Advertisement

Fosil Binatang Purba Ditemukan di Gunungkidul

Irwan A Syambudi
Selasa, 24 Oktober 2017 - 18:40 WIB
Bhekti Suryani
Fosil Binatang Purba Ditemukan di Gunungkidul Dua orang anggota tim peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional melakukan ekskavasi fosil flora dan fauna purba di Gua Braholo, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop. Selasa (24/10/2017) (Irwan A. Syambudi/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Fosil flora dan fauna purba ditemukan di Gua Braholo.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-- Tim peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional menemukan fosil flora dan fauna purba di Gua Braholo, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul. Hasil penemuan tersebut membuktikan indikasi banyaknya flora dan fauna purba yang pernah hidup di Gunungkidul.

Advertisement

Koordinator Lapangan Penelitian Gua Braholo Tim Peneliti Pusat Arkelologi Nasional, Thomas Sutikna, mengatakan, pada ekskavasi yang dilakukan oleh tim peneliti menemukan banyak pecahan-pecahan fosil dari fauna purba. "Kami menemukan fosil-fosil tulang belulang berbagai jenis binatang pada zaman prasejarah, mereka terkubur di kedalaman tiga hingga tujuh meter di dalam tanah Gua Braholo," kata dia, Selasa (24/10/2017).

Fauna maupun flora purba yang ditemukan itu diperkirakan berusia lebih dari 30.000 tahun. Sementara itu, Arkeolog dari Balai Arkeologi DIY, Alifah mengatakan, Penelitian yang melibatkan dari beberapa Arkeolog dari Pusat Arkeologi Nasional dan Balai Arkeologi, hingga mahasiswa arkeologi UGM ini akan selesai pada awal November mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement