Advertisement

Banjir Rendam 13 Lokasi di Gunungkidul, Ini Data Lengkapnya…

Sunartono & David Kurniawan
Minggu, 17 Maret 2019 - 22:37 WIB
Sunartono
Banjir Rendam 13 Lokasi di Gunungkidul, Ini Data Lengkapnya… Kondisi salah satu ruangan SMPN 1 Purwosari, Gunungkidul terendam banjir, Minggu (17/3/2019). - Ist/BPBD Gunungkidul.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkidul dan sekitarnya pada Minggu (17/3/2019) membuat banjir merendam sejumlah titik di Bumi Handayani. Tercatat sedikitnya 13 lokasi terendam banjir terdiri dari pemukiman warga, sekolah hingga kantor pemerintahan.

Berdasarkan data BPBD Gunungkidul dari 13 titik tersebut, antara lain di Kecamatan Purwosari, banjir menggenai seluruh kompleks SMPN 1 Purwosari hingga masuk ke ruangan. Kantor Korwil Dinas Pendidikan di kecamatan ini juga tidak luput dari rendaman banjir, tercatat ada empat titik banjir di Purwosari, salah satunya berada du Desa Giriasih.

Advertisement

“Untuk sekolah yang tergenang air di SMP 1 Purwosari,” terang Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki, Minggu (17/3/2019) malam.

Selain itu banjir di Gunungkidul juga merendam pemukiman warga, antara lain di Dusun Gedad dan Dusun Dungwanglu, Banyusoca, Playen, untuk sementara warga terdampak terdiri dari delapan kepala keluarga (KK) dengan jumlah 21 jiwa diungsikan ke tempat lebih aman. Banjir di lokasi ini akibat luapan sungai. Kemudian di Gadungsari, Wonosari, luapan sungai masuk hingga pekarangan warga.

Sedangkan di Tepus banjir terjadi di Dusun Bintaos Desa Sidoharjo, luapan air menggenangi akses jalan dan sekitar Pasar Bintaos. Di Dusun Pacar 2, Girisuko, Panggang luapan sungai menutup akses jalan menuju ke kawasan Karangduwet, Kecamatan Paliyan, hingga Minggu (17/3/2019) kondisi jalur tidak bisa dilewati.

Banjir juga menggenangi pemukiman warga di Desa Semanu Kecamatan Semanu, dengan jumlah terdampak sebanyak 11 KK. Penyebabnya air meluap dari drainase jalan menuju ke badan jalan, sehingga tidak hanya pemukiman yang terkena dampak namun juga akses lalu lintas di Simpang Empat Semanu menjadi terganggu.

“Data masih terus dikumpulkan di lapangan sembari melakukan penanganan bagi yang terdampak,” kata Edy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Israel Tolak Gencatan Senjata, Bombardir Warga Gaza di Rafah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement