Advertisement

53 Peserta Ikuti Tes Potensi Calon Komisioner KID DIY

Arief Junianto
Selasa, 16 Juli 2019 - 20:22 WIB
Arief Junianto
53 Peserta Ikuti Tes Potensi Calon Komisioner KID DIY Para peserta mengerjakan soal tes potensi seleksi calon Komisioner KID DIY di Aula Diskominfo DIY, Selasa (16/7/2019). - Istimewa/Diskominfo DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 53 peserta mengikuti tes potensi sebagai bagian dari seleksi calon anggota (Komisioner) Komisi Informasi Daerah (KID) DIY di Aula Diskominfo DIY, Selasa (16/7/2019).

Setelah tes potensi, tahapan seleksi selanjutnya adalah psikotes yang digelar di Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan dilanjutkan dengan tes wawancara dan tes makalah. Dari serangkaian tes itu, sebanyak 10-15 calon nantinya diajukan ke DPRD DIY untuk dipilih sebagai anggota (Komisioner) KID DIY.

Advertisement

Ketua Panitia Seleksi calon Komisioner KID DIY yang juga Kepala Diskominfo DIY Rony Primanto Hari mengatakan nantinya dipilih lima orang sebagai Komisioner KID DIY. Dari kelima orang itu, kata dia, sebanyak empat orang berasal dari kalangan umum dan satu orang lainnya berasal dari kalangan aparatur pemerintah.

"Sebelumnya ada 83 pendaftar hingga 53 peserta lolos seleksi administraai mengikuti tes potensi menyangkut pengetahuan di antaranya tentang UUD 1945, memahami permasalahan keterbukaan informasi publik, hak azasi manusia, Keistimewaan DIY. Penilaian dilakukan dengan passing grade yang kami tetapkan," ucap dia melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa.

Rony menyebutkan hasil tes akan diumumkan sekitar dalam 7-10 hari ke depan. Dia menjelaskan masyarakat juga bisa memberi penilaian atau masukan. "Ada peserta dari luar Jogja, juga incumbent yang kami nilai kinerja sebelumnya," kata Rony.

Sebagai catatan, selama periode sebelumnya Komisioner KID menerima sekitar 30 laporan sengketa info publik, kebanyakan persoalan tanah. "Perempuan dan penyandang disabilitas menjadi pertimbangan tersendiri dalam seleksi ini yang dimulai sejak pertengahan Juni 2019 lalu," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement