HomeHiburan

Penyanyi James Arthur Diseret Band The Script ke Meja Hijau, Ini Permasalahannya

Oleh:Newswire
23 Mei 2018 - 13:37 WIB

The Script seret James Arthur ke meja hijau. - NME

Harianjogja.com, LOS ANGELES - Grup band The Script akan membawa penyanyi James Arthur ke meja hijau. Kabarnya, hal ini terjadi dikarenakan Arthur dianggap telah mencontek lagu mereka yang kemudian menjadi lagu yang sangat populer.

Dan beberapa waktu lalu, gesekan ini dikabarkan semakin memanas. Hal ini dikarenakan pengacara dari The Script, Richard Busch, telah mengajukan tuntutan yang menyeret Arthur ke meja hijau.

Band asal Irlandia tersebut menyatakan, lagu Arthur Say You Won’t Let Go yang diluncurkan pada 2016 lalu telah melanggar hak cipta lagu mereka. Lagu yang mereka maksudkan adalah The Man Who Can’t Be Moved, yang diluncurkan 2008 lalu.

Dalam gugatan tersebut, Busch mengatakan, bahwa Arthur telah mendapatkan keuntungan hingga USD20 juta atau sekira Rp283,7 miliar dari lagu tersebut. Tentu saja, hal ini dianggap telah merugikan pihak The Script.

Selain Arthur, dua penulis lagu Say You Won't Let Go, yakni Neil Ormandy dan Steve Solomon juga terseret dalam kasus ini. Dan kabarnya, beberapa label seperti Sony / ATV Publishing, Sony Music, Columbia Records, Ultra International Music Publishing, Third Verse Music Publishing dan Kobalt Music Publishing juga terancam terlibat dalam kasus ini.

Busch berpendapat bahwa lagu tersebut telah menghidupkan kembali karir Arthur. Padahal, saat itu karir pria berusia 30 tahun tersebut sudah meredup selama beberapa tahun terakhir, semenjak kemunculan pertamanya.

“Arthur diketahui telah dicampakkan oleh label rekamannya dikarenakan kontroversi publik, yang membuat jeda dalam karirnya. Hal ini terjadi sampai lagu Say You Won Let Go dirilis, dan dia mendapatkan kesuksesan di seluruh dunia,” ujar Busch seperti dikutip dari laman NME, Rabu (23/5/2018).

Arthur pun sudah memberikan komentar terkait masalah ini. Dia menganggap bahwa tidak ada ‘kesalahan paten’ yang terjadi di antara kedua lagu tersebut.

"[Kasus] Ini mencuat di tahun 2017, hanya ada tujuh nada dalam musik (yang sama). Setiap lagu blues terdengar sama. Orang-orang memaklumkan hal-hal tersebut tanpa alasan,” kata James.

Berikut kedua lagu tersebut:

 

Sumber: Okezone Tag: Internasional, artis Editor: Kusnul Isti Qomah

Artikel Terkait
Masker dan Pembersih Tangan Jadi Barang Langka di Asia Gara-Gara Wabah Virus Corona 1 year ago
Pesan Jokowi Soal Virus Corona: Terpenting Waspada, Hati-hati 1 year ago
Gara-Gara Virus Corona, Mahasiswi Asal Klaten Tertahan di Wuhan 1 year ago
Ada Virus Corona, Pemerintah China Bangun Rumah Sakit Darurat Berkapasitas 1.000 Pasien 1 year ago
Sudah 25 Orang di China Tewas Akibat Virus Corona 1 year ago

Berita Pilihan

Gading Marten dan Gisel Bakal Rujuk? Begini Tanggapan Roy Marten Via Vallen Blak-blakan soal Asmaranya dengan Chevra Yolandi, Sudah Dikenalkan Orang Tua Syuting di Hutan Pinus di Jogja, Sara Fajira Mengaku Alami Hal Mistis Lulu Tobing Gugat Cerai, Sang Suami Ingin Pertahankan Rumah Tangga Jonnathan Frizzy Diisukan Akan Bercerai, Sang Paman Beberkan Masalahnya
Berita Terbaru
Semangat Ramah Lingkungan, Lorde Rilis Album Solar Power dengan CD Minim Residu 2 hours ago
Curhat Scarlett Johansson Perankan Black Widow 1 Dekade, Jadi Merasa Lebih Berani 1 day ago
Gading Marten dan Gisel Bakal Rujuk? Begini Tanggapan Roy Marten 2 days ago
Via Vallen Blak-blakan soal Asmaranya dengan Chevra Yolandi, Sudah Dikenalkan Orang Tua 2 days ago
Syuting di Hutan Pinus di Jogja, Sara Fajira Mengaku Alami Hal Mistis 2 days ago

Terpopuler

Ini Si Cantik Hantu Ivana di Film Danur 2 Godzilla vs Kong dan Mortal Kombat Bersaing di Box Office Penyanyi James Arthur Diseret Band The Script ke Meja Hijau, Ini Permasalahannya Foto Dahan Pohon Ini Sekilas Tampak Biasa, Tapi Jadi Istimewa Saat Mengingat Masa Kecil JAFF 2014 : Menikmati Nonton Film Bersama, Mengobati Kerinduan pada Layar Tancap
Mengejutkan, Cewek Berinisial W Mengaku Punya Anak dari Rezky Aditya 3 days ago
Aktor Gary Iskak Dirawat di Rumah Sakit karena Mengidap Kanker Hati 3 days ago
Lulu Tobing Gugat Cerai, Sang Suami Ingin Pertahankan Rumah Tangga 3 days ago
Dunia Komedi Berduka, Wan Abud Tutup Usia 4 days ago
Jonnathan Frizzy Diisukan Akan Bercerai, Sang Paman Beberkan Masalahnya 4 days ago