HomeHiburan

Profil Mbah Minto Klaten, Tukang Pijat yang Kemudian Punya Manajer

Oleh:Ponco Suseno
23 Desember 2021 - 19:27 WIB

Mbah Minto Klaten - Tangkapan Layar Youtube Ucup Klaten

Harianjogja.com, KLATEN—Mbah Minto, tukang pijat yang sukses menjadi komedian Youtube di usia senjanya, meninggal dunia di usia 85 tahun di Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten, Rabu (22/12/2021) pukul 21.00 WIB.

Mbah Minto bernama lengkap Minto Suwito Siyam, tinggal di Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, di sepanjang hidupnya.

Mbah Minto meninggalkan empat anak. Masing-masing, Tugiyo-Sri; Wiji-Rusmiyati; Tofik-Wahtuni; Sudiyono-Sarwini. Mbah Minto memiliki 16 cucu dan empat cicit.

Mbah Minto dikenal masyarakat luas sebagai seorang bintang iklan dan seorang artis Youtube setelah diajak tetangganya, Youtuber Ucup, membuat konten video di awal-awal masa pandemi Covid-19, April 2020.

Video berjudul Viral!!Gagal Mudik Nengok Simbah yang terdiri dari beberapa bagian menjadi perbincangan di aplikasi perpesanan dan viral karena kocak. Sejak saat itu, Mbah Minto kondang. Hidupnya berubah drastis.

"Sebelum terkenal, Mbah Minto bekerja serabutan. Biasanya dimintain tolong untuk ngeroki dan mijitin. Ada yang memintanya nyabutin rumput. Bayarannya paling Rp15.000-Rp20.000,” kata tetangga dekat Mbah Minto, Udi Amino alias Temon, 37.

Mbah Minto kemudian sibuk membintangi konten Youtube di kanal Ucup Klaten dan menjadi bintang iklan. Video yang dibintangi Mbah Minto ditonton ratusan ribu kali.

“Saya pun sungkan minta tolong Mbah Minto ngeroki meski Mbah Minto pada dasarnya masih mau. Mbah Minto orangnya baik, tidak sombong, dan suka memberi. Anak saya sering diberi uang,” ujar Udi.

Kegiatan Mbah Minto padat dan harus dibantu manajer. Eks manajer Mbah Minto, Edi Susanto, 27, mengatakan Mbah Minto adalah sosok periang. Selama dibantu Edi, Mbah Minto terlibat dalam produksi 50 video iklan.

“Kalau dengan Youtube, kurang lebih sudah 80-an video. Saya menjadi manajer Mbah Minto selama empat bulan. Selebihnya, saya serahkan ke Pak Sudiyono [anak keempat Mbah Minto] karena saya punya kesibukan sendiri,” kata Edi Susanto.

Sudiyono, 48, mengatakan sekitar 15 hari sebelum sakit darah tinggi, Ibunya membikin konten video untuk iklan bumbu dapur. Mbah Minto juga diwajibkan membikin 1-2 video untuk dikirim ke manajemen perusahaan jamu. Mbah Minto kemudian jatuh sakit.

“Simbah sempat dirawat di RS Bagas Waras selama dua hari sebelum dirujuk di RSI Klaten selama tujuh hari [operasi di RSI Klaten]. Sebelum meninggal dunia, kami dipesani agar tidak berantem sesama saudara. Semangatnya simbah itu luar biasa,” kata Sudiyono yang juga menjadi asisten Mbah Minto saat syuting untuk konten video.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan Mbah Minto adalah sosok panutan dewasa ini. Sri Mulyani pernah terlibat tiga kali pembuatan video bersama Mbah Minto. Video itu dibuat untuk mengampanyekan disiplin protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Mendiang Mbah Minto telah membantu kami di tengah pandemi Covid-19. Dagelannya lucu tapi mengena. Mbah Minto menjadi inspirasi," katanya.

 

Sumber: JIBI/Solopos Tag: Mbah Minto Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Mengenal Badarawuhi Desa Penari, Lelembut yang Diusir dari Pantai Selatan Nikita Willy Ajak Anak Piknik, Warganet: Kalau di Indonesia Belum Selapan, Emaknya Kena Jitak Doctor Strange 2 Diserbu Penonton, Kantongi Rp394 Miliar di Hari Pertama Luna Maya Blak-blakan Sebut Ariel Vokalis Cowok Paling Seksi di Indonesia Angelina Sondakh Senang Tidur Dilantai & Susah Makan Pakai Sendok
Berita Terbaru
Mengenal Badarawuhi Desa Penari, Lelembut yang Diusir dari Pantai Selatan 45 minutes ago
Sinopsis She-Hulk: Attorney at Law 2 hours ago
Lirik Lagu Tanpo Aku (Sing Ati-ati) — Happy Asmara 3 hours ago
Mulai 3 Juni, "Doctor Lawyer" Tayang di Disney+ 3 hours ago
Ariel Tatum dan Nicholas Saputra Tampil Mesra di Sayap-Sayap Patah 13 hours ago

Terpopuler

Lirik Lagu Tanpo Aku (Sing Ati-ati) — Happy Asmara Mulai 3 Juni, "Doctor Lawyer" Tayang di Disney+ Penasaran, Erick Thohir Bongkar Cerita Sebenarnya dari KKN di Desa Penari Ariel Tatum dan Nicholas Saputra Tampil Mesra di Sayap-Sayap Patah Sinopsis She-Hulk: Attorney at Law
Penasaran, Erick Thohir Bongkar Cerita Sebenarnya dari KKN di Desa Penari 18 hours ago
Sinopsis Film Dragon Ball Super: Super Hero 1 day ago
Johnny Depp Belum Dilibatkan Dalam "Pirates of the Caribbean" Terbaru 1 day ago
Lirik Lagu Ribuan Hati — Rizky Febian 1 day ago
Netflix Hadirkan Live Streaming 1 day ago