HomeHiburan

Gunawan Maryanto Berpulang, Pertunjukan Terakhirnya Pentas Desember Nanti

Oleh:Lugas Subarkah
07 Oktober 2021 - 15:37 WIB

Keluarga dan kerabat Teater Garasi mengantar jenazah seniman Gunawan Maryanto menuju makam Setyobowo, Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Kamis (07/10/2021). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Harianjogja.com, SLEMAN—Aktor, penulis dan sutradara teater Gunawan Maryanto tutup usia pada Rabu (6/10/2021) malam pukul 20.07 WIB karena serangan jantung. Pria yang memerankan Wiji Thukul dalam film Istirahatlah Kata Kata ini mengembuskan napas terakhirnya seusai memimpin rapat di studio Teater Garasi, salah satu komunitas yang dihidupinya selama 27 tahun terakhir.

Jenazah Gunawan Maryanto dimakamkan di dekat rumah duka, Tempat Permakaman Umum Karangmalang, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, Kamis (7/10) pukul 13.00 WIB, setelah semalam sebelumnya disemayamkan di studio Teater Garasi di Kapanewon Kasihan, Bantul.

BACA JUGA: Serangan Jantung, Aktor Gunawan Maryanto Rapat di Teater Garasi 30 Menit Sebelum Meninggal

Sejumlah kerabat dan rekan seniman menghadiri pemakaman. Salah satu pendiri Teater Garasi, Yudi Ahmad Tajudin, mengatakan dirinya tidak berada di studio ketika  almarhum mulai sesak, mual dan muntah di tengah rapat. "Terus teman-teman Teater Garasi langsung membawa ke rumah sakit Ludiro Husodo, terdekat dengan studio," ujarnya di rumah duka, Kamis (7/10/2021).

Pertemuan terakhirnya dengan Gunawan Maryanto pada Minggu lalu, ketika mereka terlibat dalam pertunjukan kecil yang merefleksikan perjalanan Teater Garasi, yang direkam dan akan ditampilkan secara online pada Desember mendatang.

"Di pertunjukan itu Gunawan menjadi salah seorang yang memberi refleksi di paling akhir pertunjukan. Perjalanan di Teater Garasi membuat dia berpikir tentang batas. Batas antara seni dan bukan seni. Kenyataan dan panggung. Batas seniman, aktivis, peneliti," ungkapnya.

Ia menceritakan pertama kali bertemu Gunawan Maryanto pada 1994, setahun setelah terbentuknya Teater Garasi. "Dia mendatangi saya seusai acara inisiasi mahasiswa baru, cerita mengenalkan dirinya dan mengatakan ingin terlibat Teater Garasi," katanya.

Meski terlibat di berbagai program dan kegiatan, di Teater Garasi Gunawan Maryanto memiliki disiplin sebagai aktor, penulis dan sutradara. "Sebagai penulis dia menulis puisi, cerpen, lakon. Yang belum kesampaian nulis novel. Beeberapa kali ngobrol sama saya belum menemukan waktu nulis novel," ujarnya.

Di Teater Garasi, Gunawan Maryanto dikenal baik kepada semua orang dan mampu menjadi perekat dinamika kelompok. Dengan latar pendidikanya yang pernah kuliah di Jurusan Sastra Jawa, Gunawan Maryanto juga dikenal memiliki wawasan luas terkait hal tersebut sehingga kerap dijadikan rujukan bagi rekan-rekannya.

"Dedikasi dan disiplin dia sebagai seniman, begitu terlibat projek dia akan sepenuh disana. Maka enggak heran sebagai penyair dia punya prestasi yang cukup membanggakan," katanya.

BACA JUGA: Meninggal Dunia karena Jantung, Gunawan Maryanto Sosok Mandiri di Keluarga

Kakak Sepupu Gunawan Maryanto, Agus Basuki, mengatakan almarhum telah aktif di dunia teater sudah sejak kelas V SD, dengan menjadi sutradara di sejumlah pementasan. Waktu itu, ia juga sempat mendirikan kelompok teater kampung bernama Teater Lasamba.

"Pentas dari sekolah-sekolah ketika ada perpisahan atau kadang di masjid ketika peringatan hari besar. Mas Gunawan diminta untuk pentas mengisi waktu saat menunggu pengajian. Memang dari kecil dedikasinya itu betul-betul untuk sepenuhnya diberikan kepada kehidupan di teater," katanya.

Meninggalnya Gunawan Muryanto cukup mengagetkan lantaran selama ini tidak pernah mengeluhkan sakit apa pun.

 

Tag: kabar duka, artis Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Lewat Film Semesta, Nicholas Saputra Ajak Masyarakat Cinta Lingkungan 1 year ago
El Rumi dan Marsha Aruan Putus? 1 year ago
Inul Daratista Rela Pergi ke Singapura Demi Mainan Anak 1 year ago
Teddy Sudah Serahkan Semua Harta Lina ke Rizky dan Putri, Ini Rinciannya 1 year ago
Ruben & Sarwendah Beri Nama Mandarin untuk Betrand Peto, Artinya Mendalam 1 year ago

Berita Pilihan

Doddy Sudrajat Minta Adik Bibi Andriansyah Tinggalkan Rumah Vanessa Mertua Sebut Apapun Yang Ditinggal Vanessa Angel, Kalau Bisa Dijadikan Duit untuk Gala Ayah Vanessa Angel Ajukan Hak Asuh Gala Sky ke PN, Ini Alasannya.. Vlog Denny Sumargo dengan Vanessa Laris, Puluhan Juta Sudah Ditransfer ke Adik Ipar Belum Sebulan Nikah, Jessica Iskandar Umumkan Kehamilan. Begini Respons Suami..
Berita Terbaru
Dibeberkan sang Ayah: Kandungan Sudah 4 Bulan, Jessica Iskandar Hamil di Luar Nikah 1 hour ago
Gunakan Pita Seluloid, Pemain Film Ini Mengaku Latihan 8-12 Kali 7 hours ago
Ratu Felisha Mengaku Kesulitan Perankan Jelita 11 hours ago
Kadet 1947, Film yang Layak Ditonton Generasi Muda 1 day ago
Sebut Ayah Bibi Ardiansyah Temperamental, Doddy Sudrajat Tunggu Bertemu di Pengadilan 1 day ago

Terpopuler

Ini Si Cantik Hantu Ivana di Film Danur 2 Godzilla vs Kong dan Mortal Kombat Bersaing di Box Office Penyanyi James Arthur Diseret Band The Script ke Meja Hijau, Ini Permasalahannya Foto Dahan Pohon Ini Sekilas Tampak Biasa, Tapi Jadi Istimewa Saat Mengingat Masa Kecil JAFF 2014 : Menikmati Nonton Film Bersama, Mengobati Kerinduan pada Layar Tancap
Susah Bertemu dengan Gala Sky, Ini Curhatan Adik Almarhum Vanessa Angel 1 day ago
Ini Fakta Serial Layangan Putus Dibintangi Reza Rahadian 2 days ago
Youtuber AS Buat Squid Game dengan Total Biaya Lebih dari Rp50 M 2 days ago
Tayang di WeTV, Ini Sinopsis Layangan Putus yang Trending di Medsos 2 days ago
Sinopsis Vidkill, Film Thriller Ciptakan Sudut Pandang Video Call 3 days ago