Advertisement

Dalam Setahun, Pemkab Bantul Jadwalkan Jamkesus 4 Kali

David Kurniawan
Senin, 14 Mei 2018 - 21:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Dalam Setahun, Pemkab Bantul Jadwalkan Jamkesus 4 Kali Bupati Suharsono melihat modifikasi sepeda motor untuk difabel karya Forum Penyandang Disabilitas Bantul (FPDB) dalam pelayanan jamkesus di Aula Pemkab II Manding, Senin (14/5/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Bantul Eddy Susanto mengatakan, untuk pelayanan jamkesus, pemkab mengalokasikan anggaran Rp1,2 miliar.

Rencananya, dalam setahun akan melakukan pelayanan jamkesus sebanyak empat kali. “Hari ini [kemarin] merupakan tahap kedua. Sedang dua tahap lainnya dilaksanakan beberapa bulan lagi,” katanya, Senin (14/5/2018).

Advertisement

Dia menjelaskan, pelayanan jamkesus tahap kedua di 2018, menyasar ke 200-an warga berkebutuhan khusus dari lima kecamatan. Yakni, Kecamatan Bantul, Jetis, Bambanglipuro, Sewon dan Srandakan.

“Semua kecamatan akan mendapatkan jatah, tapi untuk waktu pelaksanaan dilakukan secara bergantian,” ungkapnya.

Disinggung mengenai jumlah kelompok disabilitas di Bantul, Eddy mengaku ada sekitar 6.000-an warga berkebutuhan khsusus. Menurut dia, tidak semua anggota disabilitas mendapatkan pelayanan jamkesus karena sudah ada yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat maupun dari APBD Kabupaten.

“Jadi untuk pelayanan jamkesus difokuskan bagi warga berkebutuhan khusus yang belum memiliki jaminan kesehatan,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim MK Ragukan Keaslian Tanda Tangan Ketum PKN Anas Urbaningrum di Kasus Sengketa Pileg 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement