Ekbis

Kemenhub Cabut Larangan Terbang Boeing 737-8

Penulis: Newswire
Tanggal: 28 Desember 2021 - 20:27 WIB
Ilustrasi Boeing - Is/Stuff

Harianjogja.com, JAKARTA— Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan mencabut larangan terbang bagi seluruh pesawat Boeing 737-8 (737MAX) di Indonesia. Dengan demikian, pesawat Boeing 737MAX dapat kembali beroperasi di Indonesia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, menyatakan kemenhub telah melakukan koordinasi, dengan otoritas dan operator penerbangan dari berbagai dunia, khususnya ASEAN untuk mengizinkan kembali pengoperasipnal Pesawat 737 Max.


“Hingga saat ini, beberapa negara telah mengijinkan kembali pengoperasian pesawat Boeing 737MAX. Mengikuti perkembangan itu, kami tengah melakukan persiapan untuk menerbitkan surat pencabutan larangan beroperasi bagi pesawat Boeing 737MAX," kata Novie Riyanto, dalam keterangan resmi, Selasa (28/12/2021).


Menurut dia, Kemenhub telah melakukan evaluasi teknis terhadap perubahan desain flight control dan evaluasi beban kerja pilot untuk pesawat Boeing 737MAX, di Simulator Boeing Flight Service bertempat di Singapura.
“Kegiatan itu, dihadiri perwakilan Otoritas Penerbangan Sipil Amerika Serikat (FAA) di Singapura, Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS), Boeing, dan juga dihadiri secara virtual oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, FAA dan Boeing Seattle,” ungkap Novie Riyanto.


Selama proses evaluasi, dilaksanakan penyamaan persepsi, terutama untuk perubahan desain flight control dan dilakukan juga uji terbang, menggunakan simulator Boeing 737MAX. “Beberapa operator penerbangan, menyatakan telah melaksanakan perintah kelaikudaraan untuk pesawat Boeing 737MAX, sesuai dengan ketentuan FAA dan akan mempersiapkan pelatihan dan simulator di fasilitas terdekat, yaitu di Singapura,” tutur Novie.


Dia menyampaikan, pihaknya tidak mengadopsi prosedur pencabutan CB Stick Shaker, yang dapat menghilangkan gangguan kepada pilot dan berpotensi menambah beban kerja pilot serta dapat menurunkan keselamatan.
“Kami minta, ketentuan yang telah ditetapkan, bisa operator penerbangan, dan kepada seluruh regulator penerbangan untuk berkomitmen dalam pemenuhan ketentuan keselamatan tersebut, sebelum pesawat Boeing 737MAX kembali beroperasi di Indonesia,” kata Novie.

Selain itu, Kemenhub akan menerbitkan Perintah Kelaikudaraan dan mengeluarkan surat pencabutan larangan terbang Pesawat Boeing 737MAX di ruang udara Indonesia akan mengeluarkan surat edaran kepada Operator penerbangan pengguna pesawat Boeing 737MAX, untuk memenuhi semua aspek kelaikudaran, pengoperasian dan keamanan pesawat Boeing 737MAX. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada FAA dan Boeing, yang terus mendukung secara berkelanjutan, dalam persiapan pencabutan larangan beroperasi pesawat Boeing 737MAX,” ungkap Novie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Pesawat Pilatus Milik Smart Aviation Jatuh di Nunukan Kaltara, Ini Spesifikasi Mesinnya
Seorang Korban Pesawat Smart Aviation di Nunukan Kalimantan Utara Ditemukan Selamat
Insiden Pilot Batik Air Tertidur Saat Bertugas, Butuh Solusi Bukan Hanya Sanksi
Pesawat Smart Aviation Jatuh: Tim SAR Gabungan Kembali Lakukan Pencarian di Minggu Pagi

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Bursa Pilgub Jateng 2024: Kapolda dapat Dukungan Kadin & Pengusaha Muda Batang
  2. Begini Cara Mengatasi Rasa Sedih setelah Liburan Selesai
  3. Ingat Kiat SANTAI untuk Jaga Kesehatan seusai Lebaran Menurut Dokter
  4. 10 Twibbon Hari Kartini 21 April 2024, Cocok Dijadikan Status WhatsApp

Berita Terbaru Lainnya

InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang selama Lebaran 2024
BPKH Siapkan Uang Saku untuk Jemaah Calon Haji Lewat BRI Rp665 Miliar
Sebagian Harga Bahan Kebutuhan Pokok Naik Tipis, Beras Melandai
Duh, Sebuah Bank Syariah Dinyatakan Bangkrut, Berikut Kronologinya
Rupiah Melemah, HIPMI Usulkan Ini kepada Pemerintah
AirAsia Batalkan Penerbangan ke Malaysia Akibat Erupsi Gunung Raung di Sitaro Sulut
Mark Zuckerberg Jadi Orang Terkaya Ke-3 di Dunia, Kalahkan Elon Musk
Kadin DIY: Pelemahan Rupiah Dongkrak Ekspor Bagi yang Bahan Bakunya Lokal
OJK Klaim Ketahanan Perbankan Terjaga di Tengah Pelemahan Rupiah
Pakar UGM Sebut Anjloknya Rupiah karena Faktor Global