLN UP3 Semarang Gunakan 100% EBT 2 days ago
Sinergi Atasi Tantangan Pembiayaan Ultra Mikro 3 days ago
Chinese Buffet Dinner: Journey of Flavor, Cita Rasa Kuliner Terbaik di Yogyakarta Kitchen 3 days ago
Begini Perhitungan Pajak UMKM Sesuai Aturan Terbaru 3 days ago
Ini Dia Kunci agar UMKM Bertahan saat Pandemi 4 days ago