Advertisement

Gaji akan Dinaikkan, Perangkat Desa akan Lebih Semangat Kerja

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 17 Januari 2019 - 08:17 WIB
Sunartono
Gaji akan Dinaikkan, Perangkat Desa akan Lebih Semangat Kerja Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, secara simbolis menyerahkan bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada kepala desa dan perangkat desa di Ruang Adikarta, Gedung Kaca, kompleks Pemkab Kulonprogo, Senin (27/8 - 2018).Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Rencana kenaikan gaji perangkat desa yang setara dengan penghasilan Aparatur Sipil Negara (ASN) Golongan IIA mendapat beragam tanggapan dari perangkat desa di Kulonprogo.

Wacana kenaikan gaji perangkat desa sebelumnya diungkapkan Presiden Joko Widodo ketika menemui ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPID) di Istora GBK Jakarta, Senin (14/1). Rencana tersebut ditindaklanjuti dengan merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 47/2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang No.6/2014 tentang Desa.

Advertisement

Kepala Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo Damar mengatakan kenaikan gaji tersebut memang sebuah keharusan agar sebanding dengan beban tugas yang telah diberikan kepada perangkat desa. Dengan diperhatikannya kesejahteraan perangkat desa lewat kenaikan penghasilan ini, diharapakan dapat menambah semangat dalam melayani masyarakat.

"Ya pada intinya memang sudah proporsional dan sebanding dengan pekerjaan perangkat desa untuk sekarang ini, sebagai aparat pemerintahan apapun kebijakan presiden kami mendukungnya, karena kita bagian dari pemerintah yang kedudukkannya di tingkat desa, kalau naik diharapkan menambah semangat," kata Damar kepada Harian Jogja, Selasa (15/1) petang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) Kulonprogo Sudarmanto mengatakan belum mendapatkan instruksi resmi mterkait kenaikan gaji perangkat desa. Informasi yang beredar masih sebatas dari pemberitaan media.

"Balem [instruksi kenaikan gaji perangkat desa], infonya baru dari media saja," kata Sudarmanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement