HomeEkbis

Bank BPD DIY Apresiasi kepada Kawasan Wisata Breksi

Oleh:Media Digital
24 Januari 2022 - 14:47 WIB

Pada hari Minggu (23/1/2022), Bank BPD DIY memberikan apresiasi kepada kawasan wisata Tebing Breksi yang telah mampu menunjukkan prestasinya sebagai kawasan wisata dengan transaksi digital terbaik di DIY. - Ist

Bank BPD DIY terus berupaya hadir di setiap aktivitas ekonomi, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat. Kehadiran dan kontribusi Bank BPD DIY makin memperteguh komitmennya sebagai bagian dari agen pembangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam rangka itulah, Bank BPD DIY terus melakukan sinergi digitalisasi bersama sektor-sektor aktivitas ekonomi masyarakat. Tak terkecuali dengan kawasan wisata di DIY. Sinergi tersebut dimaksudkan untuk menciptakan ekosistem digital di dalam masyarakat guna menjadikan transaksi non-tunai sebagai sarana perantara utama kegiatan ekonomi.

Pada hari Minggu (23/1/2022), Bank BPD DIY memberikan apresiasi kepada kawasan wisata Tebing Breksi yang telah mampu menunjukkan prestasinya sebagai kawasan wisata dengan transaksi digital terbaik di DIY.

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad menyampaikan bahwa kawasan wisata Tebing Breksi saat ini sudah mampu berproses menjadi kawasan yang menerapkan ekosistem digital. Lebih jauh diungkapkannya, jika kita mengunjungi Tebing Breksi, kita sudah mulai bisa melakukan pembayaran digital sejak parkir dan membayar tiket masuk melalui QRIS.

Selain itu, pengunjung pun bisa menikmati jeep wisata yang mengelilingi kawasan Tebing Breksi atau menggunakan jasa foto para fotografer yang biasa mangkal di kawasan wisata tersebut. Semuanya pembayarannya pun bisa dilakukan melalui QRIS.

Ekosistem digital pun terus berkembang melalui rantai pasokan (supply chain) yang terhubung dengan usaha kecil mikro yang berada di kawasan wisata tersebut.

Oleh karena itu, ekosistem digital akan terus dikembangkan melalui kelompok-kelompok pelaku wisata di kawasan ini. Mereka bisa mengakses kredit usaha rakyat (KUR) maupun kredit pemberdayaan ekonomi daerah (Pede). Kredit Pede adalah kredit besutan Bank BPD DIY yang memfasiltasi usaha super mikro dengan proses sangat mudah dan murah.

Melalui digitalisasi, pengumpulan uang dan pembayaran angsuran kredit bisa dilakukan melalui kanal digital yang disediakan Bank BPD DIY, di antaranya Mobile Banking Bank BPD DIY.

Selain itu, sebelumnya, melalui kerjasama antara Bank Indonesia, Bank BPD DIY, dan Dinas Pariwisata DIY telah berhasil dikembangkan layanan pembayaran non-tunai melalui aplikasi Visiting Jogja. Melalui aplikasi berbasis Android tersebut, wisatawan dapat melakukan pemesanan tiket masuk destinasi wisata dengan mudah secara online. Visiting Jogja pun telah teruntegrasi dengan QRIS Bank BPD DIY, sehingga reservasi tiket dapat dilakukan secara online melalui scan QRIS yang diterbitkan Bank BPD DIY.

Santoso Rohmad berharap, keberhasilan kawasan wisata Tebing Breksi ini mampu menginspirasi kawasan wisata lain untuk menerapkan digitalisasi, terutama dalam memberikan layanan kepada para wisatawan. Harus disadari bahwa transformasi pelaku ekonomi menuju digitalisasi bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sudah menjadi keharusan. Digitalisasi adalah keniscayaan.

Pandemi Covid 19 bahkan telah mengakselerasi adaptasi teknologi digital di berbagai bidang. Digitalisasi makin memainkan peran besar dalam kehidupan. Oleh karena itu, Bank BPD DIY siap memberikan fasilitasi digital tersebut kepada para pelaku ekonomi, termasuk pelaku wisata, agar ekonomi masyarakat semakin berkembang dan bergairah.

“Segala upaya akan kami lakukan untuk ikut mendukung pemulihan ekonomi, baik daerah maupun nasional. Bersama Bank BPD DIY, kita berkembang bersama” pungkas Santoso Rohmad.*

Tag: BPD DIY Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Bank BPD DIY Dukung Digitalisasi Perbankan Untuk Peningkatan Sektor Pariwisata 3 weeks ago
BPD DIY Targetkan Seluruh BUMKal di Gunungkidul Jadi Agen Laku Pandai 3 weeks ago
Bank BPD DIY Terus Gerakkan Perekonomian DIY 1 month ago
Pererat Kerjasama, PT Taspen (Persero) dan Bank BPD DIY Tandatangani Kerja Sama 1 month ago
CSR Bank BPD DIY Dukung Pengembangan Teras Malioboro 3 months ago

Berita Pilihan

Piawai di Lapangan Hijau, Mantan Pemain Bola Ini Sukses di Bisnis Pakaian Airlangga Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Tetap Tinggi Sepanjang 2022 Awal Tahun 2022, Telkom Bukukan Pendapatan Konsolidasi Rp35,2 Triliun Libur Lebaran Berakhir, Harga Emas Turun Junior GP Perdana, Fadillah Arbi Aditama Jadi Pebalap Andalan Astra Honda
Berita Terbaru
Presidensi G20 Mampu Geliatkan Pariwisata di DIY 14 hours ago
Harga Rumah Tinggal Kian Mahal, DIY Masuk 3 Besar se-Indonesia 18 hours ago
Perempuan Terus Didorong Berperan Dukung Perekonomian 18 hours ago
Diakui Dunia, IDCamp Menangi PR Awards 2022 19 hours ago
Setelah Lebaran, Warga Jogja Makin Ramai Beli Emas 21 hours ago

Terpopuler

Setelah Lebaran, Warga Jogja Makin Ramai Beli Emas Perempuan Terus Didorong Berperan Dukung Perekonomian Diakui Dunia, IDCamp Menangi PR Awards 2022 Presidensi G20 Mampu Geliatkan Pariwisata di DIY Harga Rumah Tinggal Kian Mahal, DIY Masuk 3 Besar se-Indonesia
DJP DIY Sita Belasan Miliar Rupiah dan Barang Mewah 1 day ago
Ekonomi Pulih, Penjualan Sepeda Motor Malah Drop, Kenapa? 1 day ago
BPD DIY dan UAD Perluas Kerja Sama, Layanan Digital Jadi Fokus 1 day ago
Siap Ekspansi Bisnis, Roti Popi Sasar Dubai 2 days ago
Tanda-Tanda Kenaikan Pertalite hingga Tarif Listrik Belum Terlihat, Jadi atau Tidak? 2 days ago