Advertisement

500 Kg Daging Ayam Digelontor ke 3 Pasar di Jogja, Harganya Rp32.000 per Kg

Abdul Hamied Razak
Kamis, 26 Juli 2018 - 07:17 WIB
Nina Atmasari
500 Kg Daging Ayam Digelontor ke 3 Pasar di Jogja, Harganya Rp32.000 per Kg Pedagang daging ayam potong melayani pembeli, meski masih dijual mahal, permintaan daging ayam masih tetap banyak di Pasar Beringharjo, Jumat (22/6). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Tingginya harga daging ayam di DIY direspon oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY dengan menggelontorkan 500 kg daging ayam potong. Harga jualnya pun lebih rendah dari harga pasaran yakni Rp32.000 per kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Tri Saktiyana mengatakan untuk menekan harga daging ayam pihaknya menggelar operasi pasar di tiga pasar tradisional di Jogja. Selain Pasar Beringharjo, operasi yang sama juga dilakukan di Pasar Kranggan dan Demangan. kegiatan Operasi pasar ayam potong tersebut menurut rencana akan digelar selama sepekan.

Advertisement

Selama operasi pasar, harga daging ayam ditetapkan Rp32.000 per kg atau sesuai peraturan dari Kementerian Perdagangan. Harga tersebut jauh lebih murah dari harga daging ayam saat ini sekitar Rp50.000 per kg. “Kami akan terus memantau dan mengevaluasi perkembangannya. Apakah ada efeknya (harga daging ayam turun) atau tidak,” katanya saat dihubungi wartawan, Rabu (25/7/2018).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jogja Maryustion Tonang mengatakan tingginya harga daging ayam saat ini disebabkan tingginya permintaan pasar. Di sisi lain, stok daging ayam dari peternak terbatas. “Kami selalu berkoordinasi melalui tim pengendali inflasi daerah (TPID), salah satunya dengan menggelar operasi pasar ini,” katanya.

Menurutnya, pemilihan lokasi operasi baik Pasar Kranggan, Beringharjo maupun Demangan dikarenakan selama ini ketiganya berfungsi sebagai barometer pengecekan harga. “Sebenarnya Pasar Kotagede juga termasuk barometer harga. Tetapi untuk operasi pasar cukup dilakukan di tiga pasar saja,” katanya.

Waljinah, salah seorang pembeli daging ayam di Kranggan mengaku terbantu dengan operasi pasar tersebut. “Di sini harganya lebih murah. Kami tetap berharap agar harga daging kembali normal. Kalau harganya terus tinggi yang repot ya pedagangnya ya pembelinya,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement