HomeHiburan

Doodle Google Rayakan 90 Tahun Pelopor Batik Indonesia

Oleh:Hadijah Alaydrus
11 Mei 2021 - 08:17 WIB

Google Doodle memperingati 90 tahun Go Tik Swan, pelopor Batik Indonesia, Selasa (11/5/2021) - Bisnis

Harianjogja.com, JAKARTA - Go Tik Swan yang umumnya dikenal dengan nama K.R.T. Hardjonagoro menjadi Google Doodle spesial hari ini, Selasa (11/5/2021).

Secara khusus, mesin pencari Google merayakan hari kelahiran seniman dan budayawan yang menjadi pelopor batik Indonesia. K.R.T. Hardjonagoro lahir dari keluarga Tionghoa di Solo. Kakeknya adalah pengusaha batik di Solo.

K.R.T. Hardjonagoro sudah terbiasa dengan proses membatik sejak kecil. Ketika kuliah di Universitas Indonesia, di Jakarta, K.R.T. Hardjonagoro mulai berkenalan dengan Soekarno.

Dikutip dari Wikipedia, K.R.T. Hardjonagoro mengenal Bapak Proklamasi Indonesia ketika dia menari di Istana Negara. Pria yang dipanggil dengan Hardjono ini berhasil menarik perhatian Presiden Soekarno. Pasalnya, tidak banyak turunan Tionghoa yang pandai menari Jawa seperti dirinya.

Presiden Soekarno yang mengetahui latar belakang keluarga K.R.T. Hardjonagoro dalam pembuatan batik langsung menugaskannya untuk membuat batik Indonesia. Menuruti kata Soekarno, K.R.T. Hardjonagoro pulang ke Solo.

Baca juga: Sapri Si Pantun "Masak Air" Meninggal Dunia, Istrinya Akan Melahirkan Sepekan Lagi

Hubungannya yang akrab dengan keluarga Keraton Solo memberikan keuntungan untuk dirinya belajar langsung dari ibunda Susuhunan Paku Buwana XII yang memiliki pola-pola batik pusaka. Dia berhasil menggali pola-pola batik langka yang tadinya tidak dikenal umum maupun pola-pola tradisional lain. Go Tik akhirnya mengembangkan pola-pola tersebut tanpa menghilangkan ciri dan maknanya.

Pola yang sudah dikembangkan itu diberinya warna-warna baru yang cerah, bukan hanya coklat, biru dan putih kekuningan seperti yang lazim dijumpai pada batik Solo dan Yogya, hingga lahirlah batik yang disebut 'Batik Indonesia'.

Salah satu karyanya adalah motif Parang Sawunggaling. Motif batik ini adalah perpaduan antara motif parang di batik yang sering dipakai di Keraton dan motil sawunggaling atau sambung ayam, tradisi sabung ayam yang sering ditemukan di pesisir Bali.

K.R.T. Hardjonagoro pernah diangkat menjadi bupati anom Keraton Surakarta pada 1984. K.R.T sendiri adalah gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) yang diberikan Keraton atas dedikasi dirinya dalam budaya Jawa.

Sumber: bisnis.com Tag: Tokoh berpengaruh Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Yenny Wahid Benarkan Gus Dur Lengser dari Jabatan Presiden karena Kudeta Parlemen 1 year ago
Ini yang Bikin Istri Gus Dur Layak Terima Gelar Doktor Honoris Causa 1 year ago
Pesan Abadi Tokoh HAM HS Dillon: Jangan Takut Menyuarakan Kebenaran 1 year ago
Menag: MAN Insan Cendekia Adalah Bukti Besarnya Peran BJ Habibie untuk Pengembangan Madrasah 1 year ago
Sebut Masih Anak Kecil, Terungkap Fakta Pangeran Charles Tak Mencintai Putri Diana 1 year ago

Berita Pilihan

Gading Marten dan Gisel Bakal Rujuk? Begini Tanggapan Roy Marten Via Vallen Blak-blakan soal Asmaranya dengan Chevra Yolandi, Sudah Dikenalkan Orang Tua Syuting di Hutan Pinus di Jogja, Sara Fajira Mengaku Alami Hal Mistis Lulu Tobing Gugat Cerai, Sang Suami Ingin Pertahankan Rumah Tangga Jonnathan Frizzy Diisukan Akan Bercerai, Sang Paman Beberkan Masalahnya
Berita Terbaru
Semangat Ramah Lingkungan, Lorde Rilis Album Solar Power dengan CD Minim Residu 2 hours ago
Curhat Scarlett Johansson Perankan Black Widow 1 Dekade, Jadi Merasa Lebih Berani 1 day ago
Gading Marten dan Gisel Bakal Rujuk? Begini Tanggapan Roy Marten 2 days ago
Via Vallen Blak-blakan soal Asmaranya dengan Chevra Yolandi, Sudah Dikenalkan Orang Tua 2 days ago
Syuting di Hutan Pinus di Jogja, Sara Fajira Mengaku Alami Hal Mistis 2 days ago

Terpopuler

Ini Si Cantik Hantu Ivana di Film Danur 2 Godzilla vs Kong dan Mortal Kombat Bersaing di Box Office Penyanyi James Arthur Diseret Band The Script ke Meja Hijau, Ini Permasalahannya Foto Dahan Pohon Ini Sekilas Tampak Biasa, Tapi Jadi Istimewa Saat Mengingat Masa Kecil JAFF 2014 : Menikmati Nonton Film Bersama, Mengobati Kerinduan pada Layar Tancap
Mengejutkan, Cewek Berinisial W Mengaku Punya Anak dari Rezky Aditya 3 days ago
Aktor Gary Iskak Dirawat di Rumah Sakit karena Mengidap Kanker Hati 3 days ago
Lulu Tobing Gugat Cerai, Sang Suami Ingin Pertahankan Rumah Tangga 3 days ago
Dunia Komedi Berduka, Wan Abud Tutup Usia 4 days ago
Jonnathan Frizzy Diisukan Akan Bercerai, Sang Paman Beberkan Masalahnya 4 days ago