HomeEkbis

Transaksi Digital Banking Nyaris Tembus Rp50 Kuadriliun Tahun Ini

Oleh:Maria Elena
23 Januari 2022 - 16:27 WIB

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan keterangan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (20/2/2020). Bisnis - Abdurachman

Harianjogja.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi digital banking menungkat signifikan, sebesar 45,64 persen secara tahunan menjadi Rp39.841,4 triliun pada 2021.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo usai Rapat Dewan Gubernur, Kamis (20/1/2022).

Perry memproyeksikan, nilai transaksi digital banking akan semakin meningkat pada 2022, namun dengan pertumbuhan yang tidak setinggi 2021.

“Diproyeksikan [nilai transaksi digital banking] tumbuh 24,83 persen secara tahunan mencapai Rp49.733,8 triliun untuk tahun 2022,” katanya.

Sejalan dengan itu, BI mencatat nilai transaksi uang elektronik (UE) tumbuh 49,06 persen secara tahunan mencapai Rp305,4 triliun pada 2021.

BI pun memproyeksikan nilai transaksi UE meningkat 17,13 persen secara tahunan hingga mencapai Rp357,7 triliun untuk tahun 2022.

Peningkatan transaksi ekonomi dan keuangan digital tersebut berkembang pesat seiring meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital, serta akselerasi digital banking.

Perry mengatakan, BI akan terus melanjutkan digitalisasi sistem pembayaran untuk mendorong pemulihan ekonomi dan mempercepat pembentukan ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif.

Di sisi tunai, BI mencatat uang kartal yang diedarkan (UYD) pada Desember 2021 meningkat sebesar 6,78 persen mencapai Rp959,8 triliun.

“Pada 2022, BI akan terus mendorong inovasi sistem pembayaran, menjaga kelancaran dan keandalan sistem pembayaran, serta memperkuat koordinasi antar kementerian/lembaga untuk memastikan ketersediaan uang rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI,” kata Perry.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Uang Digital Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Masjid Jadi Sasaran Pencurian, Kemenag Gunungkidul Kembangkan Infaq Digital 1 week ago
Wow! Naik bus TransJogja Pakai QRIS Bayar Cuma Satu Rupiah 3 weeks ago
Tesla Akan Tambang Bitcoin 1 month ago
BPD DIY Dukung Penuh Transaksi Digital di Kampoeng Ramadan Jogokariyan 1 month ago
Transaksi Uang Elektronik Diproyeksi Capai Rp357 Triliun 2 months ago

Berita Pilihan

Piawai di Lapangan Hijau, Mantan Pemain Bola Ini Sukses di Bisnis Pakaian Airlangga Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Tetap Tinggi Sepanjang 2022 Awal Tahun 2022, Telkom Bukukan Pendapatan Konsolidasi Rp35,2 Triliun Libur Lebaran Berakhir, Harga Emas Turun Junior GP Perdana, Fadillah Arbi Aditama Jadi Pebalap Andalan Astra Honda
Berita Terbaru
Presidensi G20 Mampu Geliatkan Pariwisata di DIY 14 hours ago
Harga Rumah Tinggal Kian Mahal, DIY Masuk 3 Besar se-Indonesia 18 hours ago
Perempuan Terus Didorong Berperan Dukung Perekonomian 18 hours ago
Diakui Dunia, IDCamp Menangi PR Awards 2022 19 hours ago
Setelah Lebaran, Warga Jogja Makin Ramai Beli Emas 21 hours ago

Terpopuler

Setelah Lebaran, Warga Jogja Makin Ramai Beli Emas Perempuan Terus Didorong Berperan Dukung Perekonomian Diakui Dunia, IDCamp Menangi PR Awards 2022 Presidensi G20 Mampu Geliatkan Pariwisata di DIY Harga Rumah Tinggal Kian Mahal, DIY Masuk 3 Besar se-Indonesia
DJP DIY Sita Belasan Miliar Rupiah dan Barang Mewah 1 day ago
Ekonomi Pulih, Penjualan Sepeda Motor Malah Drop, Kenapa? 1 day ago
BPD DIY dan UAD Perluas Kerja Sama, Layanan Digital Jadi Fokus 1 day ago
Siap Ekspansi Bisnis, Roti Popi Sasar Dubai 2 days ago
Tanda-Tanda Kenaikan Pertalite hingga Tarif Listrik Belum Terlihat, Jadi atau Tidak? 2 days ago