HomeHiburan

Kadet 1947, Film yang Layak Ditonton Generasi Muda

Oleh:Sunartono
29 November 2021 - 20:07 WIB

Pemain, kru dan sutradara film Kadet 1947 saat berkunjung ke Harian Jogja, Senin (29/11/2021). - Harian Jogja/Sunartono

Harianjogja.com, JOGJA—Film Kadet 1947 yang menceritakan tentang semangat dalam melawan penjajah layak untuk ditonton generasi muda. Film ini mengungkap sejumlah tokoh yang memiliki peran penting dalam mempertahankan Lapangan Udara Maguwo namun jarang terpublikasikan.

Sejumlah kru film Kadet 1947 yang terdiri atas produser, sutradara hingga pemain berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Jalan AM Sangaji, Jetis, Kota Jogja, Senin (29/11/2021). Sejumlah pemain yang hadir dalam kunjungan itu antara lain Bisma Karisma, Kevin Julio, Fajar Nugraha, Chicco Kurniawan dan Hardi Fadhilah. Sutradara Rahabi Mahendra dan Aldo Sastia serta produser film Celerina Judisari.

Film ini mengisahkan sekelompok anak muda dari kadet Sekolah Penerbang Angkatan Udara di Maguwo. Mereka adalah Sutardjo Sigit (Bisma Karisma), Mulyono (Kevin Julio), Suharnoko Harbani (Omara Esteghlal), dan Bambang Sapto Adji (Marthino Lio) yang berkeinginan mengusir penjajah Belanda. Tetapi keinginan terkendala berbagai rintangan, salah satunya masih berstatus pelajar Angkatan Udara. Sehingga mereka tidak mendapat izin untuk membawa pesawat dan senjata.

“Keluarga para pelaku sejarahnya juga sangat mengapresiasi, mereka menyampaikan terima kasih eyangnya sudah difilmkan, karena sebelumnya tidak banyak dikenal. Ini hal yang membahagiakan bagi kami pemain, karena direstui pihak keluarga,” ucap Bisma Karisma.

Produser Kadet 1947, Celerina Judisari, menjelaskan cerita dan tokoh pemuda yang diungkap cenderung tidak populer tetapi mereka memiliki peran yang luar biasa dalam perjuangan melawan penjajah. “Kami masuk pada sebuah konteks perjuangan, dikaitkan dengan saat ini seperti apa, akhirnya ketemulah cerita ini, walaupun cerita itu tidak populer cenderung orang tidak tahu. Kami berusaha mengabarkan cerita ini pada anak muda,” katanya.

Sutradara Rahabi Mandra menambahkan film tersebut terinspirasi dari kisah nyata perjuangan awal-awal TNI AU. Di dalamnya ada sejumlah tokoh populer seperti Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma (Mike Lucock), Adisutjipto (Andri Mashadi), Abdulrachman Saleh (Ramadhan Al Rasyid) dan Halim Perdanakusuma (Ibnu Jamil). Tetapi yang jarang terungkap berusaha ditampilkan menjadi kisah yang menarik untuk ditonton.

“Kisahnya ya Jogja, Maguwo, ketika semua lapangan udara diserang Belanda yang tersisa Maguwo. Para Kadet ini mempertahankan Maguwo. Bahasanya kami mencoba menggunakan bahasa lama,” katanya.

Menurutnya film tersebut telah di-review oleh para tokoh, salah satu Kak Seto dan hasilnya bisa ditonton semua usia. Sehingga sangat cocok untuk menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan generasi pemuda.

Pemred Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono, menilai di tengah maraknya tontonan era saat ini, Kadet 1947 menjadi salah satu tontonan cocok untuk anak muda. Kadet 1947 bisa menjadi tonggak membangkit semangat perjuangan dan nasionalisme generasi muda melalui edukasi film.

“Film ini cocok untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan anak muda, termasuk revolusi mental, saya kira pemerintah perlu memberikan perhatian terhadap film semacam ini,” ujarnya.

Tag: Film Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Sinopsis Film Munich: The Edge of War 3 hours ago
Mau Nonton Film di Telegram? Ini Caranya 1 day ago
Sinopsis Film Real Steel yang Akan Dibuat Serial 2 days ago
Anak Nonton Film Porno? Ini yang Harus Anda Lakukan 3 days ago
Lirik Ost Layangan Putus "Sahabat Dulu" - Prinsa Mandagie 4 days ago

Berita Pilihan

Inilah Drama Korea yang Kontroversial Sinopsis Film Sepeda Presiden Deretan Pesohor yang Meninggal Dunia di 2021 Lirik Lagu Cidro 3 - Happy Asmara Profil Mbah Minto Klaten, Tukang Pijat yang Kemudian Punya Manajer
Berita Terbaru
Mimpi Mommy ASF ke Cappadocia Terwujud: It's Your Dream Mbak, Not Her 21 hours ago
Viral Pemuda Pura-Pura Bercocok Tanam demi Hindari Tilang Polisi, Ini Videonya 23 hours ago
Lirik Lagu Hapus Aku dari Nidji 1 day ago
Sinopsis Film Redeeming Love, Tayang di Bioskop 21 Januari 1 day ago
Ini Ending Layangan Putus: Pembalasan Kinan! Aris Tak Berkutik 2 days ago

Terpopuler

Ini Si Cantik Hantu Ivana di Film Danur 2 Godzilla vs Kong dan Mortal Kombat Bersaing di Box Office Penyanyi James Arthur Diseret Band The Script ke Meja Hijau, Ini Permasalahannya Foto Dahan Pohon Ini Sekilas Tampak Biasa, Tapi Jadi Istimewa Saat Mengingat Masa Kecil JAFF 2014 : Menikmati Nonton Film Bersama, Mengobati Kerinduan pada Layar Tancap
Layangan Putus Trending, Warganet Berlomba Curahkan Kata Mutiara 2 days ago
Lirik Lagu WHUT-Aisha Retno 2 days ago
Sinopsis Film Real Steel yang Akan Dibuat Serial 2 days ago
Sederet Serial Korea Ini Akan Diangkat Jadi Drama Musikal 2 days ago
Diangkat dari Wattpad, Ini Sinopsis Bukan Cinderella yang Dibintangi Fuji 2 days ago