Advertisement

Alat peraga Kampanye Mulai Jejali Jalan di Sleman

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 25 September 2018 - 13:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Alat peraga Kampanye Mulai Jejali Jalan di Sleman Bendera partai politik. - Solopos/Maulana Surya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Memasuki hari kedua kampanye, Senin (24/9/2018), alat peraga kampanye (APK) milik partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 mulai bertebaran kendati aturan pemasangan belum diketok.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja di lapangan, pemasangan APK oleh parpol terlihat di sepanjang Jalan Griya Taman Asri, Pendowoharjo, Sleman. Puluhan spanduk dan bendera milik sebuah partai politik terpasang di pohon yang tumbuh di sepanjang jalan.

Advertisement

Di kawasan Sleman timur seperti di Jalan Raya Jangkang-Besi, Jalan Cangkringan, dan Jalan Kaliurang belum terlihat adanya geliat pesta demokrasi.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman, Abdul Karim Mustofa, menyampaikan geliat kampanye belum terasa di permukaan. Hanya saja pemasangan APK parpol sudah mulai terlihat. "Pemasangan APK parpol sudah bisa dimulai tetapi titik-titik zona pemasangan masih dalam pembahasan KPU dengan Pemkab. Besok [Selasa, 25/9/2018] rapat di Setda," katanya, Senin.

Karim menjelaskan pemasangan spanduk memang sudah mulai dilakukan kendati belum terlihat ramai. Bawaslu tetap berkiblat pada peraturan bupati (perbup) untuk menyelesaikan dugaan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan parpol. "Dugaan pelanggarannya meliputi apakah melanggar zona, melanggar tata cara pemasangan, atau melanggar ukuran APK," kata Karim.

Sampai Selasa, perbup yang dimaksud belum ditandatangani karena zona pemasangan alat peraga kampanye masih dalam pembahasan. Sembari menunggu perbup, Bawaslu sudah mulai mendata adanya temuan-temuan APK yang mengarah ke pelanggaran. Selain pemasangan APK oleh parpol, calon legislatif (caleg) juga sudah mulai turun ke lapangan menyambangi masyarakat guna menjaring suara.

Dari Partai Amanat Nasional (PAN), caleg daerah pemilihan lima nomor urut satu, Dodik Ariyanto, sudah mulai melakukan kampanye. "Saya sudah kampanye langsung ke dusun-dusun di Kecamatan Gamping dan Mlati," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puan Maharani Ingatkan Pentingnya Perlindungan dan Keadilan Semua Buruh

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Ada Gunung Menyerupai Piramida di China Bikin Heboh Warganet, Begini Penjelasan Ahli

Wisata
| Minggu, 28 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement