News

Ini Dia Komponen yang Wajib Dicek Setelah Perjalanan Jauh

Penulis: Media Digital
Tanggal: 18 Januari 2022 - 09:07 WIB
Motor Honda - Ist

Berkendara menempuh jarak jauh dengan sepeda motor Honda kesayangan memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Menempuh perjalanan ratusan hingga ribuan kilometer dengan suguhan pemandangan alam yang mengesankan sembari memacu kendaraan mampu meningkatkan adrenalin yang membuat kita menjadi lebih bersemangat.

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro mengungkapkan bahwa melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang kita gunakan merupakan hal penting yang tidak boleh kita lewatkan.

“Pengecekan yang dilakukan merupakan bentuk perawatan yang bertujuan untuk mengembalikan performa sepeda motor agar tetap prima. Khususnya setelah digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Selain itu, kita juga harus melakukan pembersihan usai melewati cuaca dan debu sepanjang perjalanan," katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (18/1/2022). 

Perawatan sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah melalui jasa servis kendaraan di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) terdekat. Perawatan yang diberikan pun akan beragam tergantung pada jarak tempuh perjalanan yang kita lakukan. Apabila jarak tempuh yang kita lalui relatif pendek maka jenis perawatan yang bisa kita pilih adalah servis ringan berupa penggantian oli mesin untuk semua jenis motor dan pengecekan rantai pada tipe motor sport dan cub.

Baca juga: Astra Motor Jogja & Dealer Honda Gandeng Puluh Ribu Pengendara Dukung Semangat #Cari_Aman di Jalan Raya

Sedangkan apabila kita menempuh perjalanan jauh maka komponen yang harus diservis lebih banyak.

1. Bagian mesin

Menempuh perjalanan jarak jauh tentunya akan berpengaruh terhadap performa mesin sepeda motor kesayangan kita. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan pengecekan terhadap dapur pacu. Service atau tune up meliputi pengaturan klep, penggantian oli mesin, melakukan pengecekan atau penggantian busi, serta pembersihan terhadap karburator atau injektor. Selain itu, kita juga perlu melakukan pengaturan kembali jarak main kopling, serta memeriksa air radiator.

2. Bagian kaki-kaki dan pengereman

Pengecekan harus dilakukan untuk memastikan tidak ada kebocoran pada suspensi/shockbreaker. Kondisi laher roda dan laher kemudi juga perlu dipastikan tidak aus. Selanjutnya, pengecekan dilakukan terhadap kondisi ban. Kita perlu memeriksa kondisi ketebalan dan alur ban, serta segera menggantinya jika sudah di batas tread wear indicator (TWI). Pastikan ban memiliki tekanan angin yang cukup sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan motor atau ban. Selain itu, pengecekan juga perlu dilakukan terhadap sistem pengereman. Pastikan bahwa kampas dan oli rem dalam kondisi baik sehingga dapat berfungsi normal.

3. Kelistrikan

Kelistrikan menjadi komponen yang juga perlu dicek setelah berkendara jauh. Headlamp, stoplamp, dan sein menjadi sejumlah komponen yang harus kita pastikan tetap berfungsi normal. Pastikan kutub pada aki tidak berkerak, tidak ada karat pada penyambung kabel, dan seluruh sambungan terhubungan dengan baik.

Upaya memastikan bahwa sepeda motor kesayangan kita tetap dalam kondisi prima setelah menempuh perjalanan jauh dapat dilakukan dengan melakukan perawatan di bengkel AHASS terdekat. Pemeriksaan menyeluruh dilakukan oleh mekanik profesional dan berpengalaman dapat menjamin sepeda motor dan seluruh komponennya menunjang keamanan dan keselamatan kita dalam berkendara. *

Berita Terkait

Junior GP Perdana, Fadillah Arbi Aditama Jadi Pebalap Andalan Astra Honda
Astra Motor Jogja Kobarkan Semangat #Cari_Aman Sambut Hari Kartini 2022
Lomba Jurnalistik Astra Digelar Lagi, Ini Tema yang Bisa Dipilih
Genio Fun Day Hadir di Jogja City Mall

Berita Lainnya

  1. Disdikbud-TACB Sukoharjo Kaji 5 Objek Diduga Cagar Budaya, Ini Listnya
  2. Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (21/5/2022): Filmnya Keren-keren Hlo
  3. Lirik Lagu Lara – Difki Khalif feat Ariel Noah
  4. Dekorasi Pernikahan Adik Jokowi-Ketua MK di Solo Berkonsep Jawa Klasik

Berita Terbaru Lainnya

Tingkatkan Daya Saing Generasi Muda, Telkom Hadirkan Digitalisasi Pendidikan di Tarutung
Tunggu Insentif Pajak Kelar, Pengembang Tunda Kenaikan Harga Rumah
PLN Sabet 4 Penghargaan BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2022 
Tarif Listrik Pelanggan 3.000 VA Naik, Industri Tekstil Menjerit
Puluhan Bartender Beradu Racik Cocktail di Artotel
Kampanyekan Koperasi kepada Anak Milenial, Pemkot Jogja Gelar Lomba Tangkas Terampil
Jokowi Akhirnya Buka Lagi Keran Ekspor Minyak Goreng, Ini Alasannya!
Lega, Pertamina Pastikan Harga Pertalite dan Elpiji 3 Kg Tak Naik
Presidensi G20 Mampu Geliatkan Pariwisata di DIY
Harga Rumah Tinggal Kian Mahal, DIY Masuk 3 Besar se-Indonesia