News

Penyanyi James Arthur Diseret Band The Script ke Meja Hijau, Ini Permasalahannya

Penulis: Newswire
Tanggal: 23 Mei 2018 - 13:37 WIB
The Script seret James Arthur ke meja hijau. - NME

Harianjogja.com, LOS ANGELES - Grup band The Script akan membawa penyanyi James Arthur ke meja hijau. Kabarnya, hal ini terjadi dikarenakan Arthur dianggap telah mencontek lagu mereka yang kemudian menjadi lagu yang sangat populer.

Dan beberapa waktu lalu, gesekan ini dikabarkan semakin memanas. Hal ini dikarenakan pengacara dari The Script, Richard Busch, telah mengajukan tuntutan yang menyeret Arthur ke meja hijau.

Band asal Irlandia tersebut menyatakan, lagu Arthur Say You Won’t Let Go yang diluncurkan pada 2016 lalu telah melanggar hak cipta lagu mereka. Lagu yang mereka maksudkan adalah The Man Who Can’t Be Moved, yang diluncurkan 2008 lalu.

Dalam gugatan tersebut, Busch mengatakan, bahwa Arthur telah mendapatkan keuntungan hingga USD20 juta atau sekira Rp283,7 miliar dari lagu tersebut. Tentu saja, hal ini dianggap telah merugikan pihak The Script.

Selain Arthur, dua penulis lagu Say You Won't Let Go, yakni Neil Ormandy dan Steve Solomon juga terseret dalam kasus ini. Dan kabarnya, beberapa label seperti Sony / ATV Publishing, Sony Music, Columbia Records, Ultra International Music Publishing, Third Verse Music Publishing dan Kobalt Music Publishing juga terancam terlibat dalam kasus ini.

Busch berpendapat bahwa lagu tersebut telah menghidupkan kembali karir Arthur. Padahal, saat itu karir pria berusia 30 tahun tersebut sudah meredup selama beberapa tahun terakhir, semenjak kemunculan pertamanya.

“Arthur diketahui telah dicampakkan oleh label rekamannya dikarenakan kontroversi publik, yang membuat jeda dalam karirnya. Hal ini terjadi sampai lagu Say You Won Let Go dirilis, dan dia mendapatkan kesuksesan di seluruh dunia,” ujar Busch seperti dikutip dari laman NME, Rabu (23/5/2018).

Arthur pun sudah memberikan komentar terkait masalah ini. Dia menganggap bahwa tidak ada ‘kesalahan paten’ yang terjadi di antara kedua lagu tersebut.

"[Kasus] Ini mencuat di tahun 2017, hanya ada tujuh nada dalam musik (yang sama). Setiap lagu blues terdengar sama. Orang-orang memaklumkan hal-hal tersebut tanpa alasan,” kata James.

Berikut kedua lagu tersebut:

 

Berita Terkait

China Siapkan Kesepakatan dengan 10 Negara Pasifik, Barat Waswas
Banyak Orang Ingin Seperti Maudy Ayunda: Sat Set, Enggak Koar-koar, Nikah

Berita Lainnya

  1. Perankan Tokoh Gepeng dalam Film Srimulat, Bio One Riset Lapangan
  2. Jokowi Temui Seniman di Taman Balekambang Solo, Ini yang Disampaikan
  3. Ini Rencana Kunjungan Presiden Jokowi di Solo Setelah Jadi Wali Nikah
  4. Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK, Istana Bantah Terkait Politik

Berita Terbaru Lainnya

Sinopsis Film Deadfall

Sinopsis Film Deadfall

Hiburan | 3 hours ago
Lirik Lagu My Love — Westlife

Lirik Lagu My Love — Westlife

Hiburan | 4 hours ago
KKN di Desa Penari Tembus 8,1 Juta Penonton, MD Pictures (FILM) Makin Cuan
Pasca Ditangkap karena Narkoba, Gary Iskak Dibawa ke RS
Westlife Konser di Jakarta Februari 2023, Tiket Dijual Sabtu Besok
Sinopsis Film Mission : Impossible - Dead Reckoning Part One
Lirik Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet — Happy Asmara
Aktor Gary Iskak Ditangkap Polisi, Diduga Saat Lagi Nyabu
Sinopsis Film The Roundup, Tayang 1 Juni
Lirik Lagu 'Tak Ingin Usai' — Keisya Levronka