Ekbis

Bank BPD DIY Apresiasi kepada Kawasan Wisata Breksi

Penulis: Media Digital
Tanggal: 24 Januari 2022 - 14:47 WIB
Pada hari Minggu (23/1/2022), Bank BPD DIY memberikan apresiasi kepada kawasan wisata Tebing Breksi yang telah mampu menunjukkan prestasinya sebagai kawasan wisata dengan transaksi digital terbaik di DIY. - Ist

Bank BPD DIY terus berupaya hadir di setiap aktivitas ekonomi, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat. Kehadiran dan kontribusi Bank BPD DIY makin memperteguh komitmennya sebagai bagian dari agen pembangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam rangka itulah, Bank BPD DIY terus melakukan sinergi digitalisasi bersama sektor-sektor aktivitas ekonomi masyarakat. Tak terkecuali dengan kawasan wisata di DIY. Sinergi tersebut dimaksudkan untuk menciptakan ekosistem digital di dalam masyarakat guna menjadikan transaksi non-tunai sebagai sarana perantara utama kegiatan ekonomi.

Pada hari Minggu (23/1/2022), Bank BPD DIY memberikan apresiasi kepada kawasan wisata Tebing Breksi yang telah mampu menunjukkan prestasinya sebagai kawasan wisata dengan transaksi digital terbaik di DIY.

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad menyampaikan bahwa kawasan wisata Tebing Breksi saat ini sudah mampu berproses menjadi kawasan yang menerapkan ekosistem digital. Lebih jauh diungkapkannya, jika kita mengunjungi Tebing Breksi, kita sudah mulai bisa melakukan pembayaran digital sejak parkir dan membayar tiket masuk melalui QRIS.

Selain itu, pengunjung pun bisa menikmati jeep wisata yang mengelilingi kawasan Tebing Breksi atau menggunakan jasa foto para fotografer yang biasa mangkal di kawasan wisata tersebut. Semuanya pembayarannya pun bisa dilakukan melalui QRIS.

Ekosistem digital pun terus berkembang melalui rantai pasokan (supply chain) yang terhubung dengan usaha kecil mikro yang berada di kawasan wisata tersebut.

Oleh karena itu, ekosistem digital akan terus dikembangkan melalui kelompok-kelompok pelaku wisata di kawasan ini. Mereka bisa mengakses kredit usaha rakyat (KUR) maupun kredit pemberdayaan ekonomi daerah (Pede). Kredit Pede adalah kredit besutan Bank BPD DIY yang memfasiltasi usaha super mikro dengan proses sangat mudah dan murah.

Melalui digitalisasi, pengumpulan uang dan pembayaran angsuran kredit bisa dilakukan melalui kanal digital yang disediakan Bank BPD DIY, di antaranya Mobile Banking Bank BPD DIY.

Selain itu, sebelumnya, melalui kerjasama antara Bank Indonesia, Bank BPD DIY, dan Dinas Pariwisata DIY telah berhasil dikembangkan layanan pembayaran non-tunai melalui aplikasi Visiting Jogja. Melalui aplikasi berbasis Android tersebut, wisatawan dapat melakukan pemesanan tiket masuk destinasi wisata dengan mudah secara online. Visiting Jogja pun telah teruntegrasi dengan QRIS Bank BPD DIY, sehingga reservasi tiket dapat dilakukan secara online melalui scan QRIS yang diterbitkan Bank BPD DIY.

Santoso Rohmad berharap, keberhasilan kawasan wisata Tebing Breksi ini mampu menginspirasi kawasan wisata lain untuk menerapkan digitalisasi, terutama dalam memberikan layanan kepada para wisatawan. Harus disadari bahwa transformasi pelaku ekonomi menuju digitalisasi bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sudah menjadi keharusan. Digitalisasi adalah keniscayaan.

Pandemi Covid 19 bahkan telah mengakselerasi adaptasi teknologi digital di berbagai bidang. Digitalisasi makin memainkan peran besar dalam kehidupan. Oleh karena itu, Bank BPD DIY siap memberikan fasilitasi digital tersebut kepada para pelaku ekonomi, termasuk pelaku wisata, agar ekonomi masyarakat semakin berkembang dan bergairah.

“Segala upaya akan kami lakukan untuk ikut mendukung pemulihan ekonomi, baik daerah maupun nasional. Bersama Bank BPD DIY, kita berkembang bersama” pungkas Santoso Rohmad.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BPD DIY Jadi Tuan Rumah Safari Tarawih bersama BMPD dan FKIJK DIY
Bawaslu Kota Jogja dan Bank BPD DIY Kelola Dana Hibah Pilkada 2024
Dukung Digitalisasi UMKM, Bank BPD DIY Mudahkan Tenant Teras Malioboro dengan QRIS
Bank BPD DIY Bersama Dinsos Bantul Melakukan Pendampingan Penyaluran Bantuan Jaminan Sosial Lanjut Usia Tahap ke 2

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Dedy Endriyatno Aktifkan Lagi Relawan 2015 untuk Pilkada Sragen 2024
  2. Innalillahi! Pria asal Semarang Ditemukan Meninggal di Tepi Ring Road Jombor
  3. Bursa Pilgub Jateng 2024: Kapolda dapat Dukungan Kadin & Pengusaha Muda Batang
  4. Begini Cara Mengatasi Rasa Sedih setelah Liburan Selesai

Berita Terbaru Lainnya

InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang selama Lebaran 2024
BPKH Siapkan Uang Saku untuk Jemaah Calon Haji Lewat BRI Rp665 Miliar
Sebagian Harga Bahan Kebutuhan Pokok Naik Tipis, Beras Melandai
Duh, Sebuah Bank Syariah Dinyatakan Bangkrut, Berikut Kronologinya
Rupiah Melemah, HIPMI Usulkan Ini kepada Pemerintah
AirAsia Batalkan Penerbangan ke Malaysia Akibat Erupsi Gunung Raung di Sitaro Sulut
Mark Zuckerberg Jadi Orang Terkaya Ke-3 di Dunia, Kalahkan Elon Musk
Kadin DIY: Pelemahan Rupiah Dongkrak Ekspor Bagi yang Bahan Bakunya Lokal
OJK Klaim Ketahanan Perbankan Terjaga di Tengah Pelemahan Rupiah
Pakar UGM Sebut Anjloknya Rupiah karena Faktor Global