Advertisement

Gantikan Alun-Alun Wates, Wana Winulang Diproyeksikan Ramah Anak

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 18 Februari 2019 - 11:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Gantikan Alun-Alun Wates, Wana Winulang Diproyeksikan Ramah Anak Anak-anak bermain di taman bermain anak Alun-Alun Wates, Kecamatan Wates, Minggu (17/2/2019).-Harian Jogja - Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulonprogo memproyeksikan Taman Wana Winulang di Dusun Kemiri, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih sebagai ruang bermain ramah anak (RBRA).

Hal ini dilakukan menyusul keberadaan Alun-Alun Wates yang tidak memenuhi standar RBRA, yang antara lain karena ada pedagang dan jaringan Wifi. Dalam konsep ruang bermain yang ramah anak, kedua alasan itu tak boleh ada di dalam RBRA.

Advertisement

Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Hidup Anak Dinsos P3A Kulonprogo Listyani mengungkapkan untuk bisa dijadikan RBRA, tempat itu mesti berpagar dan ramah anak. Permainan yang tersedia juga mesti edukatif, bukan untuk orang dewasa serta jadi kawasan bebas rokok.

“Alun-Alun Wates sudah tidak memenuhi kriteria jadi RBRA. Pemilihan lokasi sekarang dialihkan ke Taman Wana Winulang,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Minggu (17/2/2019). Adapun, taman di Pengasih itu masih perlu banyak perbaikan untuk menunjang standar RBRA.

Upaya itu akan dimasukan dalam evaluasi terkait dengan Kabupaten Layak Anak (KLA) pada Maret besok. Salah satu upaya dalam menjadikan Taman Wana Winulang menjadi RBRA yaitu dengan menambah jenis permainan untuk anak di taman tersebut.

Pengunjung yang membawa anaknya bermain di Alun-Alun Wates, Siti Solekhah, mengaku membutuhkan ruang bermain, khususnya bagi anak. “Seperti di Alun-Alun ini [Alun-Alun Wates], kadang kalau senggang bawa anak bermain di sini [Alun-Alun Wates]. Sangat dibutuhkan sekali fasilitas publik seperti ini,” ujarnya.

Namun, ia juga berharap fasilitas yang diberikan seperti RBRA harus juga memperhatikan standar. Ia mengharapkan agar untuk RBRA haruslah khusus diberikan untuk anak dan tidak dicampurkan dengan taman untuk semua umur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bos Microsoft Satya Nadella Kunjungi Indonesia Bawa Investasi Rp28 Triliun, Ini Peruntukannya

News
| Selasa, 30 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement