Ekbis

Kantor Bea Cukai Yogyakarta Pelajari Pentingnya Siaran Pers

Penulis: Media Digital
Tanggal: 07 Desember 2021 - 07:07 WIB
Tangkapan layar kegiatan Workshop Fotografi dan Jurnalistik secara daring yang diselenggarakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B (KPPBC TMP B) Yogyakarta dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia), Senin (6/12/2021). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

JOGJA - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B (KPPBC TMP B) Yogyakarta menggelar kegiatan Workshop Fotografi dan Jurnalistik bagi para pegawai, Senin (6/12/2021). Kegiatan secara daring ini dilaksanakan dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia).

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP B, Joko Santoso mengatakan rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi di lingkungan KPPBC TMP B sudah dimulai sejak pekan lalu. Dan pekan ini dilanjutkan dengan Workshop Fotografi dan Jurnalistik dengan pembicara dari Harian Jogja.

“Tujuan workshop ini untuk memberi bekal bagi pegawai Bea Cukai dalam menyajikan berita menarik, menyampaikan informasi yang jelas, didukung dengan gambar yang baik,” jelas Joko membuka workshop tersebut.

Redaktur Pelaksana Harian Jogja Nugroho Nurcahyo (Popon) yang menjadi pembicara pertama menyampaikan pentingnya press release atau siaran pers bagi institusi pemerintahan. Ia menyoroti sejauh ini website institusi pelat merah belum menyajikan kanal khusus untuk siaran pers, padahal keberadaannya bisa sebagai penyegaran informasi dari institusi yang bersangkutan.

Di Amerika Serikat, kata Popon, Boeing dan U.S. Customs and Border Pretection sudah menyajikan siaran pers baru setiap harinya. Keberadaan kanal khusus itu sangat dibutuhkan awak media sebagai bahan pemberitaan. “Jurnalis akan senang karena press release itu akan lebih legitimate [resmi],” tegas dia.

Terkait kapan siaran pers dibutuhkan, Popon menjelaskan institusi bisa kapan saja merilis siaran pers selama memiliki informasi yang penting untuk dibagikan. Seperti pengumuman, launching produk baru atau program baru, kerja sama, prestasi atau penghargaan, hasil riset, adanya pimpinan baru, atau saat institusi mengadakan acara. “Acara yang melibatkan jumlah massa besar, artis, atau banyak doorprize pasti akan menjadi perhatian media massa,” jelasnya.

Tidak hanya berbau berita positif, institusi juga penting untuk menanggapi kabar miring tentang institusinya yang sudah beredar di masyarakat. Siaran pers bisa menjadi wadah klarifikasi atau justru mengakui kekeliruan jika institusi merasa melakukan kesalahan. “Institusi akan lebih gentle dan akan lebih dihargai,” tegas Popon.

Dalam membuat siaran pers, institusi perlu membuat konetn yang unik dan signifikan, relevan dengan kebutuhan pembaca, dan memberikan nilai tambah.

Pembicara kedua yakni Herlambang Jati Kusumo menjelaskan seputar fotografi. Ia menyampaikan fotografi jurnalistik harus memiliki nilai berita, sesuai fakta atau prinsip jurnalistk, dan dilengkapi dengan keterangan foto (caption). Salah satu reporter Harian Jogja ini juga menjelaskan teknik dasar fotografi seperti teknik pencahayaan hingga teknik gerak.

Workshop tersebut tidak hanya diikuti pegawai dari KPPBC TMP B Yogyakarta tetapi juga dari Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai Jateng-DIY, KPPBC TMP B Bandar Lampung, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, KPPBC TMP A Semarang, KPPBC TMP C Magelang, KPP Pratama Salatiga, dan juga Kantor Bea Cukai Dumai, Riau. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

KEGIATAN PENDIDIKAN Guru MAN 2 Sleman Belajar Menulis Opini
Dukung Pencegahan Kekerasan Perempuan dan Anak, Dosen UMY Gelar Pelatihan Literasi Media pada PCA Ngampilan
Tokopedia dan Tiktok Latih 60 Pelaku UKM DIY Kembangkan Bisnis Digital
Dinkes Dorong Penjamah Makanan Punya Sertifikat Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Naik 10%, Volume Kendaraan Diprediksi sampai 9 Juta di Solo saat Lebaran 2024
  2. Berbagi Kebahagiaan, Tuntas Subagyo Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sukoharjo
  3. Kabar Gembira Persis Solo, Irfan Jauhari Merumput Lagi setelah Absen Semusim
  4. Menang Pilpres, 9 Parpol Koalisi Indonesia Maju di Klaten Bertemu Bahas Pilkada

Berita Terbaru Lainnya

Tak Melulu dalam Bentuk Tarif, Ini Bentuk Lain Kartel Tiket Pesawat Menurut KPPU
Hore! Khusus di Jawa, Pertashop Diizinkan Menjual Pertalite
Mulai Ada Panen, Bulog DIY Serap Beras Dalam Negeri
Begini Rasanya Jadi Dokter Hewan Sekaligus Pengusaha
Negosiasi Kepemilikan Freeport Ditargetkan Rampung Juni 2024, Jokowi: Yakin Dapat 61 Persen
BPD DIY Jadi Tuan Rumah Safari Tarawih bersama FKIJK DIY
Layanan Penukaran Uang Rupiah Bakal Tersedia di Jalur Mudik
Antisipasi Peningkatan Jumlah Pemudik, Pertamina Tambah Stok BBM
Wajib Daftar di Aplikasi PINTAR, Penukaran Uang Baru untuk Lebaran Dibatasi Rp4 Juta per Orang
MBPI DIY Minta Pengusaha Bayarkan THR untuk PRT, Ojol, dan Buruh yang Dirumahkan