Advertisement

Curhat Jadi Dosen di UGM, Prilly Latuconsina: Ada Mahasiswa yang Motret Diam-Diam

CRY22
Kamis, 29 September 2022 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Curhat Jadi Dosen di UGM, Prilly Latuconsina: Ada Mahasiswa yang Motret Diam-Diam Prilly Latuconsina. - Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN Prilly Latuconsina salah satu artis Indonesia menjadi dosen dalam program Praktisi Mengajar, salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM), Kamis (29/9/2022). Kali ini, Prilly mengajar soal kajian selebritas. 

Lidwina Mutia Sekretaris Departemen Ilmu Komunikasi dan Dosen Mata Kuliah Kajian Selebritas mengatakan kehadiran Prilly ke UGM merupakan wujud kolaborasi antara praktisi hiburan dan perguruan tinggi.

Advertisement

“Ini menjadi salah satu cara kami memperkenalkan teman-teman di luar bahwa kolaborasi sangat diperlukan untuk perkuliahan, kami punya peminatan media entertainment, salah satunya mengkaji mengenai selebritas,” kata Lidwina.

Prilly menceritakan kesannya menjadi dosen di UGM. “Tadi kelasnya sangat menyenangkan sekali, mahasiswanya juga sangat aktif bertanya, dan sangat fokus mendengarkan pemaparan yang saya paparkan, senang sekali saya bisa membagikan ilmu untuk mereka dan memperluas perspektif lagi,” ucap Prilly.

BACA JUGA: Abah Lala Manggung di Solo Malam Ini, Tiket Rp30.000

Prilly menceritakan kelas yang diajarnya siang ini, ia mengatakan kajiannya bukan hanya teori namun juga pengalamannya di belakang layar. Ia membagikanpengetahuan dan pengalamannya mengenai proses selebrifikasi yang dialami setiap tokoh.

“Selain mengajar saya juga ikut belajar. Karena pertanyaan mahasiswa justru membuat saya belajar dan membuka perspektif saya, ini praktisi pengajar dan juga ikut belajar. Banyak sekali ilmu yang saya dapat hari ini,” imbuh Prilly.

Dia juga mengaku terharu atas tingkah salah satu mahasiswa yang diajarnya. Mahasiswa itu menuliskan pesan di Twitter dan memfotonya diam-diam ketika ia sedang mengajar.

Dalam sesi tanya jawab bersama wartawan, Prilly menceritakan pengalaman mengajar yang baru dialaminya. Prilly menyatakan mengajar tidak hanya membahas teori, namun diselingi dengan candaan supaya pengajarannya menarik bagi mahasiswa. Prilly mengaku memiliki passion mengajar dan bercita-cita menjadi guru saat ia kecil. Ia pun berencana mengambil master dengan konsentrasi pendidikan.

“Saya daftar secara formal, daftar di website resmi praktisi mengajar, submit semua dokumen yang diperlukan, sampai ada tawaran dari UGM. Saya melewati proses sebagaimana mestinya yang dialami praktisi yang lain,” kata Prilly.

Prilly menyampaikan ia berharap ke depannya banyak praktisi lain yang ikut program praktisi mengajar. Prilly bergabung dalam kolaborasi pendek dengan minimal 4 jam mengajar atau 2 pertemuan, pertemuan selanjutnya dijadwalkan Oktober 2022.

Mashita Fandia Dosen Mata Kuliah Kajian Selebritas mengatakan kolaborasi ini untuk memberikan gambaran yang lebih riil dan praktikal untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kajian Selebritas terkait proses selebritisasi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement