Advertisement

Revitalisasi BLK Giliran Fokus Urusan Bandara

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 21 Januari 2019 - 19:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Revitalisasi BLK Giliran Fokus Urusan Bandara Sejumlah warga mendatangi Pusat Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja untuk mendapatkan informasi kerja di kompleks Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Kulonprogo, Wates, Rabu (9/1/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Upaya revitalisasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo terhadap Balai Latihan Kerja (BLK) Kulonprogo pada tahun ini difokuskan pada penciptaan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang bandara.

Ada lahan seluas satu hektare di belakang bangunan BLK yang telah disiapkan untuk mengembangkan sarana-prasarana tempat pelatihan SDM kebandaraan, misalnya las, perhotelan serta pekerja bandara. Adapun, Pemkab masih mengomunikasikan realisasi pembangunan itu dengan Pemerintah Pusat.

Advertisement

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan revitalisasi BLK telah berlangsung sejak 2018. Jika dulu pelatihan lebih fokus pada non-kebandaraan, saat ini mulai bergeser dengan menciptakan SDM yang mumpuni di bidang bandara.

Dia menilai kebutuhan tenaga kerja di New Yogyakarta International Airport (NYIA) bakal sangat besar sehingga SDM dari BLK Kulonprogo turut menyokong tenaga kerja di bandara. “Dibandingkan tiga tahun lalu, fasilitas yang ada di BLK sekarang lebih baik dan sesuai standar,” ungkapnya, Senin (21/1/2019).

Sejauh ini BLK sudah produktif dalam melatih tenaga kerja. Pada 2018 terdapat 2.085 orang ikut pelatihan. Jumlah itu cukup banyak sehingga perlu diarahkan untuk dapat fokus mengisi kebutuhan tenaga kerja bandara.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo Eko Wisnu Wardhana mengungkapkan kebutuhan tenaga kerja di NYIA sangat besar, khususnya di bagian bersih-bersih. Kebutuhan yang besar ini membuka peluang warga untuk bekerja di bandara.

Saat ini prioritas tenaga kerja di NYIA terbagi menjadi tiga bagian, yakni warga terdampak langsung bandara, warga terdampak dan di luar itu semua. Nantinya ada rekrutmen yang diumumkan bagi warga terdampak langsung yang diprioritaskan tapi tetap sesuai kriteria. “Namun, tidak menutup peluang bagi warga lain, khususnya yang telah mendapat pelatihan di BLK, untuk melamar kerja di bandara,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement