Advertisement

PPDB 2019: Tidak Ada Kuota untuk Pemegang SKTM

Rahmat Jiwandono
Kamis, 16 Mei 2019 - 21:02 WIB
Yudhi Kusdiyanto
PPDB 2019: Tidak Ada Kuota untuk Pemegang SKTM Sejumlah orang tua siswa memantau penerimaan peserta didik baru, di SMPN 1 Wonosari, Jumat (6/7/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul menyatakan tidak ada kuota bagi siswa pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP tahun ini. Disdikpora menggunakan sistem zonasi untuk PPDB.

Berdasarkan data Disdikpora Kabupaten Gunungkidul pada 2018 terdapat 9.582 siswa yang lulus SD/MI. Sedangkan jumlah daya tampung untuk SMP di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 10.700 siswa. Pada tahun lalu, siswa pemilik SKTM mendapat kuota melalui jalur khusus. "Tahun lalu berbeda dengan saat ini, sistem zonasi tidak lagi memandang mampu atau tidak," ujar Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid, Kamis (16/5/2019)

Advertisement

Bagi siswa dari keluarga yang kurang mampu diimbau tidak mendaftar ke sekolah di luar zonasi yang telah ditetapkan. Hal tersebut bisa menghemat biaya pendidikan yang akan dikeluarkan. "Jika jarak sekolahnya lebih dekat lebih hemat," katanya.

Meskipun ada jalur perpindahan orang tua yang artinya domisili orang tua tidak akan ada tambahan kuota lain. Dengan kuota yang sudah ditetapkan, ia menjamin bagi para orang tuanya untuk tidak khawatir tentang dimana putra putri mereka akan bersekolah ke jenjang SMP. "Semua pasti mendapatkan sekolah," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement