Advertisement

BPPTKG: Waspada Bukan Status Kritis, Tetap Tenang

Salsabila Annisa Azmi
Selasa, 22 Mei 2018 - 16:17 WIB
Nina Atmasari
BPPTKG: Waspada Bukan Status Kritis, Tetap Tenang Petani mengamati keindahan Gunung Merapi dari areal persawahan di Wukirsari, Sleman, Selasa (22/5/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Balai Penelitian Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menekankan bahwa status waspada bukan status kritis Gunung Merapi. BPPTKG berpesan pada masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada.

Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG Agus Budi Santoso mengatakan dalam menaikkan status Gunung Merapi dibutuhkan pemantauan data dengan waktu yang panjang.

Advertisement

"Tidak cukup setengah hari. Kemudian kami tekankan lagi, status waspada bukan status yang kritis," kata Agus saat press conference singkat di BPPTKG Yogyakarta, Selasa (22/5/2018).

Agus menjelaskan status siaga akan ditetapkan apabila data saat ini berkembang demikian rupa dan memperlihatkan bahwa erupsi akan diikuti dhn erupsi yang membahayakan masyarakat.

Jika perkiraan kejadian erupsi tersebut dinilai tidak membahayakan masyarakat maka status bisa saja tidak dinaikkan. "Kalau saat ini freatik tidak bahaya untuk yang di luar radius 2 kilometer, jadi kita tidak tingkatkan status. Hanya event singkat," kata Agus.

Sementara status awas akan ditetapkan apabila berdasar data diprediksi akan terjadi letusan dalam hitungan hari atau minggu. Namun saat ini kondisi Merapi masih sangat jauh dari parameter tersebut dan justru cenderung landai gejolaknya.

Lebih jauh Agus menegaskan agar masyarakat tidak mudah terpengaruh hoaks di media sosial. Selain itu, diharapkan masyarakat aktif memeriksa informasi perkembangan merapi melalui situs Magma Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement