HomeHiburan

Penyanyi James Arthur Diseret Band The Script ke Meja Hijau, Ini Permasalahannya

Oleh:Newswire
23 Mei 2018 - 13:37 WIB

The Script seret James Arthur ke meja hijau. - NME

Harianjogja.com, LOS ANGELES - Grup band The Script akan membawa penyanyi James Arthur ke meja hijau. Kabarnya, hal ini terjadi dikarenakan Arthur dianggap telah mencontek lagu mereka yang kemudian menjadi lagu yang sangat populer.

Dan beberapa waktu lalu, gesekan ini dikabarkan semakin memanas. Hal ini dikarenakan pengacara dari The Script, Richard Busch, telah mengajukan tuntutan yang menyeret Arthur ke meja hijau.

Band asal Irlandia tersebut menyatakan, lagu Arthur Say You Won’t Let Go yang diluncurkan pada 2016 lalu telah melanggar hak cipta lagu mereka. Lagu yang mereka maksudkan adalah The Man Who Can’t Be Moved, yang diluncurkan 2008 lalu.

Dalam gugatan tersebut, Busch mengatakan, bahwa Arthur telah mendapatkan keuntungan hingga USD20 juta atau sekira Rp283,7 miliar dari lagu tersebut. Tentu saja, hal ini dianggap telah merugikan pihak The Script.

Selain Arthur, dua penulis lagu Say You Won't Let Go, yakni Neil Ormandy dan Steve Solomon juga terseret dalam kasus ini. Dan kabarnya, beberapa label seperti Sony / ATV Publishing, Sony Music, Columbia Records, Ultra International Music Publishing, Third Verse Music Publishing dan Kobalt Music Publishing juga terancam terlibat dalam kasus ini.

Busch berpendapat bahwa lagu tersebut telah menghidupkan kembali karir Arthur. Padahal, saat itu karir pria berusia 30 tahun tersebut sudah meredup selama beberapa tahun terakhir, semenjak kemunculan pertamanya.

“Arthur diketahui telah dicampakkan oleh label rekamannya dikarenakan kontroversi publik, yang membuat jeda dalam karirnya. Hal ini terjadi sampai lagu Say You Won Let Go dirilis, dan dia mendapatkan kesuksesan di seluruh dunia,” ujar Busch seperti dikutip dari laman NME, Rabu (23/5/2018).

Arthur pun sudah memberikan komentar terkait masalah ini. Dia menganggap bahwa tidak ada ‘kesalahan paten’ yang terjadi di antara kedua lagu tersebut.

"[Kasus] Ini mencuat di tahun 2017, hanya ada tujuh nada dalam musik (yang sama). Setiap lagu blues terdengar sama. Orang-orang memaklumkan hal-hal tersebut tanpa alasan,” kata James.

Berikut kedua lagu tersebut:

 

Sumber: Okezone Tag: Internasional, artis Editor: Kusnul Isti Qomah

Artikel Terkait
Masker dan Pembersih Tangan Jadi Barang Langka di Asia Gara-Gara Wabah Virus Corona 1 year ago
Pesan Jokowi Soal Virus Corona: Terpenting Waspada, Hati-hati 1 year ago
Gara-Gara Virus Corona, Mahasiswi Asal Klaten Tertahan di Wuhan 1 year ago
Ada Virus Corona, Pemerintah China Bangun Rumah Sakit Darurat Berkapasitas 1.000 Pasien 1 year ago
Sudah 25 Orang di China Tewas Akibat Virus Corona 1 year ago

Berita Pilihan

Nia Ramadhani Didakwa Lakukan Penyalahgunaan Narkoba dengan Ancaman 4 Tahun Penjara Doddy Sudrajat Ayah Tiri Vanessa Angel? Kerabat Buka Suara.. Doddy Sudrajat Minta Adik Bibi Andriansyah Tinggalkan Rumah Vanessa Mertua Sebut Apapun Yang Ditinggal Vanessa Angel, Kalau Bisa Dijadikan Duit untuk Gala Ayah Vanessa Angel Ajukan Hak Asuh Gala Sky ke PN, Ini Alasannya..
Berita Terbaru
Nia Ramadhani Didakwa Lakukan Penyalahgunaan Narkoba dengan Ancaman 4 Tahun Penjara 11 hours ago
Eks Manager: Vanessa Angel Pernah Dikurung Ayahnya di Kamar Mandi 12 hours ago
Hotman Paris Siap Bantu Keluarga Alm Bibi Ardiansyah Terkait Hak Asuh Gala 1 day ago
Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Sidang Perdana Kasus Narkoba Hari Ini 1 day ago
Nikita Mirzani Bilang Adik Vanessa Angel Bohong 1 day ago

Terpopuler

Ini Si Cantik Hantu Ivana di Film Danur 2 Godzilla vs Kong dan Mortal Kombat Bersaing di Box Office Penyanyi James Arthur Diseret Band The Script ke Meja Hijau, Ini Permasalahannya Foto Dahan Pohon Ini Sekilas Tampak Biasa, Tapi Jadi Istimewa Saat Mengingat Masa Kecil JAFF 2014 : Menikmati Nonton Film Bersama, Mengobati Kerinduan pada Layar Tancap
Doddy Sudrajat Ayah Tiri Vanessa Angel? Kerabat Buka Suara.. 1 day ago
Park Hae Soo Bintangi Money Heist Versi Korea 2 days ago
Jerinx SID Ditahan dalam Kasus Pengancaman Selebgram Adam Deni 2 days ago
Rihanna Dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Negara Ini 2 days ago
Song Hye Kyo & Jun Ji Hyun Aktris Drakor Termahal 2021, Dibayar Rp2,4 Miliar per Episode! 2 days ago