Advertisement

12 Bangunan SMP di Gunungkidul Segera Direnovasi

Rahmat Jiwandono
Minggu, 03 Maret 2019 - 21:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
12 Bangunan SMP di Gunungkidul Segera Direnovasi Ilustrasi gedung sekolah yang rusak - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 12 sekolah menengah pertama (SMP) di Gunungkidul bakal direnovasi ruang kelasnya pada tahun ini. Anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan ruang kelas beserta perabotannya mencapai sekitarRp3,5 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Kiswara, mengatakan sumber dana yang digunakan untuk memperbaiki ruang kelas atau laboratorium berasal dari dana alokasi khusus (DAK). Menurutnya, sebanyak 12 SMP tersebut sudah menunjuk fasilitator.

Advertisement

"Fasilitator ini merupakan seorang ahli dalam bidang konstruksi yang akan mengawasi dan mendampingi selama pengerjaan rehabilitasi kelas di tiap SMP," ucap Kiswara kepada Harian Jogja, Minggu (3/3/2019)

Dia menjelaskan program renovasi ruang kelas dan laboratorium untuk 12 SMP ini dimulai April 2019. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan renovasi sekitar 90 hari kalender.

Lebih lanjut dikatakan Kiswara, di setiap SMP ada panitia pelaksana pembangunan sekolah (P2S) yang di dalam P2S terdapat unsur komite sekolah dan faslitator. "Fungsi P2S adalah pembangunan tidak dikerjakan oleh pihak ketiga supaya benar-benar mengerti apa yang menjadi kebutuhan perbaikan," katanya.

Kepala SMP Negeri 1 Tepus, Heriyanto, menuturkan di sekolahnya renovasi bakal menyasar empat ruang kelas. Empat kelas tersebut terbagi menjadi tiga ruang Kelas IX dan satu ruang Kelas VIII. "Keempat kelas tersebut perlu diganti gentingnya dan juga yang penting perabotannya," kata Heri kepada Harian Jogja, Minggu.

Heriyanto menyatakan renovasi ruang kelas sangat diperlukan guna menunjang aktivitas belajar mengajar. "Siswa perlu ruang kelas yang layak untuk belajar," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kualitas Pelayanan Publik Meningkat, Pj Gubernur Jateng Raih Anugrah Inovasi Pembangunan Terpuji

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement